Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita CiamisSosialisasi Tahapan Pemilu 2024 di Rajadesa, KT Gandeng KPU Ciamis

Sosialisasi Tahapan Pemilu 2024 di Rajadesa, KT Gandeng KPU Ciamis

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Karang Taruna (KT) Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, lakukan sosialisasi tahapan pemilu 2024, Selasa (19/7/2022).

Ketua KT Rajadesa, Maman Surahman mengatakan, perlu sekali sosialisasi terkait pemilu, terlebih untuk para pemilih pemula yang baru atau pemula.

“Sehingga mereka bisa berpartisipasi dalam menyalurkan hak suaranya nanti,” katanya kepada HR Online.

Menurutnya, pemilih pemula harus terus mendapatkan penjelasan terkait pemilu 2024 mendatang.

“Oleh karena itu, kita anggap sosialisasi tahapan pemilu 2024 ini sangat penting,” ucapnya.

Sementara dalam sosialisasi tersebut, KT Rajadesa menggandeng Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis.

“Kita minta bantuan kepada KPU Ciamis. Sehingga tata cara dan juga pelaksanaan bisa mereka jelaskan dengan baik,” katanya.

Sementara yang menjadi narasumber dalam sosialisasi tahapan pemilu 2024 tersebut, adalah Muharam Kurnia Drajat, Komisioner KPU Ciamis.

Muharam mengapresiasi langkah Karang Taruna Kecamatan Rajadesa, dalam kegiatan sosialisasi tersebut.

“Sangat bagus sekali. Karena bisa memberikan penjelasan kepada para pemilih pemula, yang memang baru akan mengikuti pesta demokrasi,” jelasnya.

Selain itu, sambungnya, sosialisasi ini sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mensukseskan pemilu tahun 2024 nanti.

“Makanya kita harus turut serta dalam melakukan sosialisasi ini. Sehingga warga masyarakat tahun kapan dan bagaimana pelaksanaan pemilu nanti,” terangnya.

Baca Juga : KPU Ciamis Hitung Mundur Pelaksanaan Pemilu Tahun 2024

Karena menurutnya, meski banyak masyarakat yang sering mengikuti pemilu, namun pada dasarnya masih banyak yang tidak tahu tata cara pelaksanaan. Terutama pada pemilihan legislatif.

Muharam menjabarkan, untuk tahapan pemilu tahun 2024 mendatang, akan diawali dengan pemilihan presiden. Kemudian berlanjut ke pemilihan kepala daerah dan pemilihan legislatif.

“Tahapan-tahapan ini yang harus kita informasikan kepada masyarakat. Jadi sosialisasi tahapan pemilu 2024 ini sebagai jalan agar angka partisipasi masyarakat meningkat,” pungkasnya. (Es/R5/HR-Online/Editor-Adi)