Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita BanjarSetahun Revitalisasi, Kapan Terminal Tipe A Kota Banjar Kembali Beroperasi?

Setahun Revitalisasi, Kapan Terminal Tipe A Kota Banjar Kembali Beroperasi?

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Sudah setahun revitalisasi Terminal Tipe A Kota Banjar, Jawa Barat, yang mulai sejak Januari 2021 lalu, hingga kini masih dalam tahap penyelesaian.

Lantas, kapan resmi beroperasi kembali terminal Banjar yang digadang-gadang pelayanannya bertaraf bandara setelah direvitalisasi?

Kepala Terminal Tipe A Kota Banjar, Jenny Mariya mengatakan, sampai saat ini untuk progres revitalisasi pembangunannya sudah mencapai sekitar 86-87 persen.

Dari hasil rapat pihak pengawas, konsultan dan PPK, serta pihak-pihak terkait, target proses revitalisasi tersebut selesai pada akhir bulan Juli ini.

“Satu minggu yang lalu kami sudah mengikuti rapat melalui zoom meeting. Targetnya untuk revitalisasi sesuai kontrak, yaitu tanggal 31 Juli mendatang,” terang Jenny kepada HR Online, Selasa (05/07/2022).

Nantinya setelah proses revitalisasi selesai, lanjut Jenny, untuk fasilitas pelayanan penumpang masih sama seperti sebelumnya. Tidak ada perubahan dan pembatasan arus kendaraan yang masuk.

Baca Juga : Revitalisasi Terminal Tipe A Kota Banjar Rencananya Rampung Juli 2022

Angkot Tak Boleh Mangkal di Terminal Tipe A Kota Banjar

Hanya saja, untuk angkutan umum dalam kota (angkot) tidak boleh mangkal di dalam terminal. Jadi hanya diperboleh melakukan aktivitas naik turun penumpang saja.

“Tidak ada pembatasan kendaraan. Kecuali bus yang tidak tertib administrasi dan tidak lengkap tidak boleh masuk terminal. Jadi masih seperti sebelumnya,” terang Jenny.

Ia menjelaskan, sebetulnya dalam Terminal Tipe A harus ada Tipe B dan C untuk layanan bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). Serta angkutan kota (angkot).

Guna memfasilitasi angkatan kota tersebut, informasi yang pihaknya terima bahwa Pemkot Banjar akan membangun Tipe C sekitar komplek terminal yang direvitalisasi itu.

“Informasinya dari Pemkot Banjar sudah merencanakan untuk pembuatan Terminal Tipe C. Lokasinya komplek belakang terminal yang ada sekarang ini,” kata Jenny.

Sebelumnya, Jenderal Perhubungan Darat, Marta Hadisarwonopada, saat kunjungan progres revitalisasi tanggal 27 Oktober 2021 silam mengatakan, rencananya untuk pembangunan revitalisasi Terminal Tipe A Kota Banjar rampung Juli 2022.

Agar nantinya terminal tersebut dapat mempersiapkan segala sesuatunya supaya setelah revitalisasi selesai pelayanan dapat kembali berjalan optimal. (Muhlisin/R3/HR-Online/Editor-Eva)