Sabtu, Januari 28, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Menata Rumah Kontrakan Sempit Terkesan Luas dan Rapi

Cara Menata Rumah Kontrakan Sempit Terkesan Luas dan Rapi

Cara menata rumah kontrakan sempit tidak bisa sembarangan. Anda perlu memperhatikan beberapa posisi dan pemilihan furniture agar ruangan lebih tepat.

Memiliki rumah sendiri adalah impian semua orang. Hanya saja untuk memilikinya bukan perkara mudah. Apalagi bagi pasangan yang merantau ke luar daerah.

Harga tanah dan biaya pembangunan rumah yang cukup besar terkadang menjadi hambatan tersendiri. Salah satu cara yang bisa menjadi solusinya yaitu dengan cara mencari kontrakan.

Kontrakan bisa dengan mudah Anda temukan saat ini. Sayangnya kontrakan biasanya memiliki ukuran yang sempit karena keterbatasan lahan dan harga yang ditawarkan.

Karena ukurannya yang terbatas gunakan cara menata rumah kontrakan sempit secara tepat.

Agar tidak bingung dalam menatanya cari tahu bagaimana cara tepat untuk melakukannya. Sehingga meski berada di kontrakan Anda dan keluarga tetap merasa nyaman.

Baca Juga: Desain Interior Kantor Coastal dengan Ciri Khusus yang Khas

Cara Menata Rumah Kontrakan Sempit Agar Lebih Luas

Memiliki tempat tinggal sementara di sebuah kontrakan bukan hal yang sulit. Justru cara ini lebih tepat terutama bagi pasangan yang baru menikah.

Sambil menunggu mendapatkan uang untuk biaya pembuatan rumah tidak ada salahnya menempati kontrakan terlebih dulu. Meski kontrakan sempit bukan berarti tidak nyaman.

Anda bisa melakukan penataan yang tepat agar ruangan lebih nyaman dan terkesan lega. Seperti ulasan berikut ini yang menjelaskan tentang bagaimana cara menata kontrakan agar tetap nyaman meski sempit ukurannya.

Tidak Meletakkan Sofa Secara Terpisah

Cara menata rumah kontrakan sempit yaitu dari penempatan sofa. Sebenarnya sofa sering membuat ruangan kontrakan lebih sempit. Agar hal ini tidak Anda dapatkan, sebaiknya tata sofa secara tepat.

Jangan sampai sofa terpisah, karena mengakibatkan ruangan terlihat sempit. Selain itu, pilih sofa minimalis dengan ukuran yang tepat.

Pilih Tempat Tidur dengan Laci

Sebaiknya meminimalisir penggunaan peralatan. Anda bisa pilih penggunaan tempat tidur yang dilengkapi dengan laci bawaan.

Cara ini bisa membantu Anda mendapatkan ruang penyimpanan yang menyatu dengan ranjang.

Anda bisa gunakan laci untuk menyimpan barang sesuai ukurannya. Dengan cara ini Anda tidak perlu lagi banyak tempat penyimpanan di kontrakan.

Selain itu, Anda juga bisa memilih ranjang dengan laci atau ruang penyimpanan sesuai kebutuhan. Misalnya untuk menyimpan pakaian atau hanya barang berukuran kecil saja.

Baca Juga: Desain Kamar 4×4 Terbaik Membuat Kualitas Tidur Lebih Baik

Gabungkan Ruang Tamu dengan Ruang Keluarga

Karena kontrakan berukuran sempit Anda harus pintar dalam penataannya. Untuk membuat ruangan sempit lebih lega, Anda bisa menggabungkan satu ruangan dengan dua fungsi.

Misalnya ruang tamu dengan ruang keluarga. Anda bisa gabungkan keduanya dengan pemisah sebuah sekat.

Misalnya tirai atau sekat ringan lainnya yang membuat ruangan terkesan terpisah.

Anda bisa isi ruang tamu dengan sofa dan ruang keluarga menggunakan televisi dan karpet untuk bersantai.

Jika sewaktu-waktu ada tamu yang datang Anda cukup tarik tirai sekat untuk menutupnya. Sebaiknya cara menata rumah kontrakan sempit yang satu ini bisa menjadi inspirasi.

Pasang Pasak pada Area Dapur

Rumah kontrakan yang sempit harus ditata ulang agar lebih luas. Selain cara menata rumah kontrakan sempit sebelumnya Anda bisa gunakan cara ini. Area dapur kontrakan sudah pasti sempit juga.

Untuk itu, tidak ada salahnya menambahkan papan pasak agar dapur terlihat rapi. Fungsi dari papan pasak tersebut yaitu untuk menyimpan berbagai peralatan dapur agar lebih rapi dengan cara menggantungnya.

Dengan cara ini dapur sempit pun akan terlihat lebih lega. Sebab tidak akan memakan banyak ruangan. Aktivitas memasak atau menyajikan makanan jauh lebih leluasa.

Baca Juga: Desain Ruang Tamu Scandinavian, Ciptakan Nuansa Hangat

Gantung Cermin Berukuran Besar

Cermin besar yang terpasang pada area tengah kontrakan juga membantu menciptakan ilusi ruangan lebih luas. Ada banyak bentuk cermin yang tersedia di pasaran.

Anda bisa pilih cermin ukuran besar dengan bingkai sederhana. Cermin tidak hanya membuat ilusi, namun juga mampu memberikan tampilan interior ruangan lebih menarik.

Pastikan juga terapkan cara menata rumah kontrakan sempit lainnya. Dengan begitu kontrakan tidak akan terlihat lebih lega saja, namun juga nyaman dan rapi. Itulah tips cerdas ciptakan nuansa hangat dan nyaman meski di kontrakan kecil. (R10/HR-Online)