Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaBerita BanjarAntisipasi Positif Covid-19, Ini yang Disiapkan Pemkot Banjar untuk Jemaah Haji

Antisipasi Positif Covid-19, Ini yang Disiapkan Pemkot Banjar untuk Jemaah Haji

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Antisipasi positif Covid-19, Pemerintah Kota Banjar, Jawa Barat, telah menyiapkan tempat isolasi terpusat jelang kepulangan 89 orang jemaah haji. 

Pemkot Banjar melakukan hal itu mengingat adanya pemeriksaan tes Antigen atau PCR terhadap para jemaah haji yang tiba di Embarkasi Bekasi.

Wakil Ketua Panitia Pemberangkatan dan Pemulangan Jamaah Haji Kota Banjar, H. Kaswad mengatakan, tempat isolasi itu sebagai antisipasi positif Covid-19 dari hasil tes Antigen dan PCR terhadap para jamaah haji.

“Untuk pemeriksaan Covid-19 itu nanti setelah jamaah haji tiba di Embarkasi. Tapi dari petugas kesehatan kita juga akan membantu pemeriksaan di sana. Kalau ada yang positif akan pisahkan dan kita persiapkan untuk isolasi. Tempat isolasi di RS Asih Husada,” terangnya, Selasa (02/08/2022).

Baca Juga : Tempat Karantina Pemudik Lolos Penyekatan Disiapkan Pemkot Banjar

Menurutnya, berdasarkan keputusan hasil rapat koordinasi bersama beberapa pihak terkait, tempat isolasi terpusat perlu untuk memfokuskan penanganan.

“Jadi kalau ada yang positif, nanti tidak isolasi mandiri. Karena khawatir jemaah haji yang baru datang dan sanak saudaranya langsung mengunjungi. Sehingga penyebarannya malah meluas,” kata Kaswad.

Ia juga menyebutkan, sebanyak 5 orang tenaga kesehatan akan membantu untuk melakukan pemeriksaan dan melayani kesehatan jemaah haji di Embarkasi Bekasi.

“Kalau nakes nanti pemberangkatan ke embarkasi kurang lebih ada lima orang untuk memberikan pelayanan kesehatan,” imbuhnya.

Sampai saat ini pihaknya mendapat laporan bahwa seluruh jemaah haji Kota Banjar yang tergabung dalam kloter 31 dalam keadaan sehat. Pihaknya pun berharap saat tiba nanti tidak ada yang positif Covid-19.

Rencananya, para jemaah haji itu akan tiba di Kota Banjar pada tanggal 7 Agustus 2022, sekitar pukul 03.00 WIB. Mereka akan diterima secara resmi di Gedung Dakwah Islam. (Sandi/R3/HR-Online/Editor-Eva)