Sabtu, Oktober 1, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Meluruskan Stang Motor yang Bengkok Sesuai Penyebabnya

Cara Meluruskan Stang Motor yang Bengkok Sesuai Penyebabnya

Cara meluruskan stang motor yang bengkok dengan langkah sederhana. Sebaiknya Anda tahu untuk dapat mengatasinya sendiri dengan cepat. Semua komponen yang ada pada sepeda motor memiliki peran yang penting, termasuk stang motor.

Sebagai pemilik kendaran, Anda perlu tahu apa saja komponen sepeda motor lengkap dengan fungsinya.

Salah satu komponen yang cukup vital yaitu stang. Komponen yang satu ini menjadi bagian penting guna menjaga keseimbangan kendaraan saat berjalan.

Sayangnya setiap komponen sepeda motor juga bisa mengalami berbagai masalah. Termasuk stang motor bengkok akibat berbagai faktor.

Cara meluruskan stang motor yang bengkok tidak bisa sembarangan.

Namun tidak ada salahnya jika Anda tahu caranya untuk bisa mengatasi stang bengkok pada kendaraan yang Anda miliki.

Baca Juga: Stang Motor Miring Ke Kanan, Ini Dia Cara Mengatasinya dengan Mudah

Cara Meluruskan Stang Motor yang Bengkok, Anda Wajib Tahu

Stang memiliki peran cukup penting. Bagian yang dipegang pada tangan ini jika mengalami masalah akan membahayakan pengendara.

Stang motor terdiri dari beberapa komponen mulai dari segitiga raiser, shock depan, hingga ke roda depan. Saat komponen ini mengalami kerusakan termasuk bengkok, maka efeknya akan terasa.

Ada banyak penyebab yang membuat stang motor miring hingga mengalami kebengkokan. Namun ada dua faktor penting yang sering mengakibatkan hal ini terjadi yaitu terbentur dinding, lubang, atau terjatuh.

Semakin keras benturan yang terjadi, semakin besar kemungkinan stang bengkok.  Saat sepeda motor Anda mengalami hal ini, sebaiknya segera mengatasinya.

Berikut ini ada cara mudah yang bisa Anda lakukan yaitu:

Baca Juga: Stang Motor Terasa Goyang, Cek Enam Komponen Ini!

Pastikan Steering Steam Tidak Diikat Terlalu Kencang

Cara meluruskan stang motor yang bengkok tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Pastikan poros kemudi motor tidak Anda ikat terlalu kencang.

Jika sampai hal ini terjadi ke kanan atau kiri maka poros akan berat sebelah. Sehingga mengakibatkan stang bengkok.

Untuk mengatasinya pastikan melakukan setting pengikatan terhadap poros sesuai dengan standarnya. Anda bisa melihat pada buku manual kendaraan tersebut.

Pastikan Komstir Tidak Rusak

Cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan yaitu mematikan bagian komponen komstirnya. Cara meluruskan stang motor yang bengkok yang satu ini penting adanya.

Komstir berfungsi untuk mengendalikan kendaraan. Jika sampai komponen tersebut bermasalah, maka stang juga akan bengkok atau miring.

Untuk mengatasinya yaitu dengan memastikan posisi komstir tepat.

Baca Juga: Motor Tidak Bisa Dikunci Stang, Atasi dengan Tepat untuk Keamanan

Segitiga dengan Posisi Sejajar

Pastikan juga segitiga pada kedudukan yang sejajar. Saat stang mengalami kerusakan seperti bengkok, menandakan jika posisi segitiga tidak sejajar.

Kondisi inilah yang mengakibatkan stang miring atau bengkok.

Mengatasi segitiga yang tidak sejajar cukup mudah. Pastikan meluruskan kedua garpu kiri dan kanan agar pada posisi sejajar dan rata.

Gunakan fuller sebagai cara meluruskan stang motor yang bengkok. Dengan cara yang tepat membantu stang motor bengkok bisa Anda atasi sendiri tanpa harus ke bengkel. (R10/HR-Online)