Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita BanjarSerunya Hari Pertama Masuk Sekolah di Kota Banjar, Ortu Ikut Masuk Kelas

Serunya Hari Pertama Masuk Sekolah di Kota Banjar, Ortu Ikut Masuk Kelas

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Sejumlah siswa baru dan orang tua SDN 2 Hegarsari, Kota Banjar, Jawa Barat nampak antusias ikut mengantar hingga ikut masuk ke ruang kelas pada hari pertama masuk sekolah, Senin (18/7/2022).

Para orang tua tersebut menemani anak-anaknya yang masih proses adaptasi pembelajaran di sekolah. Satuan Pendidikan Dasar di Kota Banjar, mulai memasuki tahun ajaran baru

Kepala SDN 2 Hergarsari Kota Banjar, Ade Ahmad Yani, mengatakan, pada tahun ajaran baru ini sekolahnya mendapatkan 52 siswa yang terbagi dalam dua rombongan belajar (rombel).

Baca Juga: Jelang Masuk Sekolah, Warga Kota Banjar Serbu Toko Seragam

Menurutnya, jumlah siswa baru yang mendaftar di sekolah SD 2 Hegarsari mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya yang saat itu hanya mendapat sebanyak 49 siswa.

“Hari ini pertama masuk sekolah. Jumlah siswa baru di sekolah kami itu ada 52 siswa. Meningkat dari tahun lalu meski tidak signifikan,” kata Ade kepada HR Online, Senin (18/7/2022).

Lanjutnya menyebutkan, pada hari pertama masuk sekolah respon siswa baru dan orang tua murid cukup antusias. Bahkan sudah datang dari sejak pagi pagi hari. Hampir semua siswa diantar oleh orang tuanya masing-masing.

“Antusias orang tua dan siswa cukup tinggi. Mereka bahkan datang sejak pagi hari ke sekolah,” katanya.

Selain itu, terdapat sebagian orang tua siswa juga ikut masuk ruangan sekolah. Menemani anak-anaknya karena belum terbiasa dan masih dalam proses adaptasi lingkungan sekolah.

“Untuk proses adaptasi orang tua mendampingi anaknya kami beri waktu satu minggu. Setelah itu cukup mengantar sampai pintu gerbang sekolah,” tegasnya.

Hari Pertama Masuk Sekolah di Kota Banjar, Sejumlah Sekolah Dapat Sedikit Siswa

Kepala Bidang Dikdas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar, Surdam, mengatakan, dari hasil PPDB tahun ini jumlah siswa baru untuk sekolah dasar (SD) sebanyak 2267 orang dan siswa SMP 2655 orang.

Dari jumlah siswa baru hasil PPDB tersebut terdapat sejumlah sekolah yang paling sedikit mendapatkan siswa baru. Sekolah tersebut adalah SDN 3 Batulawang 8 orang, SDN 10 Hergarsari 6 orang, SDN 2 Rejasari 7 orang.

Berikutnya, SDN 4 Rejasari 8 orang, SDN 5 Waringinsari 9 orang. SDN 2 Waringinsari juga 9 orang dan SDN 4 Bojongkantong sebanyak 9 orang.

“Untuk jumlah sekolah yang sedikit itu kemungkinan karena faktor jumlah penduduk yang masuk usia anak sekolah di lingkungan tersebut memang tidak terlalu banyak,” katanya.

Lanjutnya mengatakan, saat ini siswa baru tersebut masih dalam tahap masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS). Rencananya MPLS akan berlangsung selama tiga hari ke depan.

Selain itu, untuk proses pembelajaran di sekolah sekarang ini sudah mulai menggunakan pembelajaran tatap muka secara langsung 100 persen.

“Pembelajaran tatap muka 100 persen. Untuk masa MPLS kami juga sudah intruksikan ke semua pengawas untuk melakukan pemantauan,” katanya. (Muhlisin/R7/HR-Online/Editor-Ndu)