Jumat, Januari 27, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Mengatasi Fan Belt Motor Bunyi dengan Langkah Sederhana

Cara Mengatasi Fan Belt Motor Bunyi dengan Langkah Sederhana

Cara mengatasi fan belt motor bunyi bisa Anda lakukan dengan mengetahui faktor penyebabnya terlebih dulu. Dengan begitu masalah bisa teratasi secara tepat.

Setiap pemilik kendaraan bermotor khususnya tipe matik tentu tahu apa itu fan belt. Fan belt memiliki fungsi yang cukup penting. Untuk itu perlu melakukan perawatan secara tepat.

Sayangnya masih banyak orang yang mengabaikan komponen tersebut sehingga muncul bunyi decitan saat kendaraan yang digunakan.

Mengatasi fan belt motor rusak perlu Anda lakukan secara tepat. Sehingga kondisi kendaraan akan tetap dalam kondisi baik-baik saja.

Baca Juga: Penyebab Busi Motor Basah, Bisa Berakibat Kurangnya Kinerja Komponen

Beberapa Cara Mengatasi Fan Belt Motor Bunyi

Fan belt terbuat dari material karet sebagai bahan dasarnya. Komponen sepeda motor yang satu ini memiliki masa pakai. Sehingga perlu Anda rawat dan lakukan pengecekan secara berkala.

Fan belt juga mudah terkena debu, kotoran, air, hingga lumpur. Karena alasan inilah mengapa bisa menimbulkan bunyi berdecit.

Saat masalah ini Anda alami sudah pasti akan mengganggu kenyamanan berkendara.

Berbagai faktor bisa mengakibatkan fan belt berbunyi. Munculnya decitan yang cukup keras biasanya disebut dengan belt dressing. Kondisi ini sering muncul karena karet tidak dapat memutar pully secara sempurna.

Selain itu, faktor yang lain yaitu karena pully kering akibat tergerus cipratan air atau kotoran. Agar decitan suara pada komponen tersebut tidak mengganggu, ada baiknya gunakan cara berikut ini:

Baca Juga: Akibat Spul Motor Rusak, Pengertian, Komponen, dan Ciri Ciri Kerusakan

Gunakan Oli atau Pelumas

Sebaiknya segera cek komponen kendaraan jika ada kendala yang Anda alami. Seperti ketika fan belt berbunyi. Segera gunakan cara mengatasi fan belt motor bunyi secara tepat.

Salah satu solusinya yaitu dengan menggunakan pelumas atau oli. Cara ini dapat memperbaiki fan belt, namun berikan secukupnya saja.

Jika pelumas atau oli terlalu berlebihan justru akan membuat komponen tersebut selip dan menimbulkan suara lebih keras. Jika tidak, alternatif lain yaitu gunakan lilin sebagai pelumas mesin.

Setel Ulang Kekencangan Fan Belt

Terkadang fan belt meski sudah diberi pelumas masih saja menimbulkan suara decitan. Untuk itu, cara lainnya yaitu dengan melakukan setel ulang.

Anda bisa gunakan cara mengatasi fan belt motor bunyi dengan melakukan setelan kekencangannya.

Kondisinya yang lembek mengakibatkan kekencangannya berkurang. Sebaiknya bawa kendaraan ke bengkel profesional untuk membantu Anda melakukan penyetelan fan belt.

Baca Juga: Komponen Roda Belakang Sepeda Motor, Kenali Bagian dan Fungsinya

Semprotkan dengan Air Sabun

Mengatasi fan belt bermasalah selanjutnya yaitu menyemprotnya dengan air sabun. Sebenarnya cara ini kurang efisien, namun paling sederhana.

Jika Anda beruntung, fan belt yang berbunyi bisa teratasi. Gunakan cara ini jika kondisinya sedang darurat saja.

Sebab, menggunakan cara mengatasi fan belt motor bunyi harus dilakukan dengan tepat. Sehingga bunyi tersebut tidak akan mengganggu selama berkendara. (R10/HR-Online)