Jumat, Desember 2, 2022
BerandaBerita PangandaranSitu Cisamping di Cijulang, Obyek Wisata Bernuansa Alam Pangandaran

Situ Cisamping di Cijulang, Obyek Wisata Bernuansa Alam Pangandaran

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Bagi wisatawan yang akan berlibur ke Pangandaran, Jawa Barat, jangan lewatkan untuk mengunjungi Situ Cisamping di Cijulang. Dari kawasan Pantai Pangandaran hanya 30 menit perjalanan menuju ke lokasi objek wisata yang bernuansa alam ini.

Endang Sukara, Ketua Pokdarwis yang juga pengelola wisata Situ Cisamping mengatakan, lokasi obyek wisata bernuansa alam ini tidak jauh dari jalur utama menuju ke Pantai Batu Karas, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran.

“Situ Cisamping bisa menjadi salah satu alternatif wisata Pangandaran yang bisa dikunjungi dan dinikmati oleh para wisatawan,” katanya, Selasa (05/07/2022).

Obyek wisata bernuansa alam yang memiliki luas sekitar 7 hektar itu menawarkan berbagai fasilitas bagi para pengunjung. Seperti wahana perahu bebek, terapi ikan, saung atau joglo untuk beristirahat, serta area camping.

Baca Juga : ITB Sebut Daerah Pesisir Cibenda-Cijulang Pangandaran Paling Rawan Bencana

Nikmati Sejuknya Kawasan Wisata Situ Cisamping Cijulang

Pengunjung juga dapat menikmati keindahan dan kesejukan alam dalam kawasan wisata tersebut. Karena lokasi wisata tersebut berada di kawasan hutan dengan pepohonan besar.

Selain itu, lanjut Endang, Situ Cisamping juga memiliki air yang sangat jernih bersumber dari mata air pegunungan.

“Kalau kita lihat memang airnya seolah berwarna hijau, itu karena sekeliling situ banyak pepohonan besar. Air tersebut sebenarnya jernih dan bersih,” terang Endang.

Menurutnya, pohon-pohon besar yang ada sekitar situ usianya sudah puluhan tahun. Bagian akar pohon besar yang terjaga menjadikan mata air dari pegunungan tertampung dengan baik. Sehingga airnya tak pernah surut meski musim kemarau.

Baca Juga : Objek Wisata Kampung Olot Nusadanas di Pangandaran Dipadati Pengunjung

Sedangkan, untuk kedalaman Situ Cisamping ini terbilang dangkal. Airnya setinggi dada orang dewasa. Pihak pengelola pun selalu mengawasi para wisatawan yang sedang menikmati wahana perahu bebek maupun terapi ikan.

“Jadi kami sudah menyiapkan tim atau petugas khusus untuk memantau pengunjung yang beraktifitas di Situ Cisamping,” katanya.

Mengenai harga tiket masuk ke obyek wisata yang menjadi salah satu tempat wisata Pangandaran ini tentunya sangat terjangkau oleh para wisatawan.

“Sejauh ini para pengunjung yang datang bukan hanya dari lokal dan kota besar saja. Akan tetapi dari mancanegara pun selalu berdatangan ke Situ Cisamping di Cijulang ini. Mengingat alamnya masih sangat murni alami,” pungkasnya. (Ntang/R3/HR-Online/Editor-Eva)