Sabtu, Agustus 20, 2022
BerandaBerita TerbaruTangki Motor Tidak Bisa Dibuka, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi

Tangki Motor Tidak Bisa Dibuka, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi

Tangki motor tidak bisa dibuka terkadang memang membuat penggunanya merasa jengkel, apalagi saat sedang di SPBU dan pas mendapat giliran.

Tentunya ini akan sangat memalukan dan jika tidak ingin seperti itu, maka harus mengatasinya sebelumnya.

Sehingga keberadaannya ini juga harus selalu mendapatkan perawatan khusus supaya fungsinya tetap optimal. Karena jika sudah rusak parah, maka sulit untuk kita buka dan ini pun juga cukup berbahaya.

Baca Juga: Menguras Tangki Motor, Simak Beberapa Cara dan Ketahui Manfaatnya!

Tangki Motor Tidak Bisa Dibuka Kembali, Bagaimana Solusinya?

Salah satu bagian yang seringkali terabaikan oleh para pemilik kendaraan sepeda motor adalah tentang perawatan tutup tangki bensin. Padahal fungsi dari komponen ini sangatlah penting dan akan merepotkan apabila sudah rusak seperti macet.

Pada dasarnya tutup tangki motor ini terbuat dari bahan dasar yang mudah berkarat, sehingga harus selalu mendapat perawatan.

Apalagi jika terlalu sering terkena air hujan pada jenis motor-motor tertentu dan tidak langsung pengguna bersihkan.

Misalnya saja seperti motor sport, yang mana pasti akan ada kendala yang membuat kesal dan jengkel bagi para penggunanya. Salah satunya mengenai tutup tangki yang sulit buka.

Jika sudah seperti ini, maka harus segera mendapatkan perawatan khusus.

Baca Juga: Penyebab Tangki Motor Berkarat, Bisa Mengakibatkan Kendaraan Mogok

Penyebab

Tangki motor tidak bisa dibuka sudah pasti ada penyebabnya, bahkan cukup bervariasi yang wajib untuk Anda ketahui.

Nah, salah satu penyebab utama mengapa tangki susah terbuka adalah karena lubang anak kuncinya sudah mengalami karatan.

Karat seperti ini bisa terjadi akibat adanya air yang masuk ke dalam lubang anak kunci pada tangki motor tersebut. Apabila kita biarkan secara terus-menerus, maka air tersebut bisa membuat komponen tersebut menjadi berkarat.

Jika kondisinya sudah seperti itu, maka jangan memaksakannya untuk membuka tutup tangki karena bisa berakibat fatal. Betapa tidak, pasalnya jika anak kunci kita paksa maka akan membuatnya bengkok bahkan sampai patah.

Baca Juga: Cara Mengatasi Tangki Motor Bocor Dengan Cepat Tanpa Ke Bengkel

Bagaimana Solusinya?

Nah, jika Anda mengalami masalah seperti itu, maka harus segera mengambil tindakan untuk segera mengatasinya. Pertama-tama Anda bisa meneteskan atau melumuri pemulas seperti minyak kelapa atau oli pada bagian lubang anak kunci tutup tangki.

Kemudian Anda bisa mendiamkannya selama beberapa saat, lalu lumuri juga anak kunci menggunakan pelumas tersebut. Selanjutnya masukkan anak kunci itu pada bagian lubang tutup tangki motor.

Jika sudah, lalu putarlah secara perlahan-lahan sama seperti saat kita sedang membuka tutup tangki motor seperti biasa itu. Apabila masih terasa keras, maka ulangi lagi seperti langkah pertama.

Tetapi jika ada cairan anti karat misalnya WD, maka Anda juga bisa menggunakan cairan tersebut untuk melumasi lubangnya.

Sehingga apabila tangki motor tidak bisa dibuka, maka Anda bisa langsung melakukan cara seperti ini agar bisa kembali terbuka. (R10/HR-Online)