Minggu, Oktober 2, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Cek Koil Motor Injeksi dengan Mudah, Pemula Wajib Tahu Ini!

Cara Cek Koil Motor Injeksi dengan Mudah, Pemula Wajib Tahu Ini!

Cara cek koil motor injeksi ini memang penting untuk Anda ketahui walaupun sebenarnya komponen tersebut jarang mengalami kerusakan.

Karena jika koil motor sudah hancur, maka akan menyebabkan performa mesin kendaraan menjadi terganggu.

Selain itu, koil sendiri merupakan salah satu elemen penting pada motor dan berguna untuk memberi dukungan mekanisme pengapian pada busi. Sehingga koil pada bidang pengapian sepeda motor ini juga menjadi salah satu hal yang sangat penting.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kabel Koil Motor Bocor Sesuai Faktor Penyebabnya

Cara Cek Koil Motor Injeksi yang Wajib Anda Pahami

Kembali ke pembahasan sebelumnya bahwa koil adalah alat yang sangat vital bagi sistem pengapian sepeda motor.

Ignition coil alias koil ini memiliki peran penting untuk melipatgandakan tegangan listrik dari CDI menuju busi sampai puluhan ribu volt.

Sementara itu, fungsi dari busi sendiri adalah sebagai proses meledakkan campuran bensin dan juga udara dalam mesin. Sehingga hal ini akan menjadi benang merah guna melandasi pemahaman cara kerja koil motor.

Komponen yang termasuk ke dalam sistem pengapian ini akan bekerja untuk mengubah tegangan listrik 12V dari aki agar menjadi ribuan volt.

Sedangkan untuk besar maupun kecilnya tegangannya juga berbeda-beda dari setiap jenis tipe motor.

Tidak hanya itu saja melainkan tegangan listrik yang akan dihasilkan oleh koil tersebut juga bervariasi, baik 5000 volt sampai 30.000 volt. Tetapi jika koil sudah tidak bisa bekerja maksimal, maka Anda perlu melakukan pengecekan terlebih dahulu.

Mencabut Kop dan Busi

Cara cek koil motor injeksi untuk tips yang pertama ini yang harus Anda lakukan dan kerjakan adalah dengan mencabut kop dan businya.

Sehingga nantinya bisa kelihatan kedua ujung kabel yang ke arah kumparan sekunder dan kumparan primer tersebut.

Baca Juga: Cara Mengatasi Pengapian Motor Hilang Agar Kendaraan Kembali Normal

Melekatkan Ujung Kabel Koil ke Massa

Selanjutnya untuk mengecek keadaan koil kendaraan roda dua, maka jangan lupa untuk melekatkan ujung kabel koil ke massa. Caranya adalah dengan menggunakan jarak sekitar 1 cm saja.

Nah, massa sendiri merupakan sebuah benda logam yang mampu menghantarkan sumber listrik. Tetapi jika sulit mendapatkannya, maka baut pada motor Anda bisa menjadi alternatif sebagai massa untuk memeriksanya.

Selanjutnya Anda bisa langsung memutar kunci contact ke On lalu hidupkan starter kendaraan. Ketika berpetapan lekatkan ujung kabel koil ke massa. Jika kondisi recikan api berwarna merah, maka itu pertanda bahwa koil motor sudah hancur.

Cara cek koil motor injeksi dan ketika recikan api itu masih berwarna biru, itu tandanya bahwa koil masih dalam keadaan baik. Sehingga ini masih mampu untuk bekerja dalam meningkatkan tegangan listrik ke busi.

Akan tetapi Anda juga bisa mencoba cara lain dengan menempelkan kabel koil tadi ke bagian bodi mesin. Apabila terjadi recikan api, maka jangan langsung simpulkan koil pada kondisi yang baik.

Sebab Anda harus memeriksanya lagi dengan cara memasang busi dan jika tidak ada recikan api berarti koil motor dalam keadaan kurang kuat. Sehingga hal seperti ini tidak akan bisa berperan dengan maksimal.

Jika sudah seperti itu, seharusnya Anda bisa mempertanyakan dengan tenaga profesional untuk mengecek keadaan koil sepeda motor.

Dalam langkah seperti ini, jika mendapati kendaraan mulai memperlihatkan tanda-tanda berhenti dan kol masih menyembur recikan api biru.

Baca Juga: Fungsi Koil pada Sepeda Motor Cukup Vital Sebagai Pengapian

Apa Saja Alat untuk Cek Koil?

Tidak hanya tahu cara cek koil motor injeksi saja, melainkan Anda juga penting tahu apa saja alat untuk mengecek koil tersebut. Sebenarnya untuk mengecek koil yang kurang kuat ini bisa menggunakan dua cara berbeda.

Misalnya saja dengan menghitung tegangan puncak koil dan juga menghitung tahanan pada bagian kumparan sekunder dan primer. Sementara itu, alat yang dibutuhkan dalam proses menghitung tahanan bisa menggunakan avometer.

Sedangkan jika akan menghitung tegangan puncak koil, maka bisa menggunakan avometer dan juga peak voltage adaptor.

Namun untuk bisa menghitung tahanan koil harus dalam kondisi dingin bertemperatur 20 derajat celcius.

Sebagai informasi bahwa apabila koil sudah mengalami kerusakan, maka bisa membuat performa pengapian terusik dan menyebabkan motor jadi brebet. Meski demikian, untuk memperhitungkan koil motor yang sudah hancur, sebenarnya bisa terdeteksi lebih awal.

Apalagi dengan melakukan cara cek koil motor injeksi seperti itu, mungkin ini akan membantu Anda. Tapi jika tidak bisa maka solusi terbaiknya adalah dengan membawanya ke tukang bengkel saja. (R10/HR-Online)