Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaBerita PangandaranTebing Longsor Jebol Rumah Warga di Pangandaran

Tebing Longsor Jebol Rumah Warga di Pangandaran

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Satu rumah warga Pangandaran, Jawa Barat, jebol dindingnya akibat tebing yang longsor menerjang rumah tersebut.

Tebing setinggi 5 meter tersebut menimpa rumah milik Aep Saepuloh, warga RT 4/2, Dusun Ciguha, Desa Campaka, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (16/7/2022) sekitar pukul 01.00 WIB.

Kepala Desa Campaka, Wawan Herdiawan mengatakan, longsor tersebut setelah hujan deras melanda Kecamatan Cigugur dan sekitarnya.

Saat tebing longsor yang sampai jebol rumah, katanya, Aep Saepuloh tengah terlelap tidur di kamar depan.

“Beruntung pemilik rumah tidur di kamar depan. Sehingga, material longsoran yang menimpa dinding rumah tidak mengakibatkan pemilik rumah terluka,” katanya kepada HR Online, Sabtu (16/7/2022).

Pihaknya pun langsung melakukan evakuasi dengan membersihkan material longsor dan membersihkan puing-puing sekitar rumah korban. Beberapa warga dan tim relawan lainnya juga ikut membantu proses evakuasi rumah korban yang jebol tertimpa tebing longsor.

Baca Juga : Banjir Bandang Terjang Kampung Naga di Tasikmalaya

Lebih lanjut Wawan menambahkan, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan. Hal tersebut mengingat saat ini cuaca tergolong ektrem.

“Tingkatkan kewaspadaan terlebih di saat sedang turun hujan dan angin kencang,” imbaunya.

Baca Juga : 1 Unit Rumah Roboh di Kota Banjar, BPBD Ungkap Penyebabnya

Jika ada sesuatu yang terjadi dan dianggap berbahaya, sambungnya, secepatnya melaporkannya ke pihak pemerintah desa. Hal tersebut supaya pemerintah desa bisa secepatnya bertindak.

“Imbauan untuk meningkatkan kewaspadaan di musim hujan seperti ini sudah sering saya sampaikan di berbagai forum. Hal itu agar masyarakat paham akan pentingnya keselamatan diri,” pungkas Wawan. (Ceng/R5/HR-Online/Editor-Adi)