Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi Arisan Mapan Apakah Cukup Aman? Cek Mekanismenya!

Aplikasi Arisan Mapan Apakah Cukup Aman? Cek Mekanismenya!

Aplikasi Arisan Mapan hadir sebagai solusi pemenuhan kebutuhan masyarakat yang cukup beragam. Layanan ini bermanfaat sebagai alat mengkonversikan arisan barang yang semula konvensional dari para ibu rumah tangga di Indonesia kedalam teknologi.

Dengan memanfaatkan aplikasi ini, mama, para ibu rumah tangga atau anggota keluarga yang lain bisa mencicil berbagai barang kebutuhan rumah secara gotong royong.

Sistem arisan Mapan tidak jauh berbeda dengan bentuk arisan pada umumnya. Para anggota pun dapat memilih produk yang mereka inginkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Baca Juga: Aplikasi Reseller Evermos untuk Jualan Online, Ini Kelebihannya!

Keunggulan Aplikasi Arisan Mapan

Aplikasi Mapan telah beroperasi sejak tahun 2015 lalu. Saat ini, aplikasi ini merupakan bagian dari Gojek Corporation karena adanya akuisisi oleh Gojek pada tahun 2017.

Salah satu layanan yang tersedia dalam aplikasi Mapan adalah arisan online Mapan. Dalam layanan ini menyediakan ratusan produk untuk kebutuhan keluarga. Barang-barang yang dapat tersedia dari program arisan ini meliputi empat kategori.

Empat kategori tersebut meliputi kebutuhan rumah tangga, kebutuhan keluarga dan anak, kebutuhan isi rumah, hingga kebutuhan untuk memulai usaha.

Baca Juga: Aplikasi Qalby App di Indonesia, Berikan Motivasi Muslim Milenial!

Mekanisme Arisan Mapan

Sistem arisan dalam aplikasi Mapan tidak jauh berbeda dengan arisan lainnya. Dalam arisan ini dapat diikuti anggota yang saling mengenal satu sama lain.

Masing-masing kelompok arisan minimal terdiri dari 5 orang dan tidak lebih dari 10 anggota yang terdiri dari ketua arisan dan anggota.

Saat menunjuk ketua arisan juga bebas tanpa ada syarat. Namun yang menjadi ketua arisan Mapan memiliki tanggung jawab dalam mengumpulkan seluruh uang arisan dari setiap anggota.

Baca Juga: Aplikasi Dropship Gratis dan Terpercaya, Dapatkan Untung Besar!

Melalui aplikasi Arisan Mapan, para anggota dapat mengajukan usulan barang yang mereka butuhkan. Melihat apa saja kategori yang ditawarkan, selanjutnya mengetahui harga cicilan jika kelompok beranggotakan 5 hingga 10 orang.

Inilah yang menjadi perbedaan antara Arisan Mapan dengan arisan lainnya yang ada di luar sana. Dengan penggunaan teknologi serta aplikasi akan membuat perencanaan kebutuhan lebih mudah.

Setelah uang arisan terkumpul, maka ketua menyerahkan uang tersebut kepada pihak Arisan Mapan, kemudian memberikan barang yang keluar setelah kocokan ke anggota yang menang. Setiap anggota dapat memilih produk sesuai yang mereka inginkan sesuai dengan kebutuhan yang terdapat di dalam katalog Mapan.

Bahkan untuk penentuan tanggal pengocokan arisan pun bisa mengadakan kesepakatan bersama sebelum disampaikan oleh tim Mapan melalui aplikasi.

Selanjutnya, melalui sistem algoritma yang terdapat dalam aplikasi Mapan akan menentukan siapa pemenang arisan dalam setiap bulannya. Pada saat penentuan kocokan tiba, maka anggota yang telah diumumkan pun dapat menerima barang yang telah mereka pilih melalui ketua arisan atau dari kurir Arisan Mapan secara langsung.

Sementara untuk pembayaran, ketua arisan bisa menyetorkan ke Arisan Mapan melalui cash on delivery, Indomaret, dan Go-pay. Aplikasi Arisan Mapan dapat Anda unduh melalui layanan Google Play Store bagi para pengguna Android saja. (R10/HR-Online)