Jumat, Oktober 7, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Memperbaiki Door Lock Pintu Mobil dengan Langkah Mudah

Cara Memperbaiki Door Lock Pintu Mobil dengan Langkah Mudah

Cara memperbaiki door lock pintu mobil penting Anda ketahui, karena komponen yang satu ini memiliki peran yang cukup penting demi keselamatan. Jadi door lock ini merupakan salah satu fitur yang penting untuk keselamatan selama berkendara.

Namun siapa sangka, ternyata keberadaan fitur tersebut juga seringkali mengalami masalah sehingga membuat kita merasa jengkel. Tentu ada banyak sekali penyebab mengapa fitur tersebut bisa rusak, jika sudah seperti itu maka harus segera kita perbaiki.

Baca Juga: Engsel Pintu Mobil Rusak, Ini Cara Mengatasi dan Faktor Penyebabnya

Cara Memperbaiki Door Lock Pintu Mobil Paling Mudah dan Praktis

Fitur door lock sebenarnya menggunakan sistem kendali otomatis dari Electronic Unit Computer alias ECU. Selain hanya ada masalah pada sistem komputer, maka salah satu penyebab fitur tu tidak berfungsi lagi adalah sopir lebih suka menggunakan tuas pembuka manual.

Jika komponen itu tidak bisa kita kunci maupun buka baik dengan menekan tombol atau memakai remot, itu tandanya ada kerusakan pada fitur tersebut. Sebab door lock ini menjadi salah satu fitur yang sangat penting demi keselamatan selama mengendarai kendaraan roda empat tersebut.

Selain itu rusaknya kawat penghubung juga akan menjadikan aliran listrik dari komputer ke tuas pembuka dan penutup kunci jadi tidak tersalurkan. Sehingga jika sudah seperti itu maka akan menyebabkan door lock menjadi tidak bisa berfungsi kembali.

Jika Anda mengalaminya maka jangan panik, sebab ada beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan sendiri. Berikut ini ada beberapa tips mudah yang bisa Anda contoh dan tiru ketika akan memperbaiki komponen tersebut.

Baca Juga: Lis Karet Pintu Mobil, Begini Cara Merawat Agar Air Hujan Tidak Rembes!

Periksa Bagian Sekring

Cara memperbaiki door lock pintu mobil untuk langkah yang pertama ini adalah dengan cara melakukan pemeriksaan pada sekring. Jadi untuk bisa melakukan hal ini, maka Anda membutuhkan alat pengukur tegangan listrik alias multimeter.

Supaya door lock pintu mobil bisa bekerja dengan baik maka tegangan listrik harus bisa mengalir dengan lebih baik pula. Apabila sekring sudah mengalami kerusakan, maka door lock pintu mobil juga tidak bisa berfungsi kembali.

Mengecek Modul Pintu

Jika tidak ada masalah pada sekring, maka kemungkinan ada masalah pada bagian modul kendaraan tersebut. Nah, modul sendiri adalah elemen pengontrol penting dalam proses pembukaan atau penguncian pintu otomatis jarak jauh.

Jika komponen ini sudah bermasalah maka kemungkinan terjadinya kerusakan pada fitur door lock mobil adalah karena masalah ini. Sehingga untuk bisa mengeceknya adalah dengan cara membuka door trim dan mengoperasikan remote mobil.

Cara memperbaiki door lock pintu mobil mudah, dan jika remote berfungsi dengan baik, maka arus listrik tetap mengalir, maka sudah tak ada masalah pada modul. Begitu juga sebaliknya, apabila remote sudah tidak berfungsi kemungkinan ada masalah pada modul tersebut.

Memeriksa Kawat Penghubung

Seperti pembahasan sebelumnya bahwa salah satu penyebab door lock pintu mobil bisa rusak adalah karena kawat penghubung sudah putus. Oleh karena itu Anda juga harus segera memeriksa pada bagian kawat penghubung itu dengan cermat dan teliti.

Apabila ada bagian kawat yang sudah putus, maka solusinya adalah Anda harus segera menggantinya dengan kawat baru saja. Ternyata kawat penghubung ini juga bisa Anda ganti sendiri.

Namun sayangnya untuk bisa menemukan kawat dengan jenis yang sama, maka Anda harus membawa kawat yang sudah putus itu ke bengkel resmi dulu. Tetapi jika kawat penghubung yang hanya terpotong pada bagian ujungnya, maka Anda cukup meregangkan sedikit supaya bisa pasang pada baut.

Baca Juga: Karet Pintu Mobil, Tips Merawatnya Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Memeriksa Suku Cadang Kendaraan

Cara memperbaiki door lock pintu mobil untuk tips yang terakhir ini adalah dengan memeriksa suku cadang kendaraan kesayangan Anda. Nah motor penggerak sendiri merupakan salah satu komponen yang mampu untuk menarik pintu secara otomatis.

Ketika Anda pakai untuk mengunci, maka magnet pun akan langsung mengunci pintu, karena plugger pintu sendiri akan tertarik oleh magnet. Apabila rusak maka pintu juga akan sulit untuk Anda kunci.

Jika sudah seperti ini maka Anda harus segera mengecek keberadaannya. Karena apabila bagian ini sudah mengalami kerusakan, maka sudah jelas bahwa pintu tidak akan bisa terkunci dengan baik.

Oleh karena itu Anda juga harus segera melakukan pemeriksaan secara berkala guna menghindari terjadinya hal serupa itu. Akan tetapi selain beberapa komponen-komponen tersebut, Anda juga wajib cek kabel yang berhubungan dengan arus listrik pada pintu.

Sebab door lock ternyata berpengaruh oleh listrik. Nah dengan beberapa cara memperbaiki door lock pintu mobil seperti itu, mungkin ini sudah akan sangat membantu. Jika tidak bisa melakukannya maka bawa saja ke bengkel terpercaya dekat rumah Anda. (R10/HR-Online)