Minggu, Oktober 2, 2022
BerandaBerita Ciamis112 Rumah Warga di Lakbok Ciamis Terendam Banjir

112 Rumah Warga di Lakbok Ciamis Terendam Banjir

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Diguyur hujan lebat sejak dinihari, 112 rumah warga di Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terendam banjir, Rabu (10/08/2022).

Sebanyak 112 rumah warga yang terendam banjir itu berada di Dusun Cibodas dan Dusun Citamiang, Desa Cintaratu, Kecamatan Lakbok.

Meski bencana banjir itu berlangsung tidak lama, namun kejadian tersebut membuat panik warga. Terutama bagi mereka yang rumahnya terendam air.

Kasi Trantib Kecamatan Lakbok, Dede Sunari mengatakan, rumah warga yang terendam banjir tepatnya berada di RT 16, RW 02, dan RT 07, RW 02 Dusun Citamiang.

“Kejadian ini akibat hujan lebat sejak pukul 02:00 WIB tadi malam. Karena saluran drainase banyak yang tidak berfungsi, sehingga air mengendap dan meluap hingga masuk ke dalam rumah warga,” terang Dede kepada HR Online, Rabu (10/08/2022).

Baca Juga : Pasca Banjir, Warga Cipaku Ciamis Gotong Royong Bersihkan Lumpur

Ia menyebutkan, dari hasil laporan yang pihaknya terima, sedikitnya ada 112 rumah warga yang terendam banjir pada Rabu pagi tadi.

“Di Dusun Cibodas sebanyak 56 KK dan Dusun Citamiang 56 KK. Rumah warga ini tergenang air dengan ketinggian 10 sampai 40 centimeter,” katanya.

Lanjut Dede, adapun sebanyak 336 jiwa pada pagi hari tadi sempat mengungsi ketempat yang lebih aman. Seperti mushola, Posyandu serta bahu jalan desa.

Ia menjelaskan, tingginya curah hujan membuat saluran drainase tidak mampu menampung air hujan. Hal itu akibat adanya penyempitan saluran air dan dua sipon di bawah irigasi induk BBWS wilayah Desa Cintaratu.

“Satu Sipon tersumbat oleh material lumpur yang mengakibatkan air meluap ke jalan dan masuk ke pemukiman warga. Alhamdulillah, saat ini banjir sudah mulai surut dan tidak menimbulkan korban jiwa,” pungkas Dede. (Suherman/R3/HR-Online/Editor-Eva)