Rabu, Oktober 5, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mendinginkan Kampas Rem Mobil yang Benar, Simak Tipsnya!

Cara Mendinginkan Kampas Rem Mobil yang Benar, Simak Tipsnya!

Cara mendinginkan kampas rem mobil sebenarnya sangat mudah, hanya saja tidak semua pemilik kendaraan roda empat ini mengetahui langkahnya.

Seperti yang kita tahu bahwa rem sendiri merupakan sebuah komponen mesin yang sangat membantu dalam berkendara.

Karena fungsinya sendiri adalah untuk mengatur tingkat kecepatan berkendara dan menghentikan mobil apabila memerlukannya. Apabila tidak ada rem, maka kendaraan yang melaju tidak bisa terhenti sehingga bisa menyebabkan kecelakaan.

Baca Juga: Penyebab Hand Rem Mobil Kurang Pakem yang Wajib Diketahui!

Cara Mendinginkan Kampas Rem Mobil yang Paling Mudah dan Praktis

Rem pada kendaraan tak terkecuali mobil dengan perangkat mesin lainnya memang sewaktu-waktu bisa rusak dan hilang fungsinya.

Nah, salah satu yang seringkali terjadi dan mengalami penurunan fungsi adalah bagian rem cakram kendaraan roda empat.

Pasalnya rem cakram ini adalah tipe rem yang menggunakan sebuah kapiler dalam menjepit sepasang cakram pada roda. Tujuannya adalah guna menciptakan gaya gesek yang membuatnya bisa menghambat rotasi ban saat sedang berputar.

Sementara itu, rem cakram juga harus dipasang dengan cara menyetel rem cakram bagian belakang dengan cara yang benar. Apabila tidak, maka penggunaan rem ini bisa menimbulkan masalah kemudian hari setelah melakukan pemasangan.

Rem cakram yang memanas memang hal yang wajar dan sering terjadi, mengingat bahwa gaya gesekan hebat akan terjadi pada rotor.

Akan tetapi, apabila panas akibat dari gaya gesek ini tidak menyebar, maka akan menimbulkan kekhawatiran pengguna sehingga harus mendinginkannya.

Baca Juga: Penyebab Kampas Rem Mobil Cepat Aus, Jangan Asal Pakai!

Apa Penyebabnya?

Sebelum ke cara mendinginkan kampas rem mobil, ada baiknya jika Anda mengetahui apa saja penyebab mengapa cakram bisa panas.

Seperti pembahasan sebelumnya, bahwa panas pada rem cakram kerap terjadi, tapi apa sebenarnya penyebab komponen itu bisa panas?

Nah, panas yang berlebihan pada komponen rem cakram ini bisa terjadi saat keadaan rem diaplikasikan pada kendaraan yang sedang menuruni bukit.

Pasalnya sistem rem pada kendaraan modern seperti sekarang ini memang tidak dibuat supaya rem bisa pengguna aplikasikan.

Sehingga saat menuruni jalan seperti bukit, kemungkinan besar pengguna tidak bisa menambahkan kecepatan kendaraan. Sebab hal seperti ini akan sangat berbahaya apabila pengendara lakukan.

Mungkin Anda akan lebih mempertahankan soal kecepatan kendaraan atau mungkin justru akan menguranginya. Jika ini Anda lakukan, maka rem cakram pun akan langsung menghasilkan rasa panas yang berlebihan.

Cara Mengatasi

Cara mendinginkan kampas rem mobil harus Anda ketahui dan jika Anda sudah menyadarinya, maka segeralah untuk mengurangi kecepatan.

Pada intinya apabila Anda sudah menyadari bahwa rem cakram sudah panas, sebaiknya kurangi saja kecepatan laju kendaraan.

Setelah itu, cobalah juga untuk mengaplikasikan rem tangan secara perlahan-lahan.

Walaupun rem tangan tidak memiliki desain untuk memperlambat laju kendaraan, tetapi juga bermanfaat untuk menjaga posisi kendaraan supaya tidak bergerak ke mana-mana.

Apabila Anda masih dalam keadaan sedang berjalan dan mobil tidak bisa berhenti, sebaiknya segera keluar saja dari jalan aspal. Kemudian Anda bisa mencari jalan yang bersemak atau mungkin yang ada rumput-rumputnya guna mengurangi kecepatan mobil.

Setelah Anda sudah berhenti, kemungkinan rem cakram pada mobil Anda juga akan langsung memerah dan mungkin akan berasap. Jadi Anda bisa mendinginkannya dengan cara membiarkannya selama beberapa saat sampai tertiup oleh angin.

Baca Juga: Cara Mengatasi Rem Cakram Panas Melalui Penyebab yang Ditimbulkan

Menambahkan Pendingin

Cara mendinginkan kampas rem mobil juga bisa Anda lakukan dengan cara menambahkan pendingin. Pada dasarnya pengurangan kemampuan rem sebab minyak rem kepanasan juga dapat Anda kurangi dengan mudah.

Caranya adalah dengan menambahkan penahan panas antara piston dan kampas rem dari kaliper. Ini tentu bisa mengurangi hantaran panas ke kaliper yang terhubung dari kampas rem juga ke minyak rem.

Bahkan untuk kaliper racing pun juga sudah ada yang menyertakan penahan panas seperti ini dari bahan titanium maupun keramik. Akan tetapi juga bisa menggunakan penahan panas titanium aftermarket pada sistem rem yang ada.

Ada juga cara lain yakni dengan menambahkan pendingin. Sama halnya seperti penahan panas, sebab pendingin ini bisa Anda letakkan antara kampas rem dan piston dari kaliper.

Bahannya juga terbuat dari material yang mudah untuk mengalirkan panas dari kampas rem ke bagian tambahan luar kaliper. Bahkan cara ini mampu menurunkan suhu piston kaliper mencapai 20% dan menurunkan waktu untuk melakukan pendinginan.

Setelah Anda tahu tentang cara mendinginkan kampas rem mobil seperti ini, mungkin apabila itu terjadi pada mobil Anda. Maka Anda bisa langsung menerapkan cara-cara seperti itu. (R10/HR-Online)