Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaGaya HidupKesehatanPersiapan Melahirkan Anak Pertama yang Perlu Anda Lakukan

Persiapan Melahirkan Anak Pertama yang Perlu Anda Lakukan

Persiapan melahirkan anak pertama tentunya perlu Anda lakukan dengan sebaik-baiknya. Belum adanya pengalaman persalinan tak jarang membuat ibu maupun pasangan menjadi bingung. Apalagi jika jarak rumah dan tempat bersalin cukup jauh.

Setiap hal yang kita lakukan hendaknya kita rencanakan dengan matang. Begitu juga dengan melahirkan, sebuah proses yang sangat penting dalam kehamilan Anda.

Baca Juga: Makanan Penyebab Air Ketuban Keruh Saat Hamil Tua, Kenali Sejak Awal!

Anda harus melakukan persiapan untuk melahirkan sedini mungkin. Hal ini sedikit lebih mudah karena Anda bisa mengetahui tanggal HPL atau perkiraan saat melahirkan.

Persiapan Melahirkan Anak Pertama

Namun tentunya persiapan melahirkan harus sudah Anda lakukan beberapa hari atau minggu sebelum hari-H persalinan. Berikut ini sejumlah persiapan melahirkan anak pertama yang perlu Anda perhatikan.

Rencanakan Kelahiran Anda

Rencana kelahiran adalah hal-hal yang Anda ingin lakukan atau terjadi selama persalinan, kelahiran, dan hari-hari yang mengikuti kelahiran Anda.

Rencana kelahiran ini bisa menjadi alat yang berguna bagi Anda dan tim pendukung kehamilan Anda untuk bekerja sama. Tim pendukung terdiri atas suami, saudara dekat, dan tenaga medis yang akan membantu persalinan.

Selama kunjungan-kunjungan pra lahir, bicaralah dengan tim pendukung kesehatan tentang hal-hal yang Anda inginkan. Namun Anda perlu menyadari tidak semua bagian rencana Anda akan terpenuhi.

Baca Juga: Bahaya Kopi Bagi Ibu Hamil Muda, Wajib Waspada!

Ada sejumlah alasan Anda harus membuat rencana dan persiapan saat persalinan yang meliputi:

  1. Memberi tahu dokter, bidan, dan perawat anda di rumah sakit apa yang Anda inginkan terjadi selama persalinan dan kelahiran.
  2. Informasikan ke dokter, bidan, dan perawat Anda di rumah sakit apa yang Anda inginkan jika saat persalinan membutuhkan bantuan medis.
  3. Sampaikan ke tim medis tentang perawatan yang Anda inginkan bagi bayi Anda setelah kelahirannya, seperti menggendong bayi Anda.
  4. Rencana dan persiapan persalinan juga membantu Anda dan tim pendukung Anda bekerja sama.

Persiapan Barang Untuk Dibawa ke Rumah Sakit

Lakukan persiapan melahirkan anak dengan berkemas untuk ke rumah sakit. Siapkan barang-barang Anda untuk persalinan. Kemas barang-barang Anda dalam satu tas besar dan sebuah tas kecil.

Gunakan tas besar untuk menyimpan barang-barang yang besar dan tidak sering Anda gunakan dalam sehari-hari. Seperti contohnya pakaian, selimut, dan lainnya.

Tas kecil bisa kita gunakan untuk menyimpan barang berharga anda atau barang kecil yang sering Anda gunakan. Seperti misalnya dompet, HP, charger, tisu, dan lainnya.

Persiapkan barang dalam tas sedini mungkin sehingga jika Anda mendadak harus pergi ke rumah sakit untuk melahirkan, tas sudah siap.

Jika Anda melahirkan secara normal, Anda mungkin hanya berada di rumah sakit 24 hingga 36 jam saja. Jika persalinan tidak dapat berjalan normal, Anda mungkin harus tinggal lebih lama.

Baca Juga: Gejala Saat Akan Melahirkan, Ibu Hamil Wajib Tahu Ciri-Cirinya!

Berikut ini beberapa barang yang sebaiknya Anda bawa ke rumah sakit sebagai persiapan melahirkan anak pertama yang penting.

  1. Kotak peralatan persalinan
  2. Lip gloss
  3. Minyak urut atau bedak tabur
  4. Makanan ringan dan minuman untuk Anda dan tim pendukung
  5. Peralatan mandi, produk perawatan kulit
  6. Baju ganti Anda dan pasangan
  7. Handphone, kamera/video kamera
  8. Beberapa lagu atau musik favorit
  9. Daftar nomor telepon keluarga dan teman
  10. Sandal
  11. Pasta gigi, shampoo, produk perawatan kulit
  12. Dompet dan uang secukupnya

Kebutuhan Lainnya

Selain itu juga ada sejumlah barang untuk Anda gunakan setelah bayi lahir yang juga penting untuk persiapan melahirkan anak pertama, yaitu:

  1. Gaun yang mudah Anda cuci dan mudah Anda gunakan untuk menyusui.
  2. Dua atau tiga piyama bra menyusui dan bantalan menyusui.
  3. Celana dalam secukupnya.
  4. Kaos kaki.
  5. Pembalut wanita ukuran jumbo.

Sedangkan, jenis barang untuk bayi yang perlu Anda siapkan meliputi:

  1. Baju dalam dan kaos kaki
  2. Popok dan diaper
  3. Sweater dan topi atau penutup kepala
  4. Syal atau selimut gendongan lembut
  5. Kain-kain untuk bayi

Selain itu Anda bisa meminta bantuan pasangan atau suami untuk menyiapkan sendiri barang kebutuhannya. Seperti sleeping bag atau tikar untuk alas tidur maupun barang pribadi lainnya.

Demikianlah beberapa persiapan melahirkan anak pertama yang perlu Anda lakukan. Pengalaman persalinan ini bisa menjadi pengalaman dan referensi dalam menjelang proses melahirkan selanjutnya. (R11/HR-Online/Editor-Ndu)