Selasa, Oktober 4, 2022
BerandaBerita TerbaruBulan Paling Aneh di Tata Surya, Ada yang Mirip dengan Bumi!

Bulan Paling Aneh di Tata Surya, Ada yang Mirip dengan Bumi!

Bulan paling aneh di tata surya memiliki bentuk atau material pembentuk yang tidak biasa. Sebagai satelit alami, setiap planet pasti memilikinya.

Planet di tata surya akan memiliki bulan yang mengitarinya. Bumi sendiri memiliki satu buah bulan.

Tentu saja bentuk bulan sangatlah beragam, beberapa bahkan terlihat cukup aneh.

Baca Juga: Kubah Gruithuisen di Bulan Jadi Objek Penyelidikan NASA di Misi Artemis

7 Bulan Paling Aneh di Tata Surya

Tata surya ini berisi berbagai benda yang sangat menakjubkan, mulai dari planet, bintang, asteroid, hingga bulan.

Bulan sendiri juga memiliki nama lain sebagai lunar. Benda luar angkasa satu ini umumnya terdiri dari banyak kawah di permukaan.

Selain Bumi, semua planet di tata surya juga memiliki bulan.

Menurut berbagai sumber, ternyata ada beberapa bulan yang mendapat predikat ‘teraneh’ dari para ahli. Apa saja itu?

Callisto

Nama bulan pertama ini mungkin sudah tidak asing di telinga. Callisto sendiri merupakan bulan yang mengorbit planet Jupiter.

Permukaan bulan ini sangat gelap dan tertutupi oleh kawah sampai batas jarak pandang.

Enceladus

Bulan Enceladus menjadi salah satu benda langit yang paling banyak diperdebatkan saat ini. Hal itu karena bulan ini pernah terdeteksi memiliki gumpalan besar air di dalamnya.

Gumpalan air tersebut meletus ke luar angkasa di sepanjang celah bagian belakang selatan bulan. Akibat aktivitas Enceladus, para ahli kemudian memberikan julukan ‘dunia yang aktif’.

Baca Juga: Suara Misterius di Bulan Jupiter Dirilis NASA, Misi Juno

Dactyl

Ini merupakan bulan paling aneh di tata surya selanjutnya. Dactyl merupakan sebuah asteroid yang kemudian menjadi planet minor dengan ukuran 1,6 kilometer.

Menurut perkiraan, bulan jenis ini sudah banyak terbentuk sejak 1 hingga 2 milyar tahun lalu.

Iapetus

Di sekitar bulan Iapetus ini terdapat pegunungan khatulistiwa yang besar. Tidak main-main, pegunungan tersebut memiliki tinggi sekitar 13 KM dan membentuk bulan seperti halnya buah kenari.

Io

Kemudian ada Io yang termasuk ke dalam jajaran bulan paling besar pengorbit planet Jupiter. Bulan Io menarik perhatian karena permukaannya yang cantik dengan warna merah kuning, dan coklat.

Akan tetapi bulan ini cukup mematikan karena penuh dengan mineral yang aneh.

Hyperion

Permukaan bulan satu ini terlihat seperti spons atau batu karang yang berlubang sangat banyak dan bentuknya agak sedikit eksentrik, yakni bulat.

Salah satu teori yang menjelaskan mengenai bulan Hyperion adalah bahwa ia merupakan sisa satelit yang berukuran jauh lebih besar. Satelit tersebut pernah mengorbit di antara Titan dan Iapetus.

Baca Juga: Bulannya Planet Jupiter, Sistem Jovian Bak Miniatur Tata Surya

Titan

TItan merupakan bulan terbesar yang mengorbit terhadap planet Saturnus. Menariknya, kondisi Titan hampir sama seperti iklim di Bumi.

Bulan ini merupakan tempat untuk metana berubah bentuk menjadi gas, cair, dan padatnya sangat mirip dengan siklus metana dan siklus air yang membentuk iklim di Bumi.

Daftar bulan paling aneh di tata surya tersebut berdasarkan berbagai penelitian yang telah dilakukan oleh astronom dan para ahli. (R10/HR-Online)