Sabtu, Januari 28, 2023
BerandaBerita TerbaruBikin Game Android Tanpa Coding yang Simpel dan Praktis

Bikin Game Android Tanpa Coding yang Simpel dan Praktis

Bikin game Android tanpa coding penting untuk Anda ketahui, sebab dengan cara seperti ini maka Anda bisa membuat permainan sendiri. Jika dulunya untuk membuat aplikasi hanya bisa dilakukan oleh para ahli, namun kini sudah tidak lagi.

Karena sudah ada banyak orang yang mulai mencoba menciptakan karya mereka seperti membuat aplikasi game. Jika Anda juga penasaran dan ingin mencoba, maka bisa membaca artikel ini sampai selesai ya!

Baca Juga: Cara Membuat Live Wallpaper di Android dengan atau Tanpa Aplikasi

Bikin Game Android Tanpa Coding, Para Pemula Wajib Coba Nih!

Seperti yang kita tahu bahwa bermain game terutama di HP memang sangat menyenangkan sampai membuat kita lupa waktu. Karena bermain game memang ramai, sebab sudah ada banyak developer game yang pindah ke perangkat mobile.

Apabila Anda berkeinginan untuk membuat sebuah game sendiri tetapi terhalang karena tidak memiliki PC, maka jangan panik. Karena ada solusi terbaik yang bisa Anda pilih yaitu dengan menggunakan perangkat Android ini saja.

Tapi Anda mungkin berpikir bahwa bikin game Android tanpa coding ini memang membutuhkan skill coding yang tinggi bukan? Faktanya masih ada alternatif lain lagi untuk Anda lakukan tanpa harus memiliki keahlian coding.

Pada pembahasan kita kali ini akan mengulas tentang tutorial pembuatan sebuah aplikasi game tanpa menggunakan coding. Anda hanya perlu memanfaatkan perangkat HP saja untuk bisa membuatnya dengan cara seperti ini:

Baca Juga: Cara Pasang Gcam di Android Agar Kualitas Kamera Menjadi Keren

AppMakr

Untuk bikin game Android tanpa coding maka langkah yang pertama ini adalah dengan menggunakan aplikasi AppMakr saja. Pasalnya AppMakr ini ternyata menjadi rekomendasi pertama untuk membuat sebuah aplikasi, termasuk game.

Selain itu Anda dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis dengan cara rilis aplikasinya sesuai nama Anda sendiri. Sayangnya masih ada iklan dari AppMakr setiap aplikasi Android yang Anda buat.

Namun jika tidak ingin ada iklan yang muncul, maka ada solusi lain yakni Anda harus membayar sebesar 1$ setiap bulannya. Namun jangan khawatir, sebab AppMakr ini telah mendukung 14 bahasa internasional, termasuk ada bahasa Indonesia pula.

Sehingga bagi Anda yang terkendala dengan bahasa asing jangan langsung panik sebab aplikasi ini telah mendukung bahasa Indonesia. Sedangkan untuk desain antarmukanya, AppMakr ini hadir dengan desain yang simpel serta memudahkan untuk membuat game.

Baca Juga: Cara Menggunakan Sound Card di Android Suara Dijamin Jernih

AppsGeyser

Untuk bikin game Android tanpa coding maka Anda juga bisa menggunakan website yang bernama AppsGeyser. Karena website yang satu ini hadir dengan banyak fitur yang mudah dimengerti dan cocok untuk para pemula.

Menariknya lagi Anda juga tidak harus melalui proses coding yang rumit layaknya pembuatan game standar oleh para pengembang lain. Langkah yang pertama Anda bisa membuka browser lalu ketikkan nama game yang akan Anda buat.

Setelah memilih nanti akan muncul halaman baru untuk membuat game, dan lakukan pengaturan pada item dan objek gamenya. Jika semua sudah Anda lakukan tekan opsi Next dan isi nama game lengkap dengan deskripsi permainan secara detail.

Tekan Next lagi lalu ganti ikon, Open in Editor, Create kemudian daftar pada situs itu menggunakan akun email Anda. Pastikan Anda sudah mendaftar dan kini bisa kembali lagi ke halaman awal pada situs tadi dan terakhir tinggal download. Selesai.

Draw Your Game

Bikin game Android tanpa coding juga bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan situs Draw Your Game in. Nah pada situs seperti ini maka anda dapat membuat game menggunakan gambar melalui HVS putih.

Pertama-tama buat gambar dengan warna hijau, hitam, merah dan biru. Setelah berhasil Anda bisa langsung buat game itu dengan membuka situs Draw Your Game dengan memilih opsi Create.

Anda bisa mengikuti perintah yang akan muncul nanti dan atur pula posisi gambar yang sudah Anda buat kemudian klik tombol OK. Kini saatnya Anda bisa mengambil gambar dari HVS Anda lalu pilih opsi Picture dan ambil gambar melalui kamera ponsel maupun memilihnya dari galeri.

Nah gambar itulah yang nantinya akan menjadi rute permainan yang Anda buat nantinya. Bagaimana mudah bukan?

Penting Anda ketahui, bahwa ketika menggambar warna sebelumnya pastikan dulu bahwa Anda membuatnya dengan jelas ya. Sebab hal ini juga akan mempengaruhi nantinya.

Jadi bikin game Android tanpa coding sangat mudah, kini saatnya Anda untuk langsung mencobanya. (R10/HR-Online)