Selasa, Oktober 4, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Dinosaurus Menopang Tubuhnya Berhasil Terungkap

Cara Dinosaurus Menopang Tubuhnya Berhasil Terungkap

Cara dinosaurus menopang tubuhnya menjadi misteri yang sangat menarik. Bagaimana sebenarnya hewan dengan tubuh yang sangat besar tersebut dapat hidup?

Dinosaurus menjadi hewan purba yang sangat terkenal karena umumnya memiliki tubuh yang besar. Hewan ini tentu memiliki berbagai macam spesies.

Sauropoda menjadi salah satu dinosaurus yang hidup di darat dan juga menjadi hewan darat terbesar yang pernah ada. Mereka menjelajahi Bumi ini selama lebih dari 100 juta tahun lalu.

Memiliki tubuh yang sangat besar, bagaimana dinosaurus sauropoda menopang tubuh mereka?

Baca Juga: Spesies Triamyxa Coprolithica, Kerabat Dinosaurus 230 Juta Tahun Silam

Terkuak Sudah, Begini Cara Dinosaurus Menopang Tubuhnya!

Mempelajari bagaimana dinosaurus menjalani kehidupannya memang sangat menarik. Sudah sejak lama menjadi misteri bagaimana dinosaurus sauropoda dapat menopang tubuh raksasanya.

Sauropoda sendiri merupakan kelompok dinosaurus yang hidup sekitar 100 juta tahun lalu. Contoh dinosaurus sauropoda adalah Brontosaurus dan Diplodocus.

Mereka menjadi hewan darat terbesar yang pernah ada sehingga cara hidup mereka menjadi pertanyaan.

Para ilmuwan dari University of Queensland dan Monash University telah memecahkan misteri bagaimana hewan raksasa tersebut menopang tubuhnya saat hidup.

Baca Juga: Spesies Oculudentavis Naga, Dinosaurus Terkecil Sepanjang Masa

Penelitian dengan 3D dan Rekayasa

Para ilmuwan tersebut berhasil memecahkan misteri abadi tersebut dengan menggunakan pemodelan 3D dan juga metode rekayasa.

Tim melakukan rekonstruksi dengan cara menguji fungsi dari tulang kaki dinosaurus sauropoda yang berbeda secara digital. Laporan hasil studi tersebut akhirnya terbit di Science Advance dengan akses terbuka.

Andreas Jannel yang melakukan penelitian selama studi PhD di UQ’s Dinosaur Lab mengatakan tim mereka menemukan bahwa kaki sauropoda memiliki struktur unik.

Mereka memiliki bantalan jaringan lunak yang berada di bawah tumit. Bantalan kaki tersebut menjadi cara dinosaurus menopang tubuhnya.

Berat beban badan dinosaurus sauropoda yang sangat besar akan terserap oleh bantalan kaki tersebut sehingga mereka dapat bergerak dan berjalan dengan bebas.

Baca Juga: Spesies Dinosaurus Tlatolophus Galorum di Meksiko Sangat Komunikatif

Pernah Dianggap Sebagai Hewan Semi-Akuatik

Sebelum fakta ini terungkap, misteri mengenai bagaimana spesies dinosaurus terbesar di darat ini menopang tubuh raksasanya memang sudah sangat populer.

Bahkan, pernah muncul anggapan awal yang menyebut bahwa sauropoda merupakan spesies dinosaurus semi-akuatik dengan daya apung air yang menopang berat mereka.

Akan tetapi, teori tersebut akhirnya terbantahkan dengan penemuan jejak sauropoda di endapan terestrial. Jejak tersebut berhasil terdeteksi pertama kali pada pertengahan abad kedua puluh.

Olga Panagiotopoulou dari Monash University menjelaskan bahwa sauropoda juga memiliki kaki yang mirip dengan milik gajah modern.

Menurutnya, konfigurasi kaki sauropoda berbeda pada bagian depan dan belakang. Kaki depan sauropoda lebih terlihat seperti kolumnar.

Sementara itu, bagian belakang kaki mereka terdapat lebih banyak ‘bantalan tumit’ dengan bantuan jaringan lunak yang besar. Gajah modern dan juga sauropoda tentunya memiliki evolusi yang berbeda.

Pada akhirnya, setelah menjadi misteri besar, saat ini cara dinosaurus menopang tubuhnya sudah terpecahkan dengan bantuan teknologi dan ilmu pengetahuan modern. (R10/HR-Online)