Senin, Oktober 3, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Laba-Laba Mengeluarkan Jaring dari Dalam Tubuhnya

Cara Laba-Laba Mengeluarkan Jaring dari Dalam Tubuhnya

Cara laba-laba mengeluarkan jaring sangatlah unik. Mereka memiliki sistem sendiri di dalam tubuh untuk dapat menghasilkan jaring.

Karena kemampuan membuat jaring tersebutlah laba-laba menjadi salah satu hewan yang spesial. Sebab, tidak semua hewan memiliki kemampuan ini.

Jaring laba-laba bukanlah sebuah trik sulap atau sihir, melainkan dapat terungkap secara ilmiah. Laba-laba memiliki sebuah organ yang berguna untuk menghasilkan jaring tersebut.

Baca juga: Fosil Laba-laba Lagonomegopidae, Berusia 99 Juta Tahun Lindungi Anak

Ternyata Begini Cara Laba-Laba Mengeluarkan Jaring

Ada berbagai macam hewan unik di dunia ini, salah satunya adalah laba-laba. Hewan yang terdiri dari beragam jenis ini memiliki kemampuan khusus yang sangat tidak biasa.

Laba-laba menjadi satu-satunya hewan yang memiliki kemampuan untuk membuat jaring dengan tubuhnya. Hal itu karena terdapat sistem khusus di dalam tubuh mereka.

Hewan satu ini memiliki sebuah organ yang bernama spinneret. Organ tersebut lah yang berfungsi untuk membuat jaring.

Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, spinneret merupakan pemintal benang yang berupa pembuluh dengan bentuk ujung runcing. Spinneret berada di bagian abdomen laba-laba.

Uniknya, laba-laba dapat menciptakan jaring raksasa untuk berlindung. Jaring-jaring yang mereka buat bersifat elektrostatik yang artinya akan menarik semua partikel bermuatan yang ada di udara.

Baca juga: Laba-Laba Rubah Alopecosa Fabrilis Bermata Delapan Kembali Ditemukan

Peranan Otak Laba-Laba

Apakah kamu pernah membayangkan bagaimana bisa laba-laba menghasilkan jaring raksasa dengan tubuh yang umumnya kecil. Sebenarnya, seberapa besar ukuran otak laba-laba?

Peneliti Andrew Gordus, ahli biologi perilaku Johns Hopkins menemukan fakta unik di balik terbentuknya jaring laba-laba.

Menggunakan penglihatan malam dan kecerdasan buatan, ilmuwan berhasil melacak dan merekam setiap gerakan laba-laba. Para tim melakukan penelitian kepada enam laba-laba.

Hasilnya pun cukup menakjubkan. Keenam laba-laba tersebut menggunakan aturan yang sama, sehingga menegaskan aturan dikodekan dalam otak mereka.

Jadi, meski hasil akhir dari bentuk jaring tidak terlalu mirip, tetapi cara laba-laba mengeluarkan jaring memiliki pola yang sama.

Baca Juga: Lady Gaga of Mathematics, Spesies Baru Laba-laba Hijau Neon Langka

Laba-Laba dapat Mengendalikan Jaringnya Sendiri

Laba-laba sebenarnya tidak hanya sekedar menciptakan jaring. Namun, mereka juga bisa mengatur dan mengendalikan jaring yang terbentuk.

Sebagai contoh ketika laba-laba menjebak mangsanya untuk menuju jaring. Selain itu, laba-laba juga tidak pernah terperangkap di dalam jaringnya sendiri.

Hal itu terjadi karena laba-laba memiliki kaki yang terdapat lapisan rambut. Lapisan rambut tersebut berfungsi untuk memproduksi zat anti lengket.

Keberadaan zat tersebut lah yang membuat laba-laba akhirnya dapat menggerakkan kaki mereka dengan strategi dan lebih leluasa di atas jaring buatan mereka.

Tidak hanya itu, jaring laba-laba juga dapat membantu mereka untuk terbang, sama persis seperti yang ada di karakter superhero Marvel Spider-Man.

Ketika siap untuk terbang dan berpindah tempat, mereka membuat jaring. Cara laba-laba mengeluarkan jaring untuk terbang adalah dengan mengangkat perut dan melepaskan sekitar 50 hingga 60 benang sutra. (R10/HR-Online)