Kamis, Februari 2, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Copy Aplikasi Android ke Perangkat Lain dan Backup Data!

Cara Copy Aplikasi Android ke Perangkat Lain dan Backup Data!

Cara copy aplikasi Android sangat berguna untuk Anda yang akan mengganti perangkat baru tanpa kehilangan data-data penting. 

Selain itu, hal ini juga bisa Anda lakukan agar dapat berbagi aplikasi secara offline dan ingin menyalin data di dalamnya.

Android kini menjadi perangkat ponsel dengan jumlah pengguna yang cukup banyak daripada sistem operasi lainnya. Di dalam perangkat Android terdapat berbagai aplikasi yang dapat Anda install.

Aplikasi-aplikasi tersebut merupakan buatan developer tertentu dengan tujuan yang berbeda-beda. Secara teknis memang menginstall aplikasi harus secara online.

Biasanya Anda akan mengunduh aplikasi di marketplace Android seperti halnya Google Play Store. Namun, sebenarnya Anda juga bisa mendapatkan aplikasi secara offline beserta data di dalamnya dengan cara menjualnya.

Baca Juga: Cara Kalibrasi Baterai Android Menggunakan Beberapa Trik Ini!

Jangan Salah, Begini Cara Copy Aplikasi Android yang Benar!

Aplikasi adalah software yang ada di dalam perangkat Android. Ada begitu banyak jenis aplikasi yang beredar.

Kebanyakan aplikasi tersedia di marketplace, yang paling umum adalah Google Play Store. Namun beberapa pengembang aplikasi juga ada yang memasarkan milik mereka melalui website resmi.

Meski begitu, keduanya sama-sama dapat Anda install secara online. Artinya, Anda harus terhubung ke dalam jaringan internet yang mumpuni.

Banyak orang yang belum menyadari bahwa sebenarnya bisa menginstall aplikasi baru di sebuah perangkat dengan menyalin atau mengcopy file APK tersebut.

Cara kerjanya adalah APK disalin dan kemudian mengirimnya ke perangkat lain melalui Bluetooth atau USB. Hanya dengan satu sentuhan, maka APK dapat langsung terinstall dengan backup data di dalamnya.

Baca Juga: Cara Setting APN di Android Agar Jaringan Bisa Kembali Stabil

Menggunakan Aplikasi File Expert

Cara copy aplikasi Android yang pertama adalah menggunakan aplikasi File Expert. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengirim APK secara online ke perangkat lain dengan data yang tersimpan di dalamnya.

Tidak hanya untuk membackup file APK, File Expert ini juga memiliki fungsi lain seperti file explorer, Theme Manager, install atau uninstall Manager, dan lain sebagainya.

Untuk menyalin aplikasi dan data di dalamnya, maka Anda bisa mengikuti cara berikut ini:

  1. Install terlebih dahulu aplikasi File Expert melalui Google Play Store.
  2. Setelah itu buka dan jalankan aplikasi File Expert.
  3. Jika sudah, maka langkah selanjutnya adalah memilih menu ‘My Apps’.
  4. Nantinya akan muncul berbagai aplikasi yang terinstall di dalam Android.
  5. Ceklis atau centang di sebelah kanan nama aplikasi untuk membuat APK.
  6. Kemudian pilih menu ‘Backup’ di bagian bawah. Maka, File Experts akan membuat file APK secara otomatis dan tersimpan di dalam folder backup_apps di menu My Files.

Ketika APK sudah terunduh, maka Anda hanya perlu mengirim melalui Bluetooth atau USB ke perangkat baru. Di dalam perangkat tersebut nantinya aplikasi sudah berisi berbagai data Anda sebelumnya.

Baca Juga: Cara Share Link Google Drive Android dan Memilih Hak Izinnya!

Copy Aplikasi Android dengan Google Drive

Selain menggunakan aplikasi File Expert, Anda juga bisa memanfaatkan layanan Google Drive sebagai cara copy Aplikasi Android.

Sebenarnya Google Drive hanya akan membantu menyimpan data di dalam aplikasi. Jadi, nantinya ketika Anda membuka aplikasi tersebut di perangkat lain, maka datanya sudah tersimpan semua.

Berikut ini cara melakukan backup dengan Google Drive:

  1. Buka menu ‘Settings’, kemudian pergi ke pilihan ‘System’ dan ‘Backup’.
  2. Kemudian geser tombol ke kanan agar anda dapat menyalakan Back up to Google Drive.
  3. Kemudian tap tombol dengan pilihan ‘Back up now’.
  4. Selanjutnya tunggu proses backup hingga selesai dan data akan tersimpan di cloud.
  5. Usai proses backup, maka saatnya Anda memulihkan data di perangkat baru.
  6. Anda hanya perlu login ke dalam akun Google yang sama dengan Google Drive Anda.
  7. Pastikan kontak untuk membawa aplikasi sudah tercentang dan kemudian tekan ‘Restore’.
  8. Tunggu sejenak untuk proses memindahkan data yang berasal dari perangkat lama ke perangkat baru Anda.

Melakukan cara copy aplikasi Android memang sangat mempermudah kita.Data-data Anda akan menjadi lebih aman karena tersimpan dengan rapi, berbeda jika menginstall aplikasi baru.

Selan untuk Anda yang ingin mengganti perangkat baru, menyalin data di dalam aplikasi memang menjadi hal yang wajib. Hal itu karena kita tentunya tidak akan tahu jika tiba-tiba terjadi error.

Karena itulah, akan lebih baik jika Anda mencegah dengan melakukan cara copy aplikasi Android sehingga data akan terbackup dengan sempurna dan risiko kehilangan akan semakin kecil. (R10/HR-Online)