Rabu, Februari 1, 2023
BerandaTeknologiAplikasiTips Mendapatkan Uang dari Tiktok, Jadi Kaya Jalur FYP

Tips Mendapatkan Uang dari Tiktok, Jadi Kaya Jalur FYP

Sebagai platform video yang populer dan terus berkembang, tidak sedikit orang mengumpulkan tips mendapatkan uang dari Tiktok.

Melalui platform ini, para content creator dan influencer bisa berbagi konten hiburan yang edukatif sekaligus membangun popularitas di For Your Page (FYP).

Dari popularitas itulah, content creator bisa menghasilkan banyak uang. Tidak sedikit Creator Tiktok yang meraup pundi-pundi rupiah bahkan menjadikan platform tersebut sebagai sumber penghasilan utama.

Jika tertarik mengikuti jejak mereka, simak tips mendapatkan uang dari Tiktok di bawah ini!

Begini Tips Mendapatkan Uang dari Tiktok

Sebelum mencari uang dari platform video, pastikan kamu sudah memiliki smartphone yang mumpuni untuk membuat konten. Mulai dari kapasitas memori hingga kualitas kamera menjadi pertimbangan penting dalam menghasilkan konten yang bernilai.

Baca Juga: Cara Mengambil Uang di TikTok Paling Mudah Agar Cepat Cair

Tentunya kamu juga gak mau dong penghasilan dari Tiktok terputus gara-gara smartphone tiba-tiba rusak, maka berinvestasilah pada gadget! Ini beberapa tips mendapatkan uang dari Tiktok untuk kamu yang ingin memaksimalkan benefit dari smartphone canggih.

Tiktok Creator Fund

Cara yang pertama adalah bergabung Tiktok Creator Fund. Program ini memungkinkan para creator mendapat bayaran dari setiap penayangan (view) pada video mereka.

Syaratnya kamu harus memiliki akun Tiktok Pro, jumlah pengikut 10.000, dan berlokasi di salah satu negara yang mendukung program tersebut.

Sejauh ini, Creator Fund baru ada di negara Amerika, Inggris, Perancis, Italia, Spanyol, dan Jerman.

Akan tetapi mengingat popularitas Tiktok yang terus berkembang secara global, bukan tidak mungkin program ini akan segera hadir di Indonesia. Segera persiapkan diri kamu dari sekarang!

Donasi Tiktok Live Stream

Selain program Creator Fund, tips mendapatkan uang dari Tiktok berikutnya adalah live stream. Platform ini memungkinkan pengguna untuk membeli koin.

Ketika seorang creator melakukan live atau siaran langsung, pengguna yang menonton bisa memberi donasi dengan koin.

Baca Juga: Cara Live di TikTok, Tidak Semua Pengguna Bisa Melakukan

Pemberian donasi tersebut bukan tanpa alasan, melainkan untuk mengapresiasi creator atas konten-kontennya yang menarik. Oleh karena itu, seorang creator harus membuat konten semenarik mungkin dan berinteraksi dengan pengikutnya.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan engagement yang berpengaruh pada popularitas creator.

Untuk bisa melakukan live, creator harus punya 1.000 pengikut dan berusia minimal 16 tahun.

Saat live berlangsung, creator biasanya mengangkat topik tertentu untuk berdiskusi secara terbuka. Setelah live selesai, creator bisa menarik koin yang sudah terkumpul ke rekening pribadi.

Sponsor Merek

Tips mendapatkan uang dari Tiktok via sponsor merek biasanya melibatkan perjanjian antara perusahaan dengan creator.

Cara ini juga sering disebut endorsement, karena para creator bekerja sama dengan brand tertentu untuk menampilkan produk di konten mereka.

Cara ini sangat menguntungkan bagi creator maupun perusahaan yang membayar. Selain karena creator menerima bayaran dari sponsorship, banyaknya pengikut dan penayangan konten juga dapat meningkatkan penjualan produk. Tentunya creator harus mengemas informasi produk semenarik mungkin.

Awalnya, kerjasama sponsorship hanya terjadi jika perusahaan atau pemilik merek menghubungi creator.

Baca Juga: Cara Masuk FYP TikTok 2022 Banyak Like Auto Viral, Simak Tips Praktisnya

Akan tetapi sekarang sudah banyak tim manajemen endorsement yang berperan sebagai penghubung antara perusahaan dengan creator-creator terpilih. Artinya creator yang sudah memenuhi syarat bisa menerima sponsor sebanyak mungkin!

Affiliate Marketing

Terakhir, kamu bisa coba menjadi Affiliate Marketing atau afiliasi pemasaran. Tips mendapatkan uang dari Tiktok ini lumayan populer lho, karena creator bisa mendapatkan persentase dari penjualan. Adapun komisi yang didapat creator berkisar antara 2-10% per barang.

Untuk mendapatkan komisi, creator harus membuat akun Tiktok Shop terlebih dulu sebagai media berjualan produk. Saat ini ada banyak brand terkemuka yang membuka kesempatan creator untuk bergabung program afiliasi.

Selanjutnya, creator tinggal membuat konten “keranjang kuning” yang membujuk orang membeli produk tersebut.

Sepintas program afiliasi hampir sama dengan sponsorship, karena keduanya mengharuskan creator menampilkan produk di dalam konten. Namun tentu saja berbeda dari pembayarannya.

Sponsorship biasanya hanya membayar creator satu kali atau sesuai perjanjian. Sedangkan lewat afiliasi, creator akan terus mendapatkan komisi selama penjualan produk berlangsung.

Itulah beberapa tips mendapatkan uang dari Tiktok. Sebagai pengguna smartphone, tidak cukup rasanya jika hanya sekedar menonton video. Kalau bisa menambah penghasilan dengan mengasah keahlian, kenapa tidak mulai dari sekarang? (R7/HR-Online/Editor-Ndu)