Senin, September 26, 2022
BerandaBerita TerbaruWaktu Doa Mustajab di Hari Jumat Manfaatkan dan Jangan Lewatkan

Waktu Doa Mustajab di Hari Jumat Manfaatkan dan Jangan Lewatkan

Waktu doa mustajab di hari Jumat menjadi salah satu waktu yang bisa kita manfaatkan. Berbicara tentang hari Jumat, mungkin sudah menjadi suatu hal yang tidak asing lagi.

Dalam agama Islam sendiri tersebut sebagai salah satu hari raya besar. Tak hanya itu saja, tetapi pada hari tersebut juga menjadi satu hari yang terdapat banyak keistimewaan juga keutamaan.

Pada hari itu juga terdapat banyak amalan sunnah yang bisa kita lakukan. Meskipun sunnah tapi pahalanya sangatlah besar.

Perlu Anda ketahui bahwa salah satu keistimewaan hari Jumat yakni waktu paling mustajab yang bisa kita manfaatkan untuk memperbanyak berdoa kepada Allah SWT.

Sudah pernahkah Anda mendengar hal tersebut? Mungkin Anda sudah pernah memanfaatkan waktu tersebut untuk benar-benar berdoa kepada Allah dengan niat yang ikhlas dan hanya mengharap ridho dari Allah?

Hal penting yang harus Anda ketahui mengenai waktu mustajab ini adalah ternyata banyak dari umat muslim yang masih menyepelekannya. Menganggap bahwa semua waktu itu sama saja.

Mereka juga masih belum begitu percaya bahwa doa yang pernah kita panjatkan kepada Allah itu tidak akan pernah tertolak. Ketika mendapati hal tersebut, banyak dari umat muslim juga yang bertanya, tetapi kenapa Allah belum mengabulkan doa-doa kita?

Perlu menjadi pengingat ataupun hal yang harus digaris bawahi, Allah itu akan memberikan apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan.

Tak hanya itu saja, Allah akan mengabulkan semua doa-doa kita pada waktu yang tepat bukan yang cepat.

Baca juga: Amalan Sebelum Sholat Jumat, Lakukan untuk Dapatkan Banyak Pahala

Waktu Doa Mustajab di Hari Jumat, Kapan?

Dalam berdoa kita juga tidak boleh terburu-buru. Itulah hakikatnya doa, Allah akan mengabulkan pada waktu yang tepat, tetapi harapannya juga setelah Allah mengabulkan kita tidak lalai untuk kembali berdoa kepadaNya.

Karena banyak manusia yang akan beribadah kepada Tuhannya ketika ia mendapatkan ujian atau musibah saja. Lantas ia akan lupa ketika mendapatkan kenikmatan ataupun kebahagiaan. Sungguh naudzubillahimindzalik.

Ada banyak hal yang harus kita lakukan ketika berdoa. Sebab dalam berdoa juga terdapat adab.

Kita tidak boleh seenaknya sendiri meminta kepada Allah yang sudah menciptakan segala hal yang ada langit dan bumi ini.

Ibaratnya, saat kita ingin menemui tamu sudah pasti kita akan menggunakan pakaian yang bagus, menyajikan hidangan yang terbaik, dan yang lainnya. Dengan tujuan apa? Salah satu tujuannya adalah agar tamu tersebut merasa nyaman.

Sama seperti halnya dengan kita yang akan berdoa kepada Allah SWT. Kita harus memperhatikan adabnya.

Berdoa yang baik itu harus bagaimana, urutannya seperti apa? Salah satu hal yang paling penting dan harus kita lakukan atau ketahui ketika berdoa adalah kapan waktu doa itu mustajab?

Dalam ajaran Islam sendiri waktu yang mustajab bisa kita manfaatkan untuk berdoa itu terdapat banyak waktu. Salah satunya adalah waktu doa mustajab di hari Jumat, antara adzan dan iqomah, dan juga ketika hujan.

Baca juga: Bacaan Shalawat di Hari Jumat, Keutamaannya Sungguh Luar Biasa

Kapan Waktu Terbaik Tersebut

Dalam hadits riwayat Abu Dawud yang artinya adalah pada hari Jumat itu ada 12 jam ketika siang hari.

Sedangkan pada waktu tersebut terdapat waktu yang seorang hamba muslim itu memohon sesuatu kepada Allah melainkan Allah akan mengabulkan permintaannya tersebut. Oleh sebab itu, carilah waktu tersebut pada akhir waktu yakni setelah ashar.

Dalam hal ini juga, Ibnul Qayyim mengatakan bahwa waktu akhir Ashar merupakan waktu yang Allah agungkan. Bagaimana maksudnya? Manfaatkan waktu setelah ashar tersebut untuk lebih dekat dengan Allah.

Syekh Muhammad Sholeh Al Munajjid Hafizahullah mengatakan, barang siapa yang ingin doanya terkabul pada hari Jumat, setelah ashar hendaknya ia tetap tinggal dalam masjid. Tidak keluar dari masjid dan berdoa sampai menjelang magrib.

Ketika Sholat Jumat

Ternyata waktu doa mustajab di hari Jumat itu bukan hanya setelah ba’da Ashar saja. Melainkan juga sejak sholat Jumat dimulai sampai dengan selesai. S

ungguh pada hari Jumat itu terdapat waktu yang mana ketika seorang hamba memohon kepada Allah, Allah akan mengabulkannya. Kapan waktu tersebut? Kemudian Rasulullah SAW menjawab, sejak sholat Jumat ditegakkan sampai dengan selesai.

Seringkali kita mendapati banyak saudara muslim kita yang tidur ataupun ketiduran ketika mendengarkan khutbah. Padahal dalam khutbah tersebut nantinya khotib akan mewasiatkan ketakwaan dan yang lainnya.

Lantas ketika jamaah yang mendengarkan justru malah ketiduran, apakah wasiat tersebut akan sampai? Untuk itu, manfaatkan waktu terbaik ini untuk terus berdoa kepada Allah.

Niatkan semua kepada Allah, supaya Allah mengabulkan apa yang menjadi permintaan kita.

Baca juga: Syarat Sah Salat Jumat yang Wajib Diketahui, Begini Penjelasannya

Matahari Terbit

Tidak hanya itu saja, tetapi waktu doa mustajab di hari Jumat juga sejak matahari terbit. Dalam hadits riwayat Tirmidzi menjelaskan bahwa sebaik-baik hari setelah terbitnya matahari adalah ketika hari Jumat.

Sebab pada hari itu Adam tercipta dan pada hari itu juga ia masuk ke dalam surga, pada hari Jumat juga Adam keluar dari Surga dan tidaklah seorang muslim itu yang melaksanakan sholat kemudian memohon kepada Allah pada waktu tersebut. Sungguh Allah akan mengijabahinya.

Sudah sangat jelas bukan? Bukan hanya bisa melakukan banyak amalan sunnah sebelum melaksanakan ibadah salat Jumat.

Tetapi terdapat keistimewaan lain yakni waktu doa mustajab di hari Jumat. Sebagai umat muslim yang tentunya mempunyai banyak keinginan, maka manfaatkan waktu terbaik tersebut. (Muhafid/R6/HR-Online)