Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaBerita BisnisArti Underweight Saham oleh Morgan Standley, Dialami GOTO

Arti Underweight Saham oleh Morgan Standley, Dialami GOTO

Arti underweight saham adalah kebalikan dari overweight. Sebagai investor Anda wajib tahu.

Mengingat saham mampu memberikan keuntungan tinggi, tentu banyak yang berminat untuk menjalankan investasinya.

Sama seperti keuntungannya yang besar, risiko yang saham berikan juga cukup besar. Semua bisa Anda perhatikan sebelum memilih jenis instrumen investasi.

Ada banyak istilah dalam dunia saham. Salah satunya yaitu underweight. Sebagai investor Anda perlu tahu apa arti underweight saham.

Baca Juga: Rekomendasi Saham Long Term yang Cocok untuk Investasi

Apa Arti Underweight Saham

Underweight adalah antonim atau kebalikan dari overweight saham. Istilah tersebut menunjukkan yang mana saham diprediksi akan mengalami penurunan daripada saham lainnya.

Saham-saham tersebut harus pada sektor yang sama. Hal ini menunjukkan jika saham diprediksi sedang mengalami penurunan.

Penurunan yang terjadi bahkan hingga di bawah rata-rata atau terlalu rendah.

Berbagai istilah memang perlu calon investor ketahui. Hal ini karena dalam dunia investasi termasuk saham Anda akan menemukan beberapa istilah.

Baik itu untuk analisa pasar saham maupun yang lainnya. Untuk saham underweight sendiri akan mengalami penurunan harga yang serius.

Berbeda dengan overweight, di mana kondisi saham yang mengalami kenaikan. Sayangnya rekomendasi underweight saham lebih rendah daripada rekomendasi strong buy.

Baca Juga: Saham Emiten Asuransi Naik, AHAP Menduduki Posisi Tertinggi

Saham GOTO Underweight

Saham GOTO atau Gojek Tokopedia menjadi salah satu saham yang sedang underweight. PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) artinya mengalami penurunan harga dagang di pasar modal.

Morgan Stanley yang merekomendasikan saham tersebut underweight. Hal ini terlihat pada perdagangan Jumat, 22 Juli 2022 kemarin. Harga saham ditutup pada level 308, naik pada level 8 poin.

Tampak mengalami kenaikan 2,67% daripada sehari sebelumnya. Perdagangan sepekan yang lalu harga saham GOTO mengalami penurunan hingga 14 poin atau setara dengan 4,35%.

Harga saham GOTO yang mengalami penurunan saat trend beberapa waktu terdekat.

Adapun rekomendasi saham GOTO yang underweight dan target Rp 230. Harga terakhir sebesar Rp 230 untuk arti dari underweight saham.

Valuasi harga saham tersebut cukup wajar. Sebab, memang saham GOTO layak menjadi lebih premium daripada jenis lainnya.

Potensi pertumbuhan saham tersebut pendapatannya dari tahun 2021-2024 lebih cepat sebesar 69% jika dibanding dengan yang lainnya sebesar 33%.

Valuasi saham GOTO cukup mahal. Selain itu, saham ini juga profitabilitasnya cukup rendah.

Dengan adanya kondisi ini, Anda bisa sarankan untuk membeli saham tersebut sesuai dengan artian underweight.

Baca Juga: Saham GoTo Tembus Rp 400 di Bawah Kepemimpinan yang Solid

Analisa Morgan Stanley

Sebenarnya menurut Morgan Stanley saham GOTO memiliki valuasi yang tinggi. Namun arti dari underweight bisa membantu investor dalam melakukan penjualan maupun pembelian saham.

Saat ini saham GOTO diperdagangkan pada Enterprise Value to Revenue 20 kali untuk tahun depan. Sehingga menunjukkan harga jauh lebih tinggi dari rekan kedua kalinya.

Bahkan Morgan Stanley juga beranggapan jika faktor risiko saham tersebut keluar dari pasar Vietnam dan Singapura.

Jika saham GOTO berani berkompetisi kemungkinan besar EBITDA. Semua tergantung pada titik impas, akan berkompetisi antar keduanya sesuai dengan arti underweight investasi saham. (R10/HR-Online)