Sabtu, Januari 28, 2023
BerandaBerita CiamisWabup Ciamis Lepas Ribuan Mahasiswa KKN Universitas Galuh

Wabup Ciamis Lepas Ribuan Mahasiswa KKN Universitas Galuh

Berita Ciamis (harapanrakyat.com) – Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra melepas ribuan peserta KKN (Kuliah Kerja Nyata) Periode II tahun 2022/2023 Universitas Galuh (Unigal) Ciamis, Selasa (26/7/2022) di Halaman Pendopo Bupati Ciamis.

“Saya mewakili Pemkab Ciamis mengucapkan terimakasih kepada Universitas Galuh Ciamis yang telah menempatkan mahasiswa untuk melaksanakan KKN-PPM di Kabupaten Ciamis,” ujar Wabup Ciamis, Yana D. Putra.

Menurutnya, dengan adanya KKN Universitas Galuh ini, dapat membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat sejalan dengan visi misi Kabupaten Ciamis.

“Peran Universitas Galuh sangatlah strategis sebagai edukator, katalisator, fasilitator dan developer demi mengatasi permasalahan di Desa yang cukup komplek, sesuai dengan karakteristik tiap Desa itu sendiri,” tuturnya.\

Baca juga: UPTD Puskesmas Ciamis Akan Pindah, Ini Lokasinya

Yana berharap, dengan hadirnya mahasiswa peserta KKN Universitas Galuh Ciamis bisa membantu masyarakat itu sendiri di Desa yang menjadi tempat KKN. Paling tidak, mahasiswa dengan keilmuannya bisa memberikan solusi dari permasalahan yang timbul di masyarakat.

“Dengan KKN ini paling tidak simbiosis mutualisme ada hubungan yang saling menguntungkan,” harapnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Galuh Ciamis, Dr. Dadi, M.Si mengatakan, KKN periode II ini Universitas Galuh Ciamis memberangkatkan 1.248 mahasiswa ke 5 kecamatan, 48 Desa di Kabupaten Ciamis.

“Sasarannya yang paling utama adalah pemulihan dampak sosial ekonomi dari pandemi Covid-19. Jadi keberadaan mereka diharapkan mampu mendorong percepatan pemulihan itu, sehingga terjadi normalisasi kehidupan ekonomi, sosial di masyarakat,” katanya.

Menurutnya, ada 4 item yang menjadi sasaran dalam KKN ini juga yaitu, penguatan pangan, revitalisasi Bumdes, membangkitkan digitalisasi ekonomi masyarakat Desa serta mengupayakan terjadinya padat karya, itulah sasaran utamanya.

“Dipilihnya 5 kecamatan itu, sebagai salah satu tindak lanjut dari KKN Universitas Galuh periode I yang pertama tadi, satu bulan penuh dari tanggal 26 Juli sampai 26 Agustus 2022 kegiatan ini,” pungkasnya. (Ferry/R8/HR Online/Editor Jujang)