Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita CiamisKeren! Abon Rajawali Ciamis Juara di UKM Pangan Award 2022

Keren! Abon Rajawali Ciamis Juara di UKM Pangan Award 2022

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Abon Sapi Rajawali Ciamis terpilih menjadi salah satu yang menang pada UKM Pangan Award tahun 2022. Adapun penyelenggara ajang tersebut adalah Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI. 

Abon produk khas Kabupaten Ciamis, Jawa Barat ini, terpilih sebagai pemenang untuk kategori Produk makanan kemasan atau siap saji. 

“Alhamdulilah, ini kebanggaan buat Tatar Galuh Ciamis. Pasalnya UMKM asli Ciamis yakni Abon Rajawali ini dinobatkan sebagai pemenangnya,” kata Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan atau DKUKMP Ciamis, Asep Khalid Fajari, Rabu (10/8/2022).

Asep menjelaskan, kegiatan tersebut adalah even yang biasa Kemendag gelar. Adapun kegiatan tersebut, bertujuan untuk memberikan apresiasi dan penghargaan kepada UKM yang telah membuat inovasi produk unggulannya.

Sementara untuk penilaian UKM Pangan Award 2022 ini ada 2 tahap. Tahap pertama administratif terhadap kelengkapan dokumen peserta. Kemudian tahap kedua penilaian sampel produk yang peserta kirim.

“Jadi berdasarkan penetapan pemenang pada UKM Pangan Award, Abon Rajawali menjadi pemenang. Sedangkan untuk penyerahan award akan dilaksanakan nanti,” jelasnya. 

Pengusaha Abon Rajawali Ciamis tidak Menyangka Juara UKM Pangan Award 2022

Sementara itu, pengusaha Abon Rajawali, Novi Mustika Dewi, mengaku tidak menyangka produknya menjadi pemenang pada ajang tersebut.

“Kami tidak berekspektasi menang saat mengikuti ajang ini,” ucapnya saat ditemui HR Online di Jalan Ranca Petir, Kecamatan Ciamis, Rabu (10/8/2022).

Baca Juga: Tingkatkan Daya Saing UMKM, Ini yang Dilakukan DKUKMP Ciamis

Bahkan menurutnya, saat mengisi persyaratannya untuk mengikuti ajang tersebut juga dengan seadanya.

“Tapi alhamdulillah saat itu Abon Rajawali Ciamis masuk nominasi 65 produk se Indonesia,” ucapnya. 

Setelah masuk nominasi 65 produk se Indonesia itu masih ada penilaian lagi. Namun ketika melihat skor, ia sempat pesimis.

Pasalnya, nilai peserta yang lain paling besar adalah 47. Sedangkan untuk Abon Rajawali Ciamis hanya 39,5.

“Jadi kalau diratakan semua itu, produk saya berada di skor ketiga paling bawah,” ujarnya.

Lanjutnya menambahkan, setelah penilaian administratif secara online, kemudian tahap selanjutnya adalah pengiriman sampel.

Untuk tahap ini, Novi mengirimkan abon sapi yang biasa, namun dengan kemasan yang bagus. “Saya kirim 6 pcs. Tiba-tiba ada kabar di grup, ternyata Abon Rajawali Ciamis masuk lagi ke tahap selanjutnya,” terangnya.

Novi menuturkan, sangat tidak menyangka terpilih sebagai pemenang UKM Pangan Award 2022. Padahal menurutnya, saingannya memiliki produk yang bagus-bagus. 

“Jadi pemenangnya itu ada 5 kategori. Sedangkan untuk Abon Rajawali ini kategori makanan kemasan atau siap saji,” tuturnya.

Lebih lanjut Novi mengatakan, untuk pendaftaran itu semuanya secara online. Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada DKUKMP Ciamis dan Bank Indonesia, yang telah membimbingnya hingga jadi pemenang. 

“Pengumuman pemenang itu pada tanggal 26 Juli 2022, untuk penyerahan UKM Pangan Award 2022 katanya nanti pada bulan Oktober,” kata pemilik Abon Rajawali Ciamis.

Dengan hasil tersebut, ia berharap bisa menjadikan pemicu agar lebih bersemangat lagi, serta dapat beradaptasi di era digitalisasi saat ini. (Ferry/R5/HR-Online/Editor-Adi)

Diskominfo Kota Banjar