Rabu, Februari 1, 2023
BerandaBerita TerbaruBintang Terberat di Alam Semesta R136a1, Ini Penampakannya!

Bintang Terberat di Alam Semesta R136a1, Ini Penampakannya!

Bintang terberat di alam semesta pastinya sangat menakjubkan. Kini para astronom berhasil menangkap gambar detail dari bintang tersebut.

Alam semesta ini sangatlah luas. Meski tidak ada yang benar-benar mengetahui luas pasti dari alam semesta ini, tetapi penemuan berbagai objek raksasa di dalamnya seakan menjadi bukti.

Bintang menjadi salah satu objek di alam semesta yang cukup penting. Objek ini memiliki berbagai ukuran yang tersebar di hampir seluruh wilayah alam semesta.

Para astronom baru saja berhasil mendapatkan gambar salah satu bintang paling berat di alam semesta dengan sangat mendetail. Berikut penjelasannya!

Baca Juga: Bintang Raksasa Merah Betelgeuse Pulihkan Diri Setelah Meledak

Penampakan Bintang Terberat di Alam Semesta

Gugus R136 yang berpenghuni R136a1 berhasil tertangkap kamera oleh para astronom. R136a1 ini merupakan salah satu bintang dengan massa paling besar di alam semesta yang pernah manusia ketahui.

Dalam studi yang Astrophysical Journal terbitkan, para peneliti mencoba untuk memperkirakan massa objek tersebut. Hasilnya mengejutkan, massanya sekitar 170 hingga 230 massa Matahari.

Baca Juga: Umur Bintang di Langit Dapat Diketahui Para Ilmuwan? Begini Caranya!

Hasil Tangkapan Teleskop Gemini

Penampakan bintang dengan massa terberat ini berhasil para astronom dapatkan menggunakan teleskop Gemini selatan yang berasal dari Observatorium Gemini Internasional.

Dalam hal ini, peneliti tersebut menggunakan instrumen yang bernama Zorro dan juga teknik baru untuk melihat penampakan gugus bintang di sekitar Large Magellanic Cloud, galaksi tetangga Bima Sakti.

Instrumen Zorro ini membuat peneliti dapat melihat bintang di dalam cluster. Sehingga, para peneliti bisa langsung memperkirakan massa dari objek yang mereka teliti.

Hal itu membuahkan hasil yang cukup baik. Akhirnya objek bintang terberat di alam semesta tersebut berhasil tertangkap kamera dan terlihat dengan sangat jelas sehingga peneliti mampu memperkirakan massanya.

Menurut mereka, penemuan ini bukan hanya mampu membantu manusia dalam memahami bintang, tetapi juga alam semesta secara keseluruhan.

Baca Juga: Karakteristik Bintang Quasar yang Menakjubkan dan Sejarahnya!

Kemungkinan Masih Ada Bintang dengan Massa Lebih Berat

Sejauh ini memang bintang R136a1 menjadi yang terberat di alam semesta. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa masih ada bintang lain yang massanya lebih masif darinya.

Dr. Venu Kalari, penulis utama studi menjelaskan bahwa bintang paling masif yang mereka ketahui tersebut ternyata tidak sebesar dugaan sebelumnya. Terdapat kemungkinan bahwa masih ada batas atas massa bintang.

Adapun teknik pengamatan yang mereka gunakan saat ini bernama pencitraan spekel dan optik adaptif. Teknik tersebut dapat melawan efek buram atmosfer Bumi.

Pendekatan ini akan mengambil ribuan pengamatan paparan pendek, kemudian diproses untuk menjadi resolusi sebanding. Dengan begitu, teknik ini dapat melebihi pengamatan dari teleskop luar angkasa.

Hingga saat ini predikat bintang terberat di alam semesta masih menjadi milik R136a1. Namun, tentu saja masih ada kemungkinan yang akan membuat para peneliti bisa menemukan bintang dengan massa lebih berat lainnya di masa depan. (R10/HR-Online)