Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaBerita BisnisSaham AXIO Naik 35% pada Penutupan Sesi Pertamanya

Saham AXIO Naik 35% pada Penutupan Sesi Pertamanya

Saham AXIO naik 35% saat debut pertamanya hingga melesat ke batas ARA. Berita ini datang kemarin tanggal 20 Juli 2022.

Produsen laptop merek Axio PT Tera Data Indonusa Tbk resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Saham AXIO melesat hingga angka ke level Rp 189 per saham. Kenaikan melesat 49 poin atau setara dengan 35% yang dikenal dengan Auto Reject Atas (ARA).

Saham ini memiliki kapasitas pasar sebesar Rp 1,1 triliun. Dengan adanya kondisi ini membuat investor antusias untuk menyambutnya.

Hal ini juga tampak dari banyaknya minat selama penawaran berlangsung. Bahkan kondisi saham Axio naik 35% ini menimbulkan oversubscribe sebanyak 78 kali.

Baca Juga: Saham Emiten Tambang Mineral Tertinggi Diduduki oleh MDKA

Saham AXIO Naik 35% Hingga Mencapai Puncak ARA

PT Tera Data Indonusa Tbk resmi tercatat di BEI pada rabu kemarin. Pada penutupan perdagangan sesi pertamanya saham AXIO melesat cukup tinggi.

Angka yang ditunjukkan menjadi Rp 189 per saham pada pembukaan perdagangan pertamanya. Saham AXIO naik Rp 20 ke posisi Rp 160 per saham.

Padahal sebelumnya AXIO sendiri di tetapkan harga IPO RP 140 per saham.

Posisi saham AXIO tertinggi pada angka Rp 189 dan terendah pada angka Rp 160 per saham. Adapun total frekuensi perdagangan 5.503 kali dengan volume 749.397 saham.

Nilai transaksinya mencapai Rp 14 miliar. Penguatan saham tersebut terjadi di tengah laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang menunjukkan angka 1,8% ke posisi 6.857,03.

Sebanyak 357 saham menguat, 161 saham diam di tempat dan 136 saham justru melemah.

Total frekuensi perdagangan 766.507 kali dan volume 13,8 miliar saham. Untuk nilai transaksinya sebesar Rp 9,1 triliun.

Menurut direktur utamanya yaitu Michael Sugiarto mengatakan jika penawaran IPO perseroan melepas sejumlah 1.040.126.500 saham ke publik dengan nominal Rp 25 per saham.

Dalam kondisi ini dari data dapat kesimpulan jika perseroan mampu meraih dana segar hingga Rp 145,617 miliar. Hal ini menunjukkan jika harga IPO laptop merek AXIO sebesar Rp 140 per saham.

Baca Juga: Saham Blue Chip Fundamental dengan Kenaikan Laba Bersih Tertinggi

Rincian Dana Hasil IPO Saham AXIO

Saham AXIO naik 35% hingga memberikan hasil yang cukup tinggi. Michael sendiri juga mengatakan jika hasil IPO akan berperan sebesar 90% untuk modal kerja.

Hal ini bertujuan untuk menunjang peningkatan penjualan perseroan. Mulai dari pembelian bahan baku komponen dan suku cadang produk. Meliputi LCD, motherboard, SSD, RAM dan masih banyak yang lainnya.

Selain itu, dana tersebut juga bermanfaat untuk pembiayaan piutang usaha, peningkatan kualitas SDM. Bisa melalui pelatihan internal atau eksternal, pengembangan, serta pengembangan saluran distribusi.

Baca Juga: Saham Laggard di Semester I 2022 yang Tercatat di BEI

Melalui tenaga pemasaran dan perluasan cakupan perbaikan pada area pemasaran. Setelah itu, bermanfaat untuk belanja modal yaitu perluasan area gudang dan peralatan produksi.

Dengan saham AXIO naik 35% ini membuat pendapatan semakin tinggi. Hasil dari IPO perusahaan PT Tera Data Indonusa Tbk  ini berhasil dikelola dan digunakan untuk meningkatkan penjualan perseroan ke depan. (R10/HR-Online)