Rabu, Agustus 17, 2022
BerandaBerita CiamisTahun Ajaran Baru, Penjual Buku Dadakan di Ciamis Ini Untung Besar

Tahun Ajaran Baru, Penjual Buku Dadakan di Ciamis Ini Untung Besar

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Menjelang tahun ajaran baru tahun 2022, menjadikan berkah tersendiri bagi sejumlah kalangan. Salah satunya penjual buku dadakan di Pasar Manis Ciamis, Jawa Barat yang meraup untung cukup besar. 

Dari pantauan HR Online di lapangan, barang-barang yang mereka jajakan sangat komplit, dari mulai buku tulis berbagai merek, bolpoin, pensil, pensil berwarna, penggaris hingga penghapus juga ada. 

Wawan salah satu pedagang buku dadakan mengatakan, baru 10 hari Ia berjualan buku di Pasar Manis Ciamis ini. Karena ini momen anak-anak masuk sekolah tahun ajaran baru 2022. 

“Alhamdulilah, kalau rame omsetnya bisa sampai Rp 2 juta, tapi kalau hari biasa paling Rp 500 ribu per harinya. Untuk keuntungannya sendiri itu sekitar 15 sampai 20 persen,” katanya, Jumat (15/7/2022). 

Baca Juga: Manggung di Hajatan di Ciamis, Bocah Bersuara Emas Pukau Penonton

Menurutnya, Ia berjualan buku hanya sampingan saja memanfaatkan momen tahun ajaran baru 2022. Kalau hari biasanya itu Ia berjualan mainan keliling kampung. 

“Saya bekerja sama dengan toko buku, lumayan daripada jualan mainan sehari-harinya belum pasti ada yang beli,” tuturnya. 

Wawan yang merupakan warga Sukamaju, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis menjelaskan, buku yang Ia jual dari mulai harga Rp 25 ribu sampai Rp 55 ribu rupiah. 

“Kalau harga sama saja seperti di toko tidak ada bedanya. Kalau ada yang nawar itu biasa setiap dagang pasti ada penawaran, saya kasih paling cuma sedikit,” jelasnya.

Wawan menambahkan, pihaknya setiap tahun ajaran baru selalu menjual buku di Pasar Manis Ciamis, namun selama tahun 2020 dan 2021 kemarin Ia libur karena pandemi Covid-19.

“Sekolahnya juga di rumah, jadi tahun kemarin mah saya tidak jualan. Baru tahun ini kembali jualan lagi,” pungkasnya. (Feri/R7/HR-Online/Editor-Ndu)