Jumat, Januari 27, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Menata Kamar Tidur Ukuran 3x4 Lebih Lega dan Menarik

Cara Menata Kamar Tidur Ukuran 3×4 Lebih Lega dan Menarik

Cara menata kamar tidur ukuran 3×4 cukup sulit. Sebab ukuran tersebut tergolong sempit. Sebaiknya Anda bisa menatanya dengan pemilihan furniture yang tepat.

Mengingat kamar tidur adalah ruangan penting sudah pasti Anda harus dapat menciptakan suasana nyaman.

Namun saat berada di rumah area yang satu ini bisa digunakan untuk berbagai kegiatan. Terkadang menciptakan area kamar yang nyaman tidak dapat diukur dari luasnya saja.

Apalagi saat ini sebuah hunian sudah terhalang dengan keterbatasan lahan. Sehingga membuat beberapa ruangan sempit termasuk area kamar tidur. Salah satu yang sering didapati yaitu kamar tidur berukuran 3×4.

Bahkan kamar tidur ukuran yang satu ini biasa digunakan pada tempat kos yang memiliki lahan terbatas. Meski ukurannya sempit bukan berarti tidak dapat menciptakan suasana nyaman.

Anda bisa gunakan cara menata kamar tidur ukuran 3×4 agar terkesan rapi dan nyaman. Selain dari pemilihan dekorasi, tingkat kenyamanan menjadi hal utama untuk diperhatikan. Sehingga kamar tidur sempit pun bisa terasa lebih lega. 

Baca Juga: Kamar Tidur Plus Ruang Kerja, Buat yang Minimalis dan Nyaman

Cara Menata Kamar Tidur Ukuran 3×4 Agar Rapi dan Nyaman

Semua ruangan di rumah memang memiliki fungsinya masing-masing. Namun kamar tidur menjadi salah satu area yang banyak membutuhkan perhatian khusus.

Karena fungsinya untuk beristirahat pastikan ruangan terasa nyaman dan tidak membosankan. Apalagi pada ruangan yang ukurannya tergolong sempit.

Jangan sampai istirahat terganggu karena ruangan yang pengap dan tidak nyaman. Karena alasan inilah mengapa kamar tidur 3×4 tidak bisa ditata secara sembarangan.

Bagi Anda yang memiliki kamar tidur minimalis seperti ini, coba gunakan cara penataan berikut ini. Dapatkan suasana kamar tidur nyaman, luas, dan inspiratif. Cocok bagi Anda anak kosan sekalipun.

Pilih Cat Dinding Warna Putih

Ide menarik sebagai cara menata kamar tidur ukuran 3×4 yaitu dari segi pemilihan warna. Ada baiknya jika Anda terapkan cat pada bagian dinding warna putih dominan.

Dengan cara ini membantu mengubah suasana ruangan yang sempit terkesan lebih lega. Selain itu, ruangan juga akan terkesan rapi, nyaman, dan sejuk.

Pastikan pilih kombinasi warna pada furniture atau hiasan dinding yang tepat. Apalagi warna putih terkesan netral yang mudah berpadu dengan warna lainnya.

Baca Juga: Kamar Tidur Kontemporer Mampu Menciptakan Ruangan Bernilai Estetik

Pilih Perabotan Menempel pada Dinding

Membuat ukuran kamar 3×4 yang sempit terkesan lebih luas juga bisa dari penggunaan furniturenya. Anda bisa gunakan cara menata kamar tidur ukuran 3×4 dengan menggunakan perabotan yang menempel pada bagian dinding.

Misalnya saja meletakkan ranjang tidur tepat menempel pada salah satu sisi dinding kamar. Gunakan juga rak khusus untuk ruang penyimpanan yang juga menempel pada dinding.

Ciptakan kesan luas pada ruang tidur dengan pemasangan karpet pada bagian tengah ruangan. Dengan adanya karpet bisa membantu Anda beraktivitas lebih nyaman saat bersantai atau sekedar membaca buku.

Pilih desain kamar yang menarik dan inspiratif, sehingga akan merasa betah di dalamnya.

Menggunakan Wallpaper dan Kaca Dinding

Cara menata kamar tidur ukuran 3×4 tidak semudah kamar dengan area luas. Untuk ciptakan ilusi luas dan nyaman tidak ada salahnya Anda menggunakan wallpaper dan kaca pada bagian dindingnya.

Dengan teknik penataan dan dekorasi yang tepat dijamin kamar yang sempit pun tidak akan membosankan. Letakkan wallpaper tepat di atas kepala tempat tidur.

Sedangkan kacanya bisa terpasang pada sisi dinding samping. Pilih tempat tidur minimalis yang tidak akan membuat area ruangan terlihat sempit. Tambahkan karpet pada bagian bawah tempat tidur untuk ciptakan kesan rapi, nyaman, dan luas.

Baca Juga: Desain Kamar Tidur Lesehan Ukuran 3×3 Lebih Lega dan Instagramable

Dekorasi Menggunakan Hiasan Dinding

Menghias ruangan yang sempit tidak perlu membutuhkan furniture atau perabotan berukuran kecil. Sebaiknya Anda gunakan furniture multifungsi agar menghemat tempat.

Sedangkan untuk ciptakan suasana hidup dan menarik tambahkan hiasan dinding sesuai selera. Salah satu yang bisa Anda gunakan yaitu pajang foto atau lukisan berbingkai kayu pada bagian dinding.

Memilih dekorasi yang menarik membantu tampilan semakin menyenangkan. Apalagi dengan dekorasi bagian dinding kamar untuk ciptakan kesan ruangan lebih lega.

Jika penggunaan peralatan terlalu banyak justru kamar tidur ukuran kecil semakin sempit. Untuk itu, solusinya gunakan cara menata kamar tidur ukuran 3×4 agar lebih luas dan nyaman. (R10/HR-Online)