Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita BisnisSaham Defensive Stock, Pengertian dan Jenisnya Dalam Dunia Investasi

Saham Defensive Stock, Pengertian dan Jenisnya Dalam Dunia Investasi

Saham defensive stock adalah salah satu jenis investasi yang cukup populer hingga saat ini. Sebagai calon investor, Anda perlu tahu jenis investasi yang tepat.

Saham adalah salah satu instrumen yang cukup populer dan diminati oleh kaum muda milenial.

Tanpa disadari saham juga memiliki berbagai jenis yang berbeda. Salah satunya yaitu defensive stock.

Dengan Anda tahu jenis investasi yang tepat, tentukan menjalankannya jauh lebih mudah. Sesuaikan jenis investasi pada kondisi yang terjadi.

Misalnya saja saham defensive stock yang cocok saat pandemi. Saham ini mampu memberikan peran penting dengan menyediakan keuntungan secara stabil.

Bahkan saat kondisi perekonomian buruk sekalipun. Investasi ini memiliki pengaruh terhadap suatu aset di pasar.

Agar lebih jelas sebaiknya Anda simak ulasan selengkapnya.

Baca Juga: Metode Valuasi Saham Penting untuk Menentukan Penanaman Modal

Apa itu Saham Defensive Stock?

Sebagai seorang investor tentu harus tahu apa sebenarnya investasi yang sedang dijalankan.

Ada baiknya jika investasi yang Anda pilih cukup tepat. Hal ini karena tujuan dari kegiatan investasi yaitu untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya.

Tidak hanya itu saja, mencari keuntungan yang stabil dalam jangka waktu panjang bsa dengan memilih instrumen yang tepat. Defensive stock menjadi instrumen investasi yang menawarkan banyak keuntungan untuk jangka panjang.

Saham ini mengacu terhadap perusahaan yang keuntungannya tidak terpengaruh pada siklus bisnis. Termasuk kondisi suatu perekonomian.

Saat kondisi buruk sekalipun laba yang berkurang hanya berjumlah sedikit daripada jenis investasi lainnya. Saham jenis ini yaitu membagikan dividen dalam jumlah yang stabil.

Hal ini terjadi meski adanya permasalahan perekonomian dan kondisi pasar saham secara menyeluruh. Hal ini akibat adanya permintaan konstan untuk produk tersebut.

Dalam hal ini membantu saham lebih cenderung stabil dalam berbagai siklus bisnis yang terjadi. Bagi investor pemula memilih saham defensive stock menjadi rekomendasi terbaik.

Baca Juga: Jumlah Saham Dalam 1 Lot, Ketahui Sebelum Investasi

Jenis Saham Defensif

Selain banyaknya instrumen investasi dan berbagai jenis saham, defensif stock juga menawarkan berbagai produk pada konsumennya. Ada beberapa jenis saham yang tergolong di dalamnya yaitu:

Produk dan Layanan Kesehatan

Jenis dari saham defensive stock yaitu produk dan layanan kesehatan. Produk dan jasa tersebut akan terus dicari oleh semua masyarakat dalam kondisi apapun.

Kelompok produk kesehatan tersebut meliputi asuransi, farmasi, rumah sakit, dan alat kesehatan.

Kebutuhan Pokok

Sedangkan untuk jenis saham defensive stock selanjutnya yaitu kebutuhan pokok.

Produk yang masuk dalam kebutuhan pokok yaitu semua barang yang lebih cenderung masyarakat beli untuk memenuhi kebutuhan dan terlepas dari kondisi ekonomi.

Produk kebutuhan pokok meliputi barang-barang rumah tangga, minuman, makanan, tembakau, dan produk kebersihan.

Dengan memiliki produk kebutuhan pokok sebuah perusahaan akan menghasilkan pendapatan yang stabil meski perekonomian kuat atau lemah sekalipun.

Baca Juga: Keunggulan Stockbit Saham yang Tidak Ada pada Sekuritas Lainnya

Telekomunikasi

Defensive stock selanjutnya datang dari perusahaan telekomunikasi. Hingga saat ini masyarakat masih membutuhkan layanan komunikasi.

Akses internet menjadi kebutuhan penting untuk melakukan berbagai aktivitas. Menjalankan saham defensive stock membantu investor terhindar dari kerugian besar. (R10/HR-Online)