Jumat, September 30, 2022
BerandaBerita BisnisCara Melakukan Riset Pasar Online Melalui Media Sosial

Cara Melakukan Riset Pasar Online Melalui Media Sosial

Cara melakukan riset pasar online bisa diterapkan dengan beberapa metode. Anda bisa mencoba melakukannya setelah tahu pengertiannya terlebih dulu.

Kemajuan dunia teknologi membuat siapa saja bisa dengan mudah menjalankan bisnis. Salah satunya dengan menjalankan bisnis online.

Jualan via online bisa memberikan keuntungan besar, salah satunya tanpa adanya pengeluaran biaya sewa toko. Meski terbilang cukup mudah sebagai pemula Anda perlu tahu bagaimana cara melakukan riset pasar online yang tepat.

Sehingga Anda tetap dapat menjalankan bisnis secara konsisten. Keuntungan pun bisa Anda dapatkan secara mudah cukup dengan memiliki perangkat dan kuota internet saja.

Baca Juga: Modal Untuk Bisnis Online, Begini Cara Mudah Menghitungnya

Cara Melakukan Riset Pasar Online Secara Tepat

Saat ini hampir semua orang menggunakan berbagai platform media sosial. Semua aplikasi yang tersedia hadir dengan berbagai keunggulan masing-masing.

Dengan banyaknya minat belanja online membuat beberapa orang memanfaatkan adanya kesempatan tersebut. Menjual produk atau jasa secara online bisa dilakukan dengan membuat toko online.

Baik itu melalui website, sosial media, atau yang kini cukup populer yaitu e-commerce. Penjualan online bisa menghasilkan omset yang tinggi. Apalagi ada banyak jenis usaha yang bisa Anda jalankan.

Namun sebelumnya Anda perlu melakukan riset pasar terlebih dulu. Agar tidak salah dalam menjalankan bisnis, berikut ini ada beberapa cara melakukan riset pasar online antara lain:

Baca Juga: Mencari Ide Bisnis Online, Begini Cara yang Tepat Bagi Pemula

Tidak hanya itu saja, Google Trends juga akan membantu memberikan informasi tingginya minat masyarakat berdasarkan letak demografisnya.

Salah satu cara riset pasar online yaitu menggunakan Google Trends. Dengan menggunakan cara ini membantu Anda bisa lebih tahu produk/jasa yang sedang trend saat ini.

Cara ini bisa dengan memasukkan keyword dalam kolom pencarian Google. Selanjutnya akan muncul grafik tentang tinggi rendahnya produk atau jasa tersebut.

Google

Cara melakukan riset pasar bisa melalui barang dan jasa yang tersedia yaitu Google. Cara melakukan ini hanya cukup keyword produk atau jasa yang akan Anda jual. Setelah klik enter Google sendiri akan menampilkan hasilnya.

Jika jumlah pengunjung terbanyak bisa dilihat dari hasil pencarian yang muncul pada halaman pertama. Jika jumlah pencarian tinggi maka memang produk atau jasa tersebut banyak yang membutuhkannya.

Baca Juga: Memulai Bisnis Online? Buat Website dengan Web Hosting Indonesia Terbaik!

E-Commerce

E-commerce menjadi tempat masyarakat untuk bisa mendapatkan semua yang diinginkan. Cara riset dalam bentuk barang melalui e-commerce menjadi paling tepat.

Apalagi jika tingkat kompetisinya masih rendah. Anda dapat memasukkan keyword pada kolom pencarian pada e-commerce tertentu.

Setelah itu, akan muncul beberapa keyword turunan yang banyak orang mencarinya. Perhatikan keyword tersebut apakah muncul pada search suggestion atau tidak.

Sebenarnya untuk melakukan bisnis online bisa Anda lakukan dengan mudah. Anda dapat mencoba menggunakan cara melakukan riset pasar online terlebih dahulu melalui beberapa platform. (R10/HR-Online)