Sabtu, Oktober 1, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Membersihkan Pelek Mobil Supaya Kembali Bersih, Simak!

Cara Membersihkan Pelek Mobil Supaya Kembali Bersih, Simak!

Cara membersihkan pelek mobil bisa Anda lakukan dengan berbagai macam tips mudah, namun jangan sampai Anda salah dalam menerapkannya.

Pelek sendiri merupakan salah satu bagian mobil yang banyak orang melakukan modifikasi untuk mendapat tampilan berbeda.

Tidak hanya itu saja, melainkan jenis velg juga ada banyak, dari yang standar, klasik, hingga yang racing untuk membuat tampilan lebih keren.

Terkait hal itu, bukan tak mungkin bahwa komponen tersebut bisa saja kotor, sehingga harus segera dibersihkan.

Baca Juga: Cara Mendinginkan Kampas Rem Mobil yang Benar, Simak Tipsnya!

Cara Membersihkan Pelek Mobil yang Cukup Mudah dan Praktis

Pelek atau velg adalah komponen yang sering dibuat modifikasi bagi sebagian besar pengguna kendaraan roda empat itu. Hal ini mereka lakukan karena menurutnya bahwa velg asli dari pabrik terlihat seperti biasa-biasa saja dan tidak keren.

Jadi tidak heran mereka justru malah melakukan modifikasi dengan merogoh kocek yang sangat banyak demi penampilan mobil mereka.

Akan tetapi karena tidak terbuat dari pabrik resmi mobil, kemungkinan besar pelek tersebut justru akan rentan mengalami kotor.

Jika sudah seperti ini, maka cara membersihkan pelek mobil harus segera Anda ketahui untuk kemudian melakukannya sendiri.

Sebab, kondisi velg yang sangat kotor maka akan menimbulkan pemandangan menjadi tidak enak dan bisa membuatnya rusak.

Nah, dalam proses pembersihkan velg kendaraan roda empat maka ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan, seperti bahan velg.

Daripada Anda bingung, maka berikut ini ada beberapa trik mudah untuk membersihkan velg secara praktis.

Baca Juga: Tanda Ban Mobil Kurang Angin Membantu Mengurangi Risiko Kecelakaan

Gunakan Minuman Bersoda

Jika velg terbuat dari bahan aluminium, maka cara membersihkan pelek mobil bisa dengan minuman bersoda. Walaupun perawatannya tergolong sulit, namun akan tetap tampil semakin cantik apabila benar dalam proses pembersihannya.

Anda bisa menggunakan minuman bersoda untuk membersihkan velg, pertama cuci dahulu permukaan velg dengan sabun. Selanjutnya langsung lap saja velg dengan menggunakan kain sampai benar-benar mengering.

Jika sudah, kemudian berikutnya Anda bisa menuangkan minuman bersoda pada bagian permukaan velg yang sudah berkarat. Tunggu sampai beberapa menit sekitar 20 menitan.

Lalu anda bisa langsung menggosok permukaan dengan spon cuci piring halus secara perlahan sampai karat rontok dari velg. Jangan lupa langsung bisa menggunakan air bersih kemudian keringkan pula.

Menggunakan Alumunium Foil

Apabila velg terbuat dari bahan chrome, maka cara membersihkan pelek mobil ini bisa Anda lakukan dengan alumunium foil.

Siapa sih yang tidak kenal dengan aluminium foil? Ini adalah bahan yang bisa membersihkan peralatan dari bahan chrome dari karat.

Jadi langkah yang pertama adalah dengan mencuci velg yang kotor dan berkarat itu dengan air dan sabun cuci mobil khusus. Apabila masih ada noda yang membandel, maka Anda bisa menambahkan sedikit air garam atau cuka.

Gosokkan secara perlahan aluminium foil pada bagian permukaan velg dengan mengarahkan maju mundur. Anda juga bisa memberikan tekanan yang sedikit kuat untuk pelek yang karatnya sangat tebal.

Apabila velg yang berkarat sudah bersih, kemudian jangan lupa untuk mencuci ulang pelek hingga bersih dengan air bersih. Terakhir tinggal lap velg dengan lap kering sampai kondisinya benar-benar kering.

Baca Juga: Ganti Velg Mobil, Inilah Tips Tepat Sebelum Melakukan Penggantian

Menggunakan Cairan Pembersih Khusus

Cara membersihkan pelek mobil juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan pembersih Proclean. Namun tips pertama adalah dengan memperhatikan dulu jenis-jenis noda yang ada pada velg mobil Anda.

Sebab bagian belakang vel yang jarang Anda cuci maka bisa menimbulkan noda berwarna kuning pada bagian permukaan velg. Sehingga Anda bisa membersihkannya dengan cairan pembersih Proclean.

Anda bisa membeli cairan ini pada beberapa toko peralatan dan aksesori mobil, sebab ini efektif untuk membersihkan kotoran seperti karat.

Pertama tuangkan cairan itu ke dalam wadah lalu campur dengan sabun colek dan aduk hingga rata.

Oleskan cairan tersebut pada bagian pelek yang kotor dengan kuas atau kain secara perlahan. Biarkan selama beberapa menit menggunakan kain bersih lalu bilas dengan air bersih.

Setelah tahu bagaimana cara membersihkan pelek mobil yang mudah, kini saatnya Anda untuk langsung menerapkannya. Cukup mudah bukan? (R10/HR-Online)