Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaBerita TerbaruTumbuhan Kingdom Plantae, Ini Jenis-Jenisnya yang Perlu Diketahui

Tumbuhan Kingdom Plantae, Ini Jenis-Jenisnya yang Perlu Diketahui

Tumbuhan Kingdom Plantae merupakan organisme eukariotik multiseluler dengan klorofil maupun dinding sel. Sebagaimana kita ketahui klorofil ini merupakan zat hijau daun untuk proses fotosintesis. Sehingga tumbuhan dapat membuat makanan sendiri. 

Pada dasarnya makhluk hidup terdiri dari berbagai jenis baik ukuran, struktur tubuh, hingga cara hidup masing-masing yang berbeda. Umumnya hal ini diklasifikasikan dalam lima kingdom, yaitu Kingdom Monera, Protista, Animalia, Fungi,  dan Kingdom Plantae. 

Baca Juga: Ciri Kingdom Fungi Dari Cara Reproduksi Hingga Perannya di Kehidupan

Mengetahui Jenis Tumbuhan Kingdom Plantae Dalam Ilmu Biologi

Terdapat dua kelompok Kingdom Plantae. Terdiri dari tumbuhan berspora dan tumbuhan berbiji. Pada tumbuhan yang biji ada dua macam yakni Gymnospermae atau biji terbuka dan Angiospermae atau tertutup. Sedangkan Tumbuhan berspora seperti Pteridophyta atau tumbuhan paku dan Bryophyta atau lumut. 

Pteridophyta (Tumbuhan Paku)

Jenis ini merupakan tanaman berpembuluh tanpa biji atau istilahnya tanaman vaskular . Tanaman jenis paku mempunyai pembuluh yaitu xilem dan floem. Tanaman paku ini  ditemukan pada tempat yang sejuk dan basah. Namun sebagian juga dapat hidup di tanah berpasir.

Dari bentuknya ada yang bercabang dan ada yang tidak. Sedangkan dari tingginya mencapai sekian sentimeter hingga tumbuh sampai 6 meter. Dari sisi akar jenis ini berserabut dan dibungkus oleh kaliptra atau tudung akar. Daun mudanya menggulung dan tidak menghasilkan bunga. Menariknya jenis ini akar Pteridophyta bisa tembus bebatuan dan tanah.

Baca Juga: Contoh Kingdom Plantae, Pengertian, Ciri-ciri, dan Klasifikasi Lengkap

Angiospermae (Biji Tertutup)

Kemudian selanjutnya adalah Angiospermae (Biji Tertutup). Jenis ini memiliki ciri-ciri yang khas dari bunganya. Angiospermae merupakan tumbuhan Kingdom Plantae yang dapat  mengembangkan bunga dari serbuk sari dan ovula. 

Dari sisi ukuran tanamannya pun beragam. Baik dari yang berukuran 0,5 mm (Wolffia) hingga berukuran 100 m (eukaliptus).Tentu berbeda dengan Gymnospermae, karena biji pada Angiospermae tertutup dalam buah.

Sedangkan daun pada Angiospermae bertulang daun, pipih dan Lebar. Apalagi penyerbukan maupun pembuahannya terjadi dalam waktu yang relatif singkat saja. Dari sisi reproduksi, Angiospermae melakukannya dengan dua cara yaitu generatif dan vegetatif. 

Bryophyta (Lumut)

Selanjutnya adalah Bryophyta. Anggota Kingdom Plantae yang tidak berpembuluh. Hanya saja ia memiliki batang juga daun yang bisa Anda amati.

Dari segi akar, jenis ini akarnya masih berupa rizoid. Jika dari tingginya  tumbuhan lumut hanya sekitar 1-2 cm. Anda bisa menemukannya lumut di tempat yang lembab atau basah.

Baca Juga: Contoh Kingdom Protista dan Ciri-Cirinya Berdasarkan Klasifikasi

Gymnospermae (Biji Terbuka)

Kelompok Plantae tumbuhan berbiji adalah Gymnospermae atau tumbuhan biji terbuka. Tumbuhan Gymnospermae memiliki biji (ovula) yang tidak dibungkus daging buah (dinding ovarium). 

Gymnospermae berupa semak belukar atau pohon tinggi. Selain itu tumbuhan biji terbuka umumnya memiliki daun yang berbentuk jarum. Namun tidak memiliki bunga sesungguhnya. Tumbuhan Kingdom Plantae tersebut membuat beragam pula jenis tumbuhan yang ada. (R10/HR-Online)