Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Downgrade Android 11 ke 10 Simple, Simak Langkahnya!

Cara Downgrade Android 11 ke 10 Simple, Simak Langkahnya!

Cara downgrade Android 11 ke 10 bisa Anda lakukan dengan banyak cara dengan cepat dan mudah. Pada umumnya, pengguna melakukan downgrade ini karena merasa tidak nyaman dengan pembaruan tersebut.

Seperti yang kita tahu, setiap pengguna gadget biasanya akan selalu menantikan pembaruan untuk mendapatkan berbagai macam fitur yang menarik.

Namun, terkadang pembaruan tersebut justru mengganggu para penggunanya karena adanya bug. Tak heran banyak pengguna yang lebih memilih untuk kembali ke sistem software Android yang sebelumnya.

Baca Juga: Cara Porting ROM Android Lengkap, Ternyata Ini Tutorialnya

Simak Cara Downgrade Android 11 ke 10 Paling Mudah!

Adanya bug karena adanya pembaruan dalam Android akan mengganggu sebagian pengguna Android. Sebab, biasanya akan mengakibatkan aplikasi atau sistem menjadi tidak dapat bekerja dengan semestinya.

Maka dari itu, cara terbaiknya yaitu dengan melakukan downgrade. Hal ini dinilai lebih baik.

Sebab, kegagalan dari sistem ini tentunya tidak bisa kita atasi dalam waktu yang cepat. Lantas, bagaimanakah cara downgrade android 11 ke 10? Berikut penjelasannya!

Downgrade Secara Umum

Cara downgrade Android 11 ke 10 pertama bisa Anda lakukan dengan melakukan downgrade secara umum.

Pertama, bukalah situs resmi melalui link google.com/android/beta. Sesudah itu, Anda bisa scroll bawah hingga perangkat atau tipe smartphone yang Anda gunakan bisa terlihat.

Jika sudah, berikutnya Anda bisa klik pada bagian opsi Opt Out agar OS Android 11 Beta bisa turun ke Android 10.

Lanjutkan cara downgrade dengan memilih opsi Leave dari versi beta, yang bisa bermanfaat untuk mengkonfirmasi downgrade

Selanjutnya, pembaruan OTA versi Stabil otomatis akan dikirimkan pada perangkat Android Anda.

Install pembaruan, caranya Anda bisa ke menu pengaturan dan pilih opsi sistem. Setelah itu, pilih lanjutan dan langsung ke pembaruan perangkat lunak.

Ikuti saja prosesnya, kemudian Anda tinggal menunggu hingga proses downgrade selesai.

Baca Juga: Cara Update Android 12 yang Paling Mudah, Simak Beberapa Tutorialnya!

Boot ke Perangkat Bootloader

Cara downgrade selanjutnya yang bisa Anda coba yaitu dengan cara menghubungkan perangkat Anda ke PC Windows. Setelah itu, Anda bisa membuka folder platform-tools.

Kemudian, Anda tinggal ketikan “cmd ke alamat pengelola file. Selanjutnya, akan muncul jendela command prompt dalam tempat yang tepat.

Lalu, masukkan saja perintah berikut guna memulai daemon adb, adb reboot bootloader.

Nah, smartphone Android Anda saat ini akan dibuka ke dalam bootloader. Jadi, Anda terlebih dahulu harus mengirimkan beberapa perintah.

Kemudian, Anda nantinya juga akan menekan serta menahan tombol daya serta tombol volume bawah hingga Anda bisa melihat munculnya icon Android berbaring.

Setelah menemui icon tersebut, selanjutnya Anda bisa menggulirkan supaya dapat memilih masuk fastboot.

Baca Juga: Cara Ganti Background Teams di Android Termudah, Simak Tutorialnya Ini!

Downgrade OS HP OPPO dengan OTA

Nah, jika Anda menggunakan Android dari pabrikan OPPO, maka cara downgrade Android 11 ke 10 bisa Anda lakukan dengan menggunakan OTA.

Unduh dan dapatkan firmware berdasarkan tipe HP ke link https://support.oppo.com/id/software-update/. Selanjutnya, Anda bisa menyiapkan SD Card dengan kapasitas minimal 4GB, serta format jadi Fat32 Default dengan memakai PC/Laptop.

Kemudian, Anda bisa menyalin firmware yang telah Anda download ke SD Card. Selanjutnya, SD Card bisa langsung Anda pasang ke smartphone OPPO yang akan Anda Downgrade.

Lanjutkan dengan masuk pada Recovery Mode. Caranya yaitu dengan menekan dan tahan tombol volume + power secara bersamaan sampai logo OPPO bisa muncul.

Pilihlah bahasa “English”, selanjutnya klik “Wipe Cache & Data” lalu Install from storage device.

Kemudian, pilihlah firmware yang telah Anda salin ke SD Card sebelumnya. Tunggulah hingga proses selesai.  Reboot dan biarkan proses booting berjalan.

Akan tetapi ada hal yang perlu Anda pastikan dalam melakukan downgrade. Di antaranya yaitu memastikan jika paket data mencukupi.

Sebab, untuk melakukan cara downgrade Android 11 ke 10 prosesnya harus didukung dengan koneksi internet. Bahkan, bisa menghabiskan data yang cukup banyak.

Selain itu, pastikan juga jika posisi baterai smartphone Anda harus lebih dari 50% ketika sedang install software. Tujuannya agar prosesnya bisa selesai tanpa ada kendala HP lowbat.

Sebab, apabila prosesnya berhenti di tengah downgrade, maka kemungkinan besar smartphone Anda akan error saat dihidupkan kembali.

Maka dari itu, lakukan cara downgrade Android 11 ke 10 ini dengan kondisi HP yang memenuhi syarat. Baik dari segi data internet maupun baterainya. (R10/HR-Online)