Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita TerbaruBatas Waktu Sholat Subuh yang Benar dan Sesuai dengan Syariat Islam

Batas Waktu Sholat Subuh yang Benar dan Sesuai dengan Syariat Islam

Batas waktu sholat Subuh kira-kira sampai jam berapa? Apakah sampai sebelum datangnya waktu untuk sholat Dhuhur?

Ternyata masih banyak saudara muslim kita yang belum mengetahui sebenarnya sampai kapan batas waktu untuk mengerjakan sholat Subuh sebanyak 2 rakaat itu.

Baca juga: Sholat Subuh Kesiangan, Inilah yang Harus Dilakukan

Benar sekali, sholat Subuh merupakan salah satu sahoat fardhu yang hukumnya wajib. Karena wajib berarti jika kita meninggalkan amalan tersebut kita akan mendapatkan dosa.

Sholat juga menjadi tiangnya agama. Selain itu, sholat juga menjadi amalan pertama yang nantinya akan mendapat hisab.

Maka dengan demikian itu, seolah segala amal perbuatan itu juga tercermin pada bagaimana sholat kita. Sudah menjadi kewajiban bahwa sesibuk apapun kita harus tetap melaksanakan sholat. Sholatlah tepat pada waktunya.

Bisa dikatakan juga bahwa sholat Subuh itu merupakan ibadah fardhu yang waktunya relatif singkat. Sama seperti halnya dengan sholat magrib.

Biasanya sholat ini pengerjaannya mulai dari terbit fajar sampai tiba pada batas waktu yang sudah agama Islam ataupun Syariat tentukan.

Kapan Batas Waktu Sholat Subuh Itu?

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa sholat itu dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar.

Dalam Al Quran surat Al Isra ayat yang ke 78 juga memberikan perintah kepada hamba Allah guna melaksanakan sholat fardhu. Mulai sejak matahari tergelincir sampai pada malam hari kemudian melanjutkannya dengan sholat Subuh.

Baca juga: Amalan Setelah Sholat Subuh yang Biasa Rasulullah SAW Ajarkan

Arti dari Al Quran surat Al Isra ayat 78 tersebut adalah, “Laksanakanlah sholat yang dimulai sejak matahari tergelincir sampai pada gelapnya malam kemudian melaksanakan sholat Subuh pula. Sungguh sholat Subuh itu akan malaikat saksikan.

Apabila mengacu pada ayat tersebut seolah hanya sholat Subuh saja yang akan malaikat saksikan. Jadi, Jangan sampai kita melewatkan sholat tersebut.

Gerakan sholat tepat pada waktunya dan untuk kaum laki-laki usahakan untuk bisa ikut jamaah di masjid terdekat.

Sedangkan dalam Al Quran surat An Nisa ayat 103 yang artinya adalah, …Sungguh sholat merupakan kewajiban yang mana waktunya itu sudah ada ketentuannya atas orang-orang yang beriman.

Untuk itu, para muslim yang belum mengetahui bahwa sebenarnya sampai kapan sih batas waktu sholat Subuh menurut ajaran agama Islam itu? Jangan sampai keliru dan jangan sampai kesiangan pula.

Hadits Muslim

Hindari untuk menunda sholat agar kita nantinya bisa mendapatkan keutamaannya.

Berbicara tentang batas waktu sholat Subuh dalam hadits riwayat Muslim menjelaskan, Abdullah bin Umar radhiyallahu’anhu Rasulullah SAW telah bersabda, dan waktu sholat Subuh itu dari terbitnya fajar sampai sebelum terbitnya matahari.

Baca juga: Keutamaan Shalat Subuh yang Diungkap Rasulullah SAW Begitu Istimewa

Mengacu pada hadits tersebut, seorang muslim yang sholat Subuh sebelum masuk waktunya maka sholatnya juga tidak sah.

Begitu juga dengan mereka yang melaksanakan sholat Subuh setelah matahari terbit. Maka sholatnya juga tidaklah sah atau tidak diterima.

Dengan demikian itu, penting sekali kita memahami bahwa batas sholat Subuh yang tepat itu juga harus sesuai dengan anjuran. Agar nantinya amalan tersebut Allah terima serta kita juga akan mendapatkan keutamaannya.

Maka, mengenai batas waktu sholat Subuh itu sudah sangat jelas bukan? Apabila sebelumnya, kita tidak mengetahui batas waktu yang sesuai dengan syariat, kemudian kita pernah kesiangan.

Apakah Allah menerima sholat yang kita lakukan tersebut? Jika sebelumnya kita tidak mengetahui akan batasan waktu yang benar dan tepat serta sesuai dengan syariat maka, Insyaallah sholat tersebut masih Allah terima. Perbedaan lagi jika kita sudah mengetahui hukumnya.

Hukum Sholat Kesiangan

Mengenai bagaimana hukumnya jika sholat Subuh kita kesiangan? Mungkin tidak sedikit umat muslim yang mengalami akan hal ini.

Di samping itu juga hal tersebut sering menjadi perdebatan. Apakah kita tetap diperbolehkan untuk melaksanakan sholat wajib tersebut meskipun kesiangan?

Mengenai hal ini juga terdapat beberapa pendapat dari para ulama. Ada ulama yang mengatakan bahwa meskipun bangun yang terlambat namun wajib hukumnya untuk dia tetap melaksanakan sholat Subuh.

Baca juga: Salat Subuh di Bulan Ramadan, Didoakan oleh Nabi Muhammad SAW

Kendati demikian, hal ini juga hanya berlaku bagi mereka yang tidak sengaja bangun terlambat disebabkan alasan tertentu. Tidak sah hukumnya apabila mereka menyengaja untuk mengulur waktu sholat.

Setelah mengetahui batas waktu sholat Subuh tersebut, mari terus berusaha untuk menjadi pribadi yang tepat waktu dalam mengerjakan sholat fardhu. Akan lebih baik juga jika kita melengkapi sholat fardhu tersebut dengan menjalankan amalan salat sunnah lainnya. (R10/HR-Online)