Kamis, Desember 1, 2022
BerandaBerita TerbaruToyota Sienta TNGA Siap Meluncur dengan Platform Baru yang Lebih Luas!

Toyota Sienta TNGA Siap Meluncur dengan Platform Baru yang Lebih Luas!

Toyota Sienta TNGA merupakan bentuk penyegaran baru dari kendaraan roda empat tersebut. Mobil ini akan mendapatkan perubahan yang signifikan daripada generasi sebelumnya.

Salah satu perubahan yang paling banyak mencuri perhatian adalah penggunaan platform baru Toyota New Global Architecture atau TNGA pada Sienta baru.

Platform mobil tersebut akan memiliki kode “GA-B” dan Toyota klaim mampu meningkatkan keamanan secara keseluruhan.

Baca Juga: Toyota HyRyder 2022 Akan Gunakan Mesin Hybrid, Ini Dia Bocorannya!

Toyota Sienta TNGA Membawa Desain Baru

Sejak perilisannya pertama kali pada tahun 2003, Toyota Sienta berhasil menarik perhatian masyarakat karena berbagai keunggulan yang mobil ini miliki.

Hingga saat ini Toyota Sienta pun masih aktif dan memiliki banyak peminat. Di tahun 2022 ini, Toyota Sienta kabarnya akan mendapat pembaruan.

Rumor ini sebenarnya sudah berkembang sejak tahun 2021 lalu di antara para penggemar otomotif. Sienta generasi terbaru ini akan memiliki perubahan mencolok dari segi platformnya yang menggunakan TNGA-B, sama seperti yang ada pada Toyota Yaris XP210.

Dengan perubahan pada platform, maka mobil akan memiliki wheelbase yang lebih panjang sekitar 20 mm dengan rigiditas bodi yang juga lebih baik.

Alhasil, mobil akan memberikan ruang kabin yang lebih luas dan juga handling yang yang lebih impresif.

Karena lebih panjang 20 mm, maka dimensi Sienta terbaru ini akan memiliki panjang 4.300 mm, lebar 1.695 mm, serta tinggai 1.670 mm.

Selain itu, Toyota Sienta terbaru juga akan membawa desain baru. Berdasarkan render yang tersebar, mobil keluarga ini akan meninggalkan bentuk khasnya, yakni tarikan garis hitam pada bagian belakang dan depan.

Model terbaru akan tampil lebih konvensional dengan beberapa garis unik di bagian sisi samping. Atap Sienta terbaru juga tampil lebih landai khas sebuah Coupe.

Baca Juga: Toyota Vios 2022 Akan Hadir di Kuartal Ketiga Tahun Ini, Ada 6 Warna!

Interior Mobil

Dari segi interiornya tentu saja Toyota Sienta terbaru ini juga mendapatkan pembaruan. MVP ini akan hadir dengan opsi 5 penumpang dan 7 penumpang.

Kehadiran platform TNGA-B dengan wheelbase yang memanjang membuat kabin dari Toyota Sienta menjadi lebih lapang dan luas.

Untuk fiturnya sendiri, Toyota Sienta TNGA mendapatkan pembaruan dari kehadiran Toyota Safety Sense (TTS) yang mencakup Blind Spot Monitor (BSM) dan juga Collision Mitigation Braking System (CMBS).

Fitur CMBS sanggup mendeteksi pejalan kaki dan juga pengguna jalan lain, sehingga mobil dapat mengerem secara otomatis ketika dalam kondisi bahaya.

Sedangkan fitur BSM berguna untuk memperingati pengemudi jika ada kendaraan di belakang yang hendak mengganti jalur.

Baca Juga: Toyota New C-HR Tampil dengan Fitur Keamanan dan Desain Terbaru!

Toyota Sienta di Indonesia

Seluruh Toyota Sienta terbaru mengusung mesin milik Yaris di Jepang berupa 1.500 cc tiga silinder naturally aspirated atau dengan tambahan kehadiran hybrid lengkap bersama sistem penggerak roda empat (AWD)

Dengan mesin yang lebih kompak dan sasis baru, maka Sienta terbaru dapat memangkas berat hingga 100 kg.

Hingga kini belum ada informasi mengenai perubahan di sektor transmisi. Lebih dari itu, Toyota Sienta TNGA kemungkinan akan hadir pada Agustus 2022 mendatang. (R10/HR-Online)