Jumat, Desember 2, 2022
BerandaBerita TerbaruTanda Kolesterol Tinggi pada Mata, Jangan Abaikan 4 Hal Ini!

Tanda Kolesterol Tinggi pada Mata, Jangan Abaikan 4 Hal Ini!

Tanda kolesterol tinggi pada mata dapat terjadi dalam beberapa kondisi. Ini merupakan salah satu tanda gangguan kesehatan akibat adanya lemak jahat. Bahkan kelebihan kolesterol dapat menimbulkan banyak risiko yang cukup berbahaya pada kesehatan.

Seseorang mempunyai kolesterol tinggi apabila kadar kolesterol total mencapai 190 mg/dL atau lebih. Dalam kondisi ini, pada organ mata seringkali akan muncul adanya bercak.

Baca Juga: Gejala Kolesterol Tinggi pada Wanita Beragam, Jangan Anggap Sepele!

Apa Saja Tanda Kolesterol Tinggi Pada Mata?

Berikut ini sejumlah kondisi mata yang menandakan seseorang memiliki kolesterol tinggi antara lain:

1. Oklusi Arteri Retina

Oklusi arteri retina Retina merupakan jaringan tissue di belakang mata yang sensitif terhadap cahaya. Retina memperoleh pasokan darah yang berasal dari pembuluh darah dan arteri retina.

Jika bagian  arteri ini tersumbat oleh kolesterol, maka berakibat munculnya oklusi arteri retina atau populer dengan istilah retinal vein occlusion. Kondisi ini dikenal juga dengan sebutan stroke mata.

Jika tanda kolesterol tinggi pada mata ini terjadi, darah serta cairan akan menggenang di dalam retina. Macula atau area di dalam retina akan mengalami pembengkakan dan daya pandang akan jadi terganggu.

Adapun gejala dari oklusi arteri retina bisa berupa rasa nyeri pada mata yang membengkak, pandangan kabur, perubahan kualitas pandang, bercak atau garis hitam pada penglihatan.

Baca Juga: Makanan Pantangan Kolesterol yang Harus Dihindari, Apa Saja?

2. Plak Hollenhorst

Ini menjadi salah satu diagnosis oklusi arteri retina yang umum disebut stroke mata. Sebagai penyebab oklusi arteri retina, maka plak Hollenhorst benar-benar menyumbat arteri.

Plak Hollenhorst seringkali timbul pada kelompok dewasa lebih tua atau lansia. Fibrin yang muncul bisa berasal dari arteri yang lebih besar pada tubuh, salah satunya arteri karotis.

Namun jika tidak bergejala sampai adanya penyumbatan, maka plak Hollenhorst dapat berakibat fatal hingga bisa menyebabkan kehilangan penglihatan. Bahkan jika terjadi penyumbatan sampai ke otak, maka dapat terjadi adanya stroke.

3. Xanthelasma

Plak kuning di sekitar mata atau xanthelasma merupakan tanda kolesterol tinggi yang paling sering terjadi. Plak kekuningan ini timbul akibat adanya timbunan kolesterol yang ada di bawah lapisan kulit.

Dalam kondisi ini, Xanthelasma tak mengganggu indera penglihatan atau tidak mengganggu kualitas pandang dari mata. Dapat kita pastikan, separuh dari pengidap xanthelasma mempunyai kolesterol tinggi.

Kondisi Xanthelasma lebih mudah muncul jika orang tersebut mengalami obesitas, perokok, mengidap diabetes atau menderita tekanan darah tinggi. Meskipun tidak berbahaya jangan abaikan kondisi ini dan sebaiknya segera periksaan ke dokter.

Baca Juga: Jenis Daun Penurun Kolesterol Tinggi, Dikonsumsi Setiap Hari Tetap Aman

4. Arcus Senilis

Arcus senilis adalah lingkaran abu-abu yang mengelilingi kornea Kondisi. Ini juga bisa menjadi tanda dari adanya kolesterol tinggi pada mata. Sama seperti kondisi xanthelasma, lingkaran abu-abu ini juga tidak mengganggu daya pandang mata Anda.

Arcus senilis terjadi karena adanya timbunan lemak atau lipid yang berlebihan di dalam tubuh. Pada awalnya bercak warna hanya akan muncul di bagian bawah atau atas kornea.

Namun seiring berjalannya waktu, perubahan warna bisa rata sampai mirip lingkaran cincin yang sempurna. Lingkaran yang berwarna tersebut biasanya terjadi pada lansia. Apabila tanda kolesterol tinggi pada mata ini terjadi di usia muda atau dewasa, maka lingkaran ini disebut arcus juvenilis. (R10/HR-Online)