Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Burung Bermigrasi Jarak Jauh Tanpa Tersesat, Ini Alasannya!

Cara Burung Bermigrasi Jarak Jauh Tanpa Tersesat, Ini Alasannya!

Cara burung bermigrasi sangat memukau. Ketika melakukan hal ini, burung akan terbang dalam jalan yang sangat jauh, bahkan hingga menyebrangi benua.

Kegiatan melakukan perjalanan jarak jauh ini banyak spesies burung lakukan karena berbagai faktor, salah satunya perubahan musim. Mereka akan mencari tempat baru dan melakukan perkembang biakan.

Umumnya, burung akan bepergian secara berkelompok sehingga akan sangat terlihat memukau.

Baca Juga: Burung Pemakan Serangga di Indonesia, Ada yang Dipelihara?

Begini Sebenarnya Cara Burung Bermigrasi!

Burung menjadi salah satu jenis hewan yang memiliki kemampuan untuk terbang. Ternyata, mereka juga memiliki perilaku yang unik.

Setiap tahunnya, beberapa jenis burung akan melakukan migrasi yang merupakan perpindahan dari satu tempat ke tempat lainnya. Hewan terbang ini akan bermigrasi secara sendiri maupun berkelompok.

Hampir semua jenis burung yang dapat terbang melakukan migrasi. Lama dari migrasi mereka juga berbeda-beda, tetapi umumnya bisa berlangsung 11 hari lamanya.

Dalam kurun waktu tersebut, lalu sekelompok burung yang bermigrasi akan tetap terbang hingga mereka menemukan tempat tujuan.

Faktanya, sebagian burung di Bumi lebih suka melakukan migrasi ketika malam hari.

Selain itu, mereka biasanya juga memanfaatkan keberadaan bintang sebagai penunjuk arah untuk menuju ke wilayah yang baru.

Udara malam juga akan membuat mereka terbang secara bersamaan dengan lebih mudah.

Baca Juga: Pengertian Spesies dan Contohnya Dalam Klasifikasi Makhluk Hidup

Bagaimana Burung Menemukan Tempat Tujuan?

Hal yang unik dari migrasi burung adalah mereka bisa menentukan arah tujuan dengan memanfaatkan berbagai benda alam di sekitar.

Benda tersebut dapat berupa langit, bintang, bulan, hingga posisi Matahari. Burung memiliki cara yang sangat unik untuk dan belum bisa dijelaskan mengapa mereka sangat pandai dalam hal navigasi.

Hal unik yang tidak kalah menarik untuk Anda ketahui adalah fakta bahwa rute dan jalur migrasi mereka akan terbentuk secara alami.

Jadi, setiap burung akan melakukan perjalanan, mereka akan menggunakan jalur yang sama dengan digunakan pada tahun sebelumnya.

Baca Juga: Rahasia Kecerdasan Gurita dan Spesies Cephalopoda Lainnya Terungkap!

Migrasi Burung Terlama di Dunia

Meski cara burung bermigrasi sebagian besar sama, tetapi waktu yang mereka habiskan juga berbeda-beda. Terdapat satu jenis burung yang melakukan perjalanan dengan sangat lama.

Jenis tersebut adalah burung laut Arktik. Mereka merupakan jenis yang mendapatkan rekor sebagai hewan bermigrasi terlama di dunia.

Burung Arktik mampu melakukan perjalanan bolak-balik dari kutub ke kutub yang memiliki jarak lebih dari 96.560 kilometer. Hal itu tentunya menjadi hal yang sangat menakjubkan

Sedangkan penguine Adelie juga melakukan migrasi jalur laut Antartika yang dingin dengan total jarak hampir 12.800 kilometer.

Untuk burung migran tercepat, terdapat Great Snipe. Jenis ini dapat menempuh jarak 6.700 kilometer dengan kecepatan terbang 96 km/jam dan biasanya melakukan perjalanan jauh untuk migrasi antara Eropa hingga ke Afrika sub-Sahara.

Di Bumi, terdapat sekitar 10.000 spesies burung. Setengah dari mereka melakukan cara burung bermigrasi yang mirip. Mereka akan terbang secara berkelompok untuk menemukan wilayah baru. (R10/HR-Online)