Minggu, Mei 28, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Membuat Huruf Aksen di Android, Bisa untuk Semua Tipe HP!

Cara Membuat Huruf Aksen di Android, Bisa untuk Semua Tipe HP!

Cara membuat huruf aksen di Android tidaklah mudah. Sebab, Android pada umumnya memiliki keyboard yang terbatas.

Bahkan di platform PC Windows maupun Mac juga sama. Tidak semua huruf aksen berada di keyboard karena jumlahnya yang cukup banyak.

Selain karena jumlahnya yang banyak, alasan kenapa tidak semua huruf aksen ada di keyboard adalah karena keterbatasan ruang. Lagipula, tidak semua bahasa membutuhkan huruf aksen dalam penulisannya.

Baca Juga: Cara Masuk TP-Link Lewat Android dengan Beberapa Langkah Ini

2 Cara Membuat Huruf Aksen di Android

Di dunia ini ada berbagai jenis bahasa yang berbeda. Tentunya setiap bahasa memiliki gaya penulisan dan huruf mereka sendiri.

Beberapa bahasa tersebut ada yang mengharuskan menggunakan huruf aksen. Huruf aksen biasanya memiliki bentuk yang mirip dengan huruf asli pada umumnya.

Hal yang membedakan huruf aksen dengan huruf biasa adalah penambahan beberapa elemen pada huruf tersebut. Tidak perlu khawatir, huruf aksen ini tidak hadir di semua bahasa.

Bahasa Indonesia sendiri tidak menggunakan huruf aksen pada penulisan sehari-harinya.

Namun, ketika masuk ke dalam kamus biasanya huruf aksen ini berguna untuk menunjukkan cara mengeja dan penekanan huruf.

Itu bertujuan agar seseorang yang baru belajar dapat mengucapkan kata dengan intonasi dan pemenggalan yang benar. Karena itulah, terkadang dibutuhkan penggunaan huruf aksen ini.

Sebenarnya Android juga memiliki beberapa huruf aksen yang bisa Anda gunakan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara membuat huruf aksen di Android dengan mudah.

Baca Juga: Cara Disable Signature Android dengan Aman, Ikuti Langkah Ini!

Membuat Huruf Aksen di Android dengan Keyboard Bawaan

Setiap Android, entah apapun merek mereka, pasti memiliki sistem keyboard sendiri. Keyboard di setiap Android kurang lebih sama.

Mereka biasanya juga sudah memiliki berbagai karakter yang dapat Anda gunakan. Tanpa Anda sadari, keyboard bawaan pabrik pada Android juga memiliki jenis huruf ini.

Anda dapat menggunakan huruf aksen tersebut dengan mudah, caranya sebagai berikut.

  1. Buka notes atau room chat yang akan membuat keyboard Android Anda muncul.
  2. Setelah itu, Anda bisa memilih huruf yang ingin digunakan versi aksennya.
  3. Misalnya Anda ingin membuat huruf aksen A, maka tekan huruf A pada keyboard Android dan tahan selama beberapa saat.
  4. Nantinya akan muncul pop up di atas huruf tersebut beberapa pilihan versi aksen.
  5. Kemudian pilihlah huruf aksen yang Anda butuhkan.

Ini adalah cara membuat huruf aksen di Android yang paling mudah dan cepat. Namun, ini hanya untuk penulisan kalimat pendek saja.

Sebab, keyboard bawaan Android tidak memiliki huruf aksen yang lengkap. Pasti ada beberapa huruf aksen yang tidak tersedia di dalamnya.

Baca Juga: Cara Menggunakan Clash For Android, Mudah dan Simpel!

Membuat Huruf Aksen di Android dengan Google Keyboard

Google merupakan salah satu perusahaan teknologi ternama di dunia. Selain terkenal dengan mesin pencariannya, Google juga memiliki beberapa fitur lain yang memudahkan para penggunanya.

Salah satu fitur yang Google miliki adalah Google Keyboard. Ini merupakan Keyboard yang Google sediakan untuk para penggunanya.

Siapapun dapat menggunakan Google Keyboard, selagi mereka memiliki akun Google di dalam ponselnya. Untuk dapat mengaktifkan Google Keyboard, maka Anda hanya perlu pergi ke pengaturan dan pilih menu ‘Bahasa & Input’.

Setelah itu, pilih menu Google Keyboard agar beralih dari sistem keyboard bawaan Android. Google Keyboard ini memiliki beberapa kelebihan yang akan memudahkan para penggunanya, termasuk dalam penyediaan huruf aksen.

Sebenarnya cara membuat huruf aksen di Android menggunakan Google Keyboard ini sama seperti di keyboard bawaan Android. Namun, Google Keyboard lebih unggul karena menawarkan lebih banyak pilihan huruf aksen.

Berikut ini caranya:

  1. Pergi ke menu ‘Pengaturan’ atau ‘Settings’.
  2. Selanjutnya pilih ‘Language & Input’ atau ‘Bahasa & Input’.
  3. Kemudian pilih ‘Google Keyboard’ dan klik ‘Pengaturan’.
  4. Kemudian pilih menu ‘Preferences’ dan gulirkan tombol off menjadi on di ‘Long press for symbols’.

Jika sudah, maka Anda bisa mencobanya dengan menekan dan tahan beberapa huruf. Nantinya akan muncul pilihan huruf aksen dengan lebih lengkap.

Apabila Anda ingin lebih cepat dalam cara membuat huruf aksen di Android, maka bisa juga menggunakan aplikasi keyboard khusus bahasa yang menggunakan aksen di dalamnya.

Anda bisa menggunakan keyboard bahasa Prancis, Jerman, dan Spanyol sebagai pilihan. (R10/HR-Online)

Cek berita dan artikel HarapanRakyat.com yang lain di Google News