Senin, Desember 5, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Buka File XLS di Android dengan Beberapa Metode Mudah Ini

Cara Buka File XLS di Android dengan Beberapa Metode Mudah Ini

Cara buka file XLS di Android memang tergolong sangat mudah, sebab Anda tidak perlu lagi menggunakan perangkat PC, melainkan melalui HP saja.

Nah, file XLS sendiri merupakan file spreadsheet Excel dan Anda bisa membuka hingga mengeditnya dengan Android saja.

Walaupun ini bukan sebuah platform terbaik untuk edit dokumen Excel, tetapi Anda bisa membuka file tersebut guna melihat data.

Sehingga apabila Anda akan melihat atau mungkin mengubah perubahan pada file tersebut, maka bisa memanfaatkan smartphone Android.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Swap RAM Android untuk Tambah Memori!

Cara Buka File XLS di Android Paling Praktis dan Lebih Simpel

Seiring dengan berkembangnya dunia digital, maka saat ini segala macam bentuk pekerjaan manusia akan terasa sangat mudah.

Pasalnya pekerjaan akan terasa lebih cepat dan bahkan bisa langsung terstruktur dalam waktu yang cukup singkat saja.

Bahkan setiap dari pekerjaan pun juga bisa diakses kapan saja, sehingga memungkinan orang untuk bekerja dari jarak jauh. Tentunya segala macam kemudahan itu juga ditunjang dengan adanya sebuah ponsel pintar yang kini juga mudah kita dapatkan.

Karena tidak mau ketinggalan, maka file XLS kini sangat mudah untuk kita akses setiap saat hanya melalui HP. Nah, file dengan type XLS seperti ini terdiri dari kolom dan berisi banyak data, termasuk angka.

Sehingga Anda bisa membayangkan begitu rumitnya untuk mengakses data yang cukup banyak melalui layar HP yang tak terlalu besar.

Namun siapa sangka ternyata walaupun hanya dengan HP file XLS pun bisa kita buka dengan mudah dan cepat. Bagaimana bisa?

Baca Juga: Cara Cek Baterai AirPods di Android dengan Atau Tanpa Aplikasi

Gunakan Google Spreadsheet

Cara buka file XLS di Android untuk langkah yang pertama ini bisa dengan aplikasi Google Spreadsheet.

Saat ada orang lain mengirim email kepada Anda lalu membagikannya melalui Google Drive, maka Anda bisa menerimanya dengan file XLS terlampir.

Ketika Anda membuka file tersebut, maka hal itu akan memberikan Anda sebuah pesan ke Open it in Google Sheets. Sehingga Anda bisa langsung menggunakan Google Spreadsheet untuk mengakses media pada HP Anda.

Kini saatnya Anda harus segera memiliki akses ke spreadsheet Excel dalam format file XLS dan siap untuk membaca serta melakukan pengeditan.

Anda kini juga sudah berhasil menginstall aplikasi itu dan bisa langsung membuka file XLS pada Android dari mana saja.

Cukup dengan mengizinkan pengeditan diaktifkan, maka Anda bisa langsung memasukkan data maupun menyesuaikan dengan spreadsheet. Untuk mendapatkan aplikasi ini, maka Anda bisa mengunduhnya melalui layanan Play Store.

Microsoft Excel

Cara buka file XLS di Android juga bisa Anda lakukan dengan sangat mudah menggunakan aplikasi Microsoft Excel.

Walaupun Microsoft Excel adalah produk besutan Microsoft yang lebih mengacu pada Windows, namun aplikasi ini juga bisa Anda gunakan di Android.

Pasalnya dengan adanya aplikasi ini, maka Anda dapat membuka file XLS tanpa harus ada bagian layout yang hilang. Jadi walaupun layar HP Anda lebih kecil, tetapi semua data yang ada dalam file itu tetap bisa Anda buka dan baca secara jelas.

Selain itu, file XLS tidak hanya bisa Anda buka dengan Microsoft EXcel ini, tetapi juga untuk mengurangi atau menambah isi.

Bahkan Anda juga dapat membuat hingga menampilkan berbagai grafik dan data yang telah Anda buat dengan Microsoft Excel.

Setelah Anda berhasil menyelesaikan pekerjaan itu, maka bisa langsung melanjutkan untuk menyimpannya pada penyimpanan internal.

Selanjutnya Anda juga bisa langsung melampirkan hasil yang sudah Anda dapatkan melalui layanan email.

Baca Juga: Cara Convert Video 4K di Android Anti Ribet, Catat Aplikasinya!

Polaris Office

Cara buka file XLS di Android ternyata juga tak hanya dengan tips-tips itu saja, melainkan juga dengan Polaris Office pula.

Sebab dengan adanya aplikasi ini maka memungkingkan Anda untuk melakukan proses edit tanpa membutuhkan waktu sangat lama.

Selain itu, aplikasi ini juga telah menyediakan berbagai macam aplikasi kantoran layaknya seperti pada Microsoft itu. Pasalnya dalam Polaris Office ini bisa Anda gunakan dalam waktu singkat serta melakukan segala macam perubahan pekerjaan.

Aplikasi ini tidak lupa juga menyediakan penyimpanan CLoud dengan kapasitas yang bisa mencapai hingga 10GB pula.

Jadi Anda bisa langsung menyimpan hasil pekerjaan itu di CLoud secara otomatis dan cepat atau ke tempat lain seperti Google Drive.

Bahkan untuk membagikan file rupanya juga telah disupport pula oleh Polaris Office yang satu ini. Sehingga jika Anda suka membagikan hasil pekerjaan melalui Google Chromecast, maka bisa juga menggunakan aplikasi Polaris Office ini.

Setelah Anda tahu beberapa cara buka file XLS di Android dengan mudah, maka kini Anda bisa melakukannya sendiri. Mudah bukan? (R10/HR-Online)