Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaBerita TerbaruTVS iQube 2022 Jadi Motor Listrik Terbaru di Indonesia, Bawa Fitur Keren!

TVS iQube 2022 Jadi Motor Listrik Terbaru di Indonesia, Bawa Fitur Keren!

TVS iQube 2022 merupakan sebuah kendaraan roda dua yang ramah lingkungan karena menggunakan listrik sebagai bahan bakarnya.

Motor ini sebelumnya sudah terlihat mejeng di ajang Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2022 yang berlangsung di JIEXPO Kemayoran.

Secara tampilan, motor listrik satu ini tampaknya mengadopsi gaya skutik kebanyakan. Kesan mungil dan padat dengan desain bodi membulat yang khas terlihat di motor ini.

Baca Juga: TVS Ntorq 125 Edisi Spider-Man Meluncur, Skuter Matik Harga Ramah

Peluncuran TVS iQube 2022 di Indonesia

Pamor motor listrik saat ini memang semakin meningkat. Salah satu motor listrik yang baru hadir di Indonesia adalah TVS iQube.

Motor listrik satu ini terlihat tampil di ajang Pekan Raya Jakarta 2022 lalu. Tampilan dari motor ini terlihat sama seperti skutik lainnya.

TVS iQube membawa kesan mungil dan padat dengan bodi yang terlihat membulat. Melihat dari bagian depannya, motor ini sudah memiliki full LED dengan desain horizontal yang memanjang dan minimalis, tetapi tampak unik.

Panel meter pada motor listrik ini sudah mengusung konsep full digital yang membuatnya tampak sangat modern.

Bodi TVS iQube tampak cukup profesional dengan ukuran roda ban depan dan juga belakang yang terlihat sama. Meski begitu, kaki-kaki motor terlihat kekar dengan ban yang cukup lebar.

Baca Juga: TVS XL100 Comfort i-Touchstart, Motor Bebek Berdesain Unik

Spesifikasi Motor

Berbicara mengenai spesifikasinya, TVS iQube menggunakan motor penggerak model hub yang juga akan berfungsi sebagai tromol pada roda belakang, dengan tenaga 5.0 hp dan torsi mencapai 140 Nm.

TVS iQube menggunakan baterai tipe Li-ion yang berkapasitas 3,40 kWh dan 4,56 kWh. Besar dari baterai yang motor bawa tergantung dengan tipe motornya.

Untuk mengisi ulang daya baterai, TVS iQube 2022 menggunakan metode pengecasan melalui kabel karena baterainya bukan termasuk model swap dan tertanam di dalam motor.

Soal akselerasi tidak perlu Anda khawatirkan. TVS iQube mampu menempuh waktu 4,2 detik untuk menjangkau kecepatan 0-40 km/jam.

Sedangkan mengenai top speednya, TVS mengklaim bahwa motor listrik mereka ini mampu mencapai 78 km/jam dan bisa berkendara sejauh 75 m.

Jika mengisi baterai dari listrik rumahan, maka waktu yang diperlukan agar terisi penuh adalah sekitar 4 jam. Akan tetap ada juga fast charging yang akan membuat waktu pengisian hanya menjadi 2,5 jam.

Tidak hanya performanya saja, motor ini juga memiliki fitur canggih berupa sistem koneksi Smart connect. Kemudian ada juga sistem touchscreen pada speedometer pada varian ST.

Baca Juga: TVS XL 100, Hadir dengan Menganut Mesin 4-tak 99,6 cc

Harga TVS iQube di Indonesia

Di India, motor listrik ini tersedia dalam tiga pilihan tipe yaitu TVS iQube standar, S, dan ST. Perbedaan ketiganya terdapat di warna, spek baterai, dan juga jarak tempuh.

Adapun varian paling tinggi adalah TVS iQube ST dengan kapasitas baterai paling besar dan speedometer layar sentuh.

Tentunya masing-masing tipe TVS iQube 2022 juga akan berbeda terkait harganya, yakni mulai dari Rp 18 jutaan hingga Rp 20,4 jutaan. (R10/HR-Online)