Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita TerbaruYamaha Cygnus Gryphus 2022 Dirilis, Desainnya Curi Perhatian!

Yamaha Cygnus Gryphus 2022 Dirilis, Desainnya Curi Perhatian!

Yamaha Cygnus Gryphus 2022 menjadi skutik bergaya sporty terbaru dari Yamaha. Motor ini akan menggunakan mesin bertenaga 125 cc.

Belum lama ini Yamaha Jepang baru saja melakukan perilisan skutik matic anyar yang memiliki tampilan sporty dan agresif. Julukannya pun tidak kalah sangar, yakni Cygnus Gryphus 125.

Skutik ini hadir sebagai pendamping model Yamaha Cygnus-X yang sudah rilis lebih dulu serta menjadi pengembangan ke-6 dari seri Cygnus di Jepang.

Baca Juga: Yamaha Cygnus X 2022 Rilis di Jepang, Jadi Saudara Yamaha FreeGo!

Hadir di Jepang, Yamaha Cygnus Gryphus 2022 Tampak Sangar

Skutik matic memang masih menjadi pilihan banyak orang. Yamaha Jepang lagi-lagi merilis skutik matic mereka yang merupakan bagian dari seri Cygnus.

Cygnus Gryphus ini menjadi pendamping dari Cygnus-X tetapi memiliki perbedaan cukup mencolok dari segi tampilan hingga spek mesinnya.

Menariknya, jika Cygnus Gryphus hadir di Indonesia, maka skutik ini akan cocok menjadi lawan dari Honda Vario 125.

Jika melihat dari tampilannya, Yamaha Cygnus Gryphus ini membawa desain sangar. Kesan sporty sangat terlihat dari skutik matic satu ini.

Hal tersebut hadir dari penggunaan sudut tajam yang tegas pada bagian bodinya. Yamaha memberi julukan konsep ini dengan Advanced Total Performance Sport, nuansa agresif masuk di dalamnya.

Uniknya pada desain dan sudut lampu utama, kemudian bentuk velg palang serta sektor pendingin radiatornya. Cygnus Gryphus ini terlihat seperti Yamaha Aerox 155 VVA versi awal.

Baca Juga: New Yamaha Aerox 160 Penuh Desain Baru, Saingan Honda Vario 160?

Kaki-Kaki Motor Membawa Kesan Imut

Meski kesan agresif sangat terasa, tetapi sektor kaki-kaki yang mereka miliki membuat kesan imut semakin kental.

Kaki-kaki dari Yamaha Cygnus Gryphus 2022 berukuran mini. Velg yang mereka bawa pada bagian depan dan belakang hanya berukuran 12 inci.

Komponen velg tersebut berlapis serta ukuran 120/70-12 di bagian depan dan 130./70-12 pada bagian belakangnya. Selain itu, suspensi depan dan belakang Cygnus Gryphus memadukan model teleskopik dengan suspensi ganda.

Mesin yang Mirip Seperti Yamaha Lexi 125 2022

Beralih ke sektor mesin, Cygnus Gryphus ini Yamaha bekali dengan tipe Blue Core. Mesin ini mirip dengan yang ada pada Yamaha Lexi 125 di Indonesia.

Volume dari mesin tersebut adalah 124 cc 4-tak, menggunakan sistem katup variabel Variable Valve Actuation dan juga pendingin cair.

Ukuran bore x stroke Cygnus Gryphus juga persis seperti yang ada di Yamaha Lexi 125, yaitu 52,0 mm x 58,7 mm.

Yamaha mengklaim tenaga dari skutik matic satu ini mencapai 12 PS pada 8.000 rpm dan torsi 9.8 Nm di 6.000 rpm. Lagi-lagi hal ini membuat Yamaha Cygnus Gryphus cocok untuk menjadi saingan Honda Vario 125 di Indonesia.

Baca Juga: Yamaha Force X 2022 Segera Hadir, Jadi Rival Skutik Adventure

Harga Jual

Motor ini memang cukup menarik dengan fitur speedometer digital LCD dan soket USB charger seperti yang ada pada banyak skutik masa kini lainnya.

Namun, Yamaha Cygnus Gryphus 2022 kurang cocok dijual di Indonesia karena harganya yang tembus hingga RP 44 jutaan, lebih mahal dari Yamaha Nmax 2022 yang hanya sekitar Rp 30 jutaan. (R10/HR-Online)