Kamis, September 29, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mencari Bug Website dengan Android, Basmi Segera!

Cara Mencari Bug Website dengan Android, Basmi Segera!

Cara mencari bug website dengan Android bukanlah hal yang sulit untuk sekarang ini. Kemajuan teknologi yang pesat membuat kinerja Android semakin baik.

Celah atau bug bisa masuk ke dalam ponsel karena berbagai macam faktor. Sebagian besar bug tertanam di dalam website dan juga aplikasi.

Keberadaan bug memang tidak mudah terdeteksi. Namun demikian, dampak yang timbul akibat keberadaan bug di dalam ponsel sangatlah terasa.

Oleh karena itulah, Anda harus sesegera mungkin mencari keberadaan mereka sekaligus menghilangkannya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Bug Android 11, Ini Penyebab dan Langkah-langkahnya!

Mudah, Begini Cara Mencari Bug Website dengan Android!

Bug merupakan salah satu kesalahan atau cacat yang menyerang software atau hardware. Keberadaan bug akan membuat software atau hardware yang mereka naungi tidak bisa jalan sebagaimana mestinya.

Karena itulah bug terkenal sebagai ancaman di dalam perangkat. Sebenarnya bug sendiri dapat hilang dengan beberapa cara, tetapi mencari keberadaannya lah yang sulit.

Bug cenderung lihai dalam menyerang perangkat sehingga sulit untuk terdeteksi. Jika Anda ingin mencari bug website, sebenarnya bisa menggunakan perangkat Android. Ikutilah cara mencari bug website dengan Android berikut ini.

Baca Juga: Cara Run Android Studio di HP Android Langsung Secara Mudah

Mencari Website yang Vulnerability dengan Google Dork

Untuk mencari website yang termasuk vulnerability, Anda membutuhkan beberapa tool untuk membuka webnya. Dalam tutorial ini, Anda bisa menggunakan Google Dork.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka web browser yang ada. Kemudian, masukkan satu Dork di bawah ini pada menu pencarian.

  • add.php?bookid=
  • add_cart.php?num=
  • addcart.php?

Jika sudah, maka browser akan menampilkan beberapa website yang Vulnerability. Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menguji web tersebut.

Anda harus mengetahui apakah website yang muncul tersebut benar-benar masuk kategori vulnerability atau terdapat celah keamanan di dalamnya.

Jika sudah, maka lakukan cara mencari bug website dengan Android selanjutnya ini:

  • Download dan instal aplikasi bernama Droidbus QSL pada hp Android.
  • Jika sudah terinstal, buka dan klik menu By URL,s. Nantinya akan muncul kolom untuk memasukkan link.
  • Pada kolom link tersebutlah Anda harus menempel link website yang sebelumnya didapatkan dari Google Dork, selanjutnya klik SCAN.
  • Tunggu saja hingga proses scanning selesai dan lihat keterangannya. Apabila termasuk vuln, maka akan ada keterangan Vulnerability berwarna hijau.

Vulnerability sendiri merupakan sebuah celah keamanan atau cacar pada sistem yang memungkinkan terjadinya akses tanpa izin dengan cara melakukan eksploitasi terhadap sistem yang mengalami kerusakan.

Baca Juga: Cara Downgrade Android 11 ke 10 Simple, Simak Langkahnya!

Bagaimana Cara Menghilangkannya?

Mengetahui keberadaan bug saja tidaklah menyelesaikan masalah. Setelah Anda menemukannya melalui cara mencari bug website dengan Android seperti di atas, akan lebih baik jika menghilangkannya juga.

Hal yang perlu Anda ketahui adalah bug dapat muncul karena beberapa hal mulai dari sembarangan mengunduh file atau dokumen hingga karena ada sistem yang rusak.

Beberapa orang mengatakan bahwa bug pada Android tidak bisa dihilangkan. Padahal, kenyataanya ada berbagai cara yang bisa Anda coba untuk memusnahkan bug di dalam website.

  1. Mengupdate OS Android

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bug pada website adalah dengan melakukan pembaruan sistem operasi Android.

Sejatinya, bug bisa saja muncul karena OS Android Anda sudah terlalu lama atau jadul. Jadi, Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan memberikan pembaruan pada sistem operasi.

  1. Melakukan Factory Reset

Apa itu factory reset? Factory reset atau pengaturan pabrik adalah opsi untuk mengatur uang Android Anda agar kembali ke setelan awal pabrik.

Ini merupakan cara yang paling ampuh untuk menyingkirkan bug yang masuk ke dalam ponsel. Akan tetapi, lebih baik melakukan cara lain terlebih dahulu.

Sebab, melakukan factory reset akan sama dengan menghapus seluruh data yang tersimpan di dalam ponsel Android Anda.

  1. Flashing Software

Cara selanjutnya ini hampir mirip dengan melakukan factory reset. Namun, pada flashing software Anda akan menginstal atau membarui sistem perangkat dengan sistem yang baru. Flashing software juga cukup efektif untuk mengatasi bug yang sudah sangat mengganggu ponsel.

Bagaimana, sebenarnya cara mencari bug website dengan Android sangat mudah bukan. Jika bug website sudah terlanjur masuk ke dalam ponsel dan sangat mengganggu, maka segera singkirkan mereka dengan cara di atas. (R10/HR-Online)