Kamis, Oktober 6, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mempercepat Download di iPhone, Anti Lemot!

Cara Mempercepat Download di iPhone, Anti Lemot!

Cara mempercepat download di iPhone bisa kamu lakukan dengan sangat mudah. Sejatinya, download merupakan aktivitas yang seringkali kita lakukan.

Entah itu untuk mengunduh gambar, video, musik, aplikasi, maupun file lainnya. Sayangnya, meskipun iPhone sudah dibekali dengan spesifikasi mumpuni, bukan tidak mungkin jika proses download-nya menjadi lebih lambat.

Tentu saja hal ini tidak terjadi begitu saja, akan tetapi ada beberapa penyebabnya. Salah satu penyebabnya, menggunakan jaringan WiFi IndiHome yang tidak bersahabat dengan server yang Apple miliki.

Penyebab lainnya, server download sedang penuh, terutama jika terdapat update software iOS secara bersamaan.

Tak hanya itu saja, server Apple di Indonesia yang terblokir oleh penyedia jasa internet juga bisa menjadi penyebabnya.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Nada Dering iPhone Agar Tak Membosankan

6 Cara Mempercepat Download di iPhone

Bagi siapa saja yang mengalami masalah pada kecepatan download, tak perlu khawatir. Sebab, kita bisa menggunakan beberapa cara sederhana dan mudah.

Berikut adalah penjelasannya.

1. Refresh Internet dengan Menggunakan Mode Pesawat

Cara pertama kali yang bisa kita lakukan yakni refresh internet dengan menggunakan Mode Pesawat. Dengan kata lain, kita bisa refresh jaringan atau koneksi internet pada perangkat iPhone tersebut.

Cukup dengan menyalakan mode pesawat dalam beberapa saat saja, setelah itu, matikan kembali mode pesawat tersebut. Berikutnya, kita bisa mencoba mengunduh lagi.

Jika cara satu ini selesai, proses unduh pada iPhone akan semakin cepat.

2. Restart Perangkat iPhone

Cara mempercepat download di iPhone selanjutnya yakni dengan restart perangkat tersebut. Ini merupakan cara yang sederhana dan mudah untuk menghilangkan segala permasalahan maupun error pada iPhone.

Salah satunya, bisa mengatasi proses download yang sangat lama pada iPhone kita. Setelah kita sudah restart, cobalah untuk mengunduh kembali.

Ketika cara ini berhasil, proses download akan cepat kembali.

Baca Juga: Cara Copy Chat WA di iPhone, Mudah Tanpa Menyita Waktu

3. Menggunakan VPN

Menggunakan VPN bisa menjadi salah satu cara mempercepat download di iPhone lainnya. VPN atau sering kita kenal sebagai Virtual Private Network merupakan salah satu aplikasi yang bisa kita gunakan.

Sistem kerja dari aplikasi ini yaitu menggunakan server luar negeri. Dengan begitu, kecepatan download akan semakin meningkat.

Jangan khawatir, saat ini sudah ada banyak jenis VPN yang bisa kita gunakan. Bahkan, VPN-VPN tersebut tersedia secara gratis.

Berikut ini beberapa pilihannya, Turbo VPN, Best VPN, VPN Unlimited, Hotspot Shield VPN, VPNIFY, dan lain sebagainya.

4. Menggunakan DNS Server

Selain menggunakan VPN, cara mempercepat download di iPhone juga bisa menggunakan DNS Server luar negeri. Beberapa contohnya seperti Google DNS, Cloudflare DNS, atau Open DNS.

Selain itu, kita juga bisa memilih salah satu DNS seperti berikut, 1.1.1.1, 8.8.8.8, 8.8.4.4, dan yang lainnya. Kemudian, kamu juga bisa melakukan pengaturan sendiri dengan langkah-langkah berikut ini.

  1. Langkah pertama, silahkan kamu buka menu “Settings” atau “Pengaturan”.
  2. Setelah itu, pilihlah menu selanjutnya yakni “General”.
  3. Selanjutnya pilih “VPN & Network”.
  4. Tidak hanya dengan setting secara manual saja, kita pun juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses downloadnya.

Berikut ini beberapa pihak ketiga yang bisa kita coba, NextDNS, DNS CLoak, hingga DNS 1.1.1.1.

5. Menggunakan Jaringan Seluler 4G atau 5G

Cara mempercepat download di iPhone lainnya yakni dengan menggunakan jaringan seluler 4G ataupun 5G. Hal ini menjadi cara yang ampuh jika penyebabnya adalah jaringan internet yang kurang stabil.

Meskipun kita akan menggunakan banyak kuota data, hal ini akan tetap sebanding dengan hasilnya. Pasalnya, kecepatan download akan menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga: Cara Mengatur Sensitif Layar iPhone dengan Mudah

6. Update iOS

Cara terakhir yang bisa kamu gunakan yakni dengan update iOS. Ada baiknya jika kita update versi iOS ke versi final.

Dengan kata lain, kita tidak harus upgrade iOS-nya. Akan tetapi cukup dengan memperbarui ke versi yang paling terakhir saja.

Namun, jika menginginkan fitur terbaru, tak ada salahnya untuk mencoba upgrade iOS ke versi terbaru.

Cara mempercepat download di iPhone seperti di atas, bisa kita sesuaikan berdasarkan kebutuhan. Misalnya saja berkaitan dengan tingkat kemudahannya ataupun masalah yang sekiranya kita hadapi. Dengan begitu, kecepatan download akan normal kembali. (R10/HR-Online)