Rabu, Februari 1, 2023
BerandaBerita TerbaruTanda Ban Mobil Kurang Angin Membantu Mengurangi Risiko Kecelakaan

Tanda Ban Mobil Kurang Angin Membantu Mengurangi Risiko Kecelakaan

Tanda ban mobil kurang angin bisa dilihat tanpa harus menggunakan peralatan khusus. Cara ini bisa membantu Anda mengatasi agar tidak terjadi masalah di tengah jalan.

Mobil menjadi alat transportasi yang memiliki banyak kelebihan. Saat ini sudah banyak perusahaan otomotif yang membuat mobil dengan berbagai merek dan spesifikasi khusus.

Mobil dapat bekerja dengan adanya komponen yang lengkap. Semua komponen wajib dilakukan pengecekan dan perawatan secara tepat.

Perawatan secara berkala juga akan membantu memberikan kinerja setiap komponen menjadi terjaga. Salah satu yang tidak bisa lepas dari perhatian yaitu ban.

Ban menjadi komponen penting yang memiliki fungsi berkaitan langsung dengan medan jalan. Sehingga kondisi ban harus tetap prima.

Ban kempes menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pemilik mobil.

Jika ban kempes sudah pasti akan menimbulkan bahaya berkendara. Apalagi jika kendaraan digunakan untuk perjalanan jauh. Pastikan Anda tahu apa saja tanda ban mobil kurang angin.

Dengan mengetahuinya, mengurangi risiko adanya masalah di tengah jalan. Sebenarnya banyak penyebab mengapa ban mobil kempes.

Jika Anda mengetahui tandanya, bisa segera mengatasinya. Sehingga ban mobil akan kembali normal dan perjalanan akan jauh lebih aman dan nyaman.

Baca Juga: Ban Mobil Bocor, Inilah Penyebab dan Panduan Cara Menggantinya

Tanda Ban Mobil Kurang Angin yang Umum Terjadi

Menjaga tekanan angin pada ban mobil harus Anda jaga saat berkendara. Meski banyak penyebab yang bisa mengakibatkan hal ini terjadi, namun jangan sampai Anda tidak tahu bagaimana kondisi ban yang kurang angin.

Meski terkesan sepele, namun perlu Anda ketahui. Ada sebagian orang yang belum tahu tanda-tanda ban kempes. Namun ada juga yang sudah mengetahuinya.

Agar lebih jelas, silahkan simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Ban Terasa Lebih Empuk

Ada beberapa tanda ban mobil kurang angin yaitu bisa Anda rasakan dari teksturnya. Untuk ban mobil dengan tekanan angin yang pas tentu terasa keras.

Namun ketika tekanan angin berkurang sudah pasti saat Anda tekan akan terasa empuk. Selain itu, anda juga bisa rasakan dari kondisi saat berkendara.

Ketika berkendara terasa kasar justru tekanan angin terlalu besar. Saat ban kempes akan terasa lebih empuk. Hal ini terjadi akibat berkurangnya tekanan angin di dalam ban.

Baca Juga: Penyebab Ban Mobil Terasa Goyang, Ketahui Penjelasannya Berikut Ini

Suara Gemuruh Saat Berkendara

Selain tanda ban mobil kurang angin yang pertama, masih banyak ciri-ciri lainnya. Terdengarnya suara gemuruh saat berkendara pun juga menjadi pertanda jika tekanan ban mobil tidak optimal.

Terkadang pemilik mobil tidak terlalu memperhatikan kondisi tersebut. Suara yang muncul akibat permukaan karet ban menyentuh aspal jalan. Suara tersebut pun juga akan terdengar sampai bagian kabin.

Jika kondisi ini Anda alami, sebaiknya segera lakukan pengecekan. Jangan Anda paksakan terus berkendara, karena nantinya akan membahayakan nyawa pengemudi dan penumpangnya.

Mobil Sulit Dikendalikan

Saat ban terlihat kempes mengakibatkan kendaraan sulit dikendalikan. Bagian setir biasanya cenderung dapat belok sendiri ke arah ban kempes.

Jika kondisi ini terjadi akan mengakibatkan bahaya, bahkan hingga menimbulkan terjadinya kecelakaan. Cara untuk mengatasi masalah ini bisa dengan menginjak rem untuk mencegah mobil melaju sendiri.

Laju Mobil Terasa Lambat

Saat kondisi laju mobil lebih lambat, hal ini menandakan jika ban kurang angin atau kempes.

Permukaan ban lebar yang mengakibatkan gesekan ban dengan aspal akan terbebani. Akibat menahan beratnya mesin serta kecepatan menjadi lebih lambat.

Semakin lebar permukaan ban, mobil akan merasakan beban yang lebih berat saat kendaraan melaju.

Baca Juga: Menggunakan Ban Mobil Lebih Lebar untuk Harian, Ini Nilai Plus Minusnya

Penyebab Ban Mobil Kempes

Ada banyak tanda-tanda yang bisa Anda ketahui ketika ban kempes. Selain itu, penyebab ban kempes juga cukup bervariasi. Bisa karena pelek rusak, diam lama pada suatu posisi, dan masih banyak lagi.

Kualitas ban yang kurang berkualitas juga mempengaruhi kondisinya. Untuk itu, sebaiknya cek dan cari ban dengan spesifikasi terbaik.

Pastikan penggantian ban juga tepat. Sehingga risiko ban kempes pun akan berkurang. Mengetahui tanda ban mobil kurang angin pun juga membantu mengurangi risiko kecelakaan.

Sebaiknya selalu cek kondisi semua komponen saat hendak berkendara. Jika sudah mengalami tanda-tanda tersebut segera berhenti dan atasi. (R10/HR-Online)