Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaBerita Pangandaran150 Orang ASN di Pangandaran Ikuti Asesmen Kompetensi

150 Orang ASN di Pangandaran Ikuti Asesmen Kompetensi

Berita Pangandaran (Harapanrakyat.com),- Sebanyak 150 ASN di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, mengikuti asesmen kompetensi. Kegiatan tersebut untuk mengetahui potensi dari setiap ASN. Digelar di SMKN 1 Pangandaran selama 2 hari.

Kepala bidang Mutasi Pengembangan Karir dan Penilaian Kinerja BKPSDM Kabupaten Pangandaran Andriawan mengatakan asesmen ini untuk golongan III atau eselon 3a. Tak hanya Pangandaran, asesmen ini juga serentak di 27 kota/kabupaten Jawa Barat.

“Sasarannya yakni pada manajemen talenta dan mengetahui sejauh mana kompetensi potensi para ASN untuk penilaian KASN,” kata Andriawan, Rabu (3/8/2022).

Andriawan menjelaskan asesmen kompetensi ASN ini terbagi dalam 2 sesi. Pagi dari pukul 07.30-12.00 WIB dan siang pukul 13.00-16.00 WIB. Peserta dari seluruh SKPD dengan masing-masing 5-10 orang.

“Sekarang giliran Kabupaten Pangandaran, pelaksanannya selama 2 hari,” ungkapnya.

Baca Juga: BKPSDM Pangandaran Tegaskan ASN Terlibat Kasus Korupsi Langsung Dipecat

Andriawan pun menyebut pada bulan Agustus ini perencanaan dalam sistem Merit ada penilaian mandiri. Artinya setiap ASN harus mampu membuat jadwal kerja sendiri setiap harinya. Mencatat setiap kegiatan dengan pencapaian skor maksimal 325.

“Rencananya bulan September nanti penilaian dan pendampingan dari KASN. Bulan Oktober launching sistem Merit,” ungkap Andriawan.

Menurut Andriawan, asesmen kompetensi ASN ini sangar membantu Pemda Pangandaran untuk mengetahui potensi setiap pegawai.

“Harapannya mudah-mudahan pemetaan terhadap pegawai ASN Pemda Pangandaran bisa terpetakan berdasarkan potensi keahliannya. Dapat mengetahui seberapa jauh kompetensi ASN tersebut,” pungkas Andriawan. (Madlani/R9/HR-Online/Editor-Dadang)