Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita CiamisRealisasikan Bankeu, Desa Sadananya Ciamis Perbaiki Drainase dan Bendung Selokan

Realisasikan Bankeu, Desa Sadananya Ciamis Perbaiki Drainase dan Bendung Selokan

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Desa Sadananya, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, melaksanakan kegiatan pembangunan yang bersumber dari bantuan keuangan (Bankeu) Pemkab Ciamis, tahun anggaran 2022.

Kepala Desa Sadananya Dadang Sudarso mengatakan, bantuan keuangan tersebut senilai Rp 100 juta, digunakan untuk memperbaiki drainase jalan di Dusun Tonggoh dan membuat bendungan selokan Cinangka, di Dusun Cikarag.

“Masing-masing kegiatan pembangunan itu senilai Rp 50 juta,” ujar Dadang, Selasa (19/7/2022).

Baca juga: Pemkab Ciamis Lolos dari Gugatan Sengketa Tanah

Dadang berharap, dengan adanya perbaikan drainase, kondisi jalan di dusun Tonggoh tidak mudah rusak.

“Tentunya dengan drainase yang bagus, air tidak akan keluar atau meluap ke jalan. Selama ini jalan cepat rusak karena drainase buruk, air mampet masuk ke jalan,” katanya.

Sedangkan pembangunan bendungan kecil di selokan Cinangka Dusun Cikarag, dalam rangka optimalisasi sektor pertanian dan perikanan.

Di wilayah tersebut kata Dadang, banyak sekali para petani ikan yang membutuhkan air mengalir.

“Kami berharap, dengan adanya bendungan kecil ini, produksi ikan di wilayah Cikarag bisa meningkat,” ungkapnya.

Pihak pemerintah Desa Sadananya, lanjutnya, mengucapkan terima kasih kepada pihak Pemerintah Daerah Ciamis, yang telah memberikan bantuan keuangan untuk kegiatan fisik.

“Kita tahu saat ini penggunaan Dana Desa untuk kegiatan pembangunan fisik dibatasi, sehingga dengan adanya bankeu ini sangat membantu pemdes merealisasikan pembangunan,” pungkas Dadang. (R8/HR Online/Editor Jujang)