Selasa, Oktober 4, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Membuat Magnet Sederhana Anti Ribet, Mudah Banget!

Cara Membuat Magnet Sederhana Anti Ribet, Mudah Banget!

Cara membuat magnet sederhana dapat kamu lakukan sendiri dengan menggunakan langkah-langkah mudah di rumah. Bahan-bahan untuk membuat magnet juga cukup sederhana.

Sejak duduk di bangku sekolah dasar, mungkin sudah pernah mempelajari mengenai magnet. Benda ini terlihat menakjubkan karena dapat menempel pada beberapa material.

Bagaimana jika kamu berencana untuk membuat magnet sendiri di rumah, bisakah?

Baca Juga: Impuls dan Momentum Fisika Dasar: Definisi, Rumus, dan Contohnya

Inilah 3 Cara Membuat Magnet Sederhana

Magnet merupakan sebuah benda yang memiliki kemampuan menarik berbagai macam benda, terutama yang terbuat dari logam. Tetapi, tidak untuk semua jenis logam dapat magnet tarik.

Meski begitu, magnet menjadi salah satu benda yang menakjubkan. Ternyata, kamu bisa membuat magnet sendiri loh.

Lantaran pembuatan magnet tergolong mudah, sehingga kamu juga bisa membuatnya sendiri di sekolah, bisa pula di rumah.

Magnet terbagi menjadi dua jenis, antara lain magnet alami dan buatan. Tentu saja magnet alami terbentuk secara alami, yakni melalui proses alam tanpa memerlukan campur tangan dari manusia, misalnya seperti magnet Bumi.

Sedangkan magnet buatan adalah yang terbuat secara sengaja dari tangan manusia. Untuk dapat membuatnya, kamu bisa melakukan cara ini berikut ini.

Baca Juga: Perbedaan Proton dan Elektron yang Jelas Bertolak Belakang

Membuat Magnet dengan Sentuhan (Menggosok)

Cara pertama untuk membuat magnet adalah dengan menggosokkan magnet pada salh satu kutubnya dengan sepotong besi atau baja. Kamu harus melakukan hal ini secara berulang dan searah.

Kemudian, pada besi dan baja akan berubah menjadi magnet. Akan tetapi, magnet aslinya akan kehilangan sifat magnetik mereka.

Sebagai tambahan, batang besi yang kamu harus menggosokkan magnet ke batang besi secara berkala dalam beberapa saat.

Membuat Magnet dengan Cara Induksi

Baja atau bahan dari non-magnetik dapat berubah menjadi magnet jika keduanya berdekatan dengan baja ataupun besi magnetis.

Oleh sebab itu, cara sederhana membuat magnet dapat kamu lakukan dengan pendekatan dari dua material yang bersifat beda atau induksi magnetik.

Alat yang dibutuhkan adalah buah statif, batang besi, magnet kuat, serta beberapa jarum atau juga paku kecil. Selanjutnya, letakkan batang besi pada statif dengan posisi vertikal.

Lanjut dengan meletakkan beberapa buah jarum di bawah besi dan kemudian magnet kuat di atas batang besi. Jepit statif untuk bisa menghindari perubahan posisi, setelah itu amati jarum di bawah besi.

Jika jarum menempel ke besi, artinya besi tersebut memiliki sifat kemagnetan/magnetis.

Baca Juga: Dimensi Besaran Impuls di Dalam Fisika, Ini Dia Definisi dan Rumusnya!

Melalui Elektromagnetik

Selain dari dua cara di atas, kamu juga bisa membuat magnet dengan cara mengalirkan arus listrik yang searah atau direct current (DC) melalui sebuah pengantar.

Arus listrik searah tersebut juga dapat kamu ganti dengan alternating current (AC) atau arus listrik bolak-balik bertegangan rendah. Untuk dapat melakukan ini, kamu memerlukan bahan-bahan:

  • Paku besi panjang 5 cm
  • Dua buah baterai segala ukuran
  • Kabel kumparan atau kawat besi
  • Jarum
  • Gunting

Hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan melilitkan kawat besi tersebut pada paku. Kemudian kupas ujung kabel keduanya menggunakan gunting. Setelah itu hubungan keduanya dengan kutub positif dan juga negatif pada baterai.

Dekatkan antara jarum dengan paku besi, setelah itu lakukan pengamatan. Jika cara sederhana membuat magnet ini telah berhasil, maka paku besi tersebut akan menarik jarum yang ada di atasnya. (R10/HR-Online)