Rabu, September 28, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengatasi Lampu Mobil Kusam dengan Bahan Alami Ini

Cara Mengatasi Lampu Mobil Kusam dengan Bahan Alami Ini

Cara mengatasi lampu mobil kusam dan menguning memang bisa Anda lakukan dengan beragam tips agar kondisinya bisa kembali bening.

Pasalnya lampu yang terlihat kusam menjadi salah satu masalah yang seringkali terjadi pada kendaraan, tak terkecuali mobil.

Sementara itu, fungsi dari lampu pada mobil sendiri adalah sebagai media penerangan jalanan, apalagi saat malam hari.

Jika kaca lampu mobil buram, maka akan membuat sorot cahaya menjadi berkurang dan ini tentu akan membahayakan pengemudi.

Baca Juga: Kaca Mobil Tidak Mau Naik, Kenali Apa Penyebab Sebelum Mengatasinya

Cara Mengatasi Lampu Mobil Kusam yang Mudah dengan Tips Ini!

Seperti yang kita tahu bahwa keamanan dalam kendaraan tentunya menjadi hal yang sangat penting dan wajib kita perhatikan.

Ada banyak faktor yang memberi pengaruh terhadap keamanan dalam mengendarai, termasuk headlamp atau lampu utama.

Sehingga jika Anda memiliki kendaraan roda empat, maka Anda juga harus tahu bahwa merawat mobil bukan sesuatu yang mudah.

Pasalnya banyak bagian dari mobil yang rentan terhadap kotoran, tak terkecuali pada lampu yang mulai menguning dan kusam.

Sehingga cara mengatasi lampu mobil kusam dan menguning seperti ini harus Anda ketahui dan simak dari sekarang.

Guna menghemat biaya pengeluaran, maka Anda bisa membersihkan sendiri dari rumah dengan menggunakan bahan-bahan seadanya.

Meski demikian, tahukah Anda bahwa cara untuk membersihkannya sendiri memang tidak bisa Anda lakukan secara sembarangan.

Bahkan mencuci mobil dengan sabun saja tidaklah cukup, sehingga Anda bisa menggunakan metode ampuh lainnya. Bagaimana caranya?

Baca Juga: Cara Baca Kode Sekring Mobil Bagian Kabin dan Ruang Mesin

Memanfaatkan Pasta Gigi

Cara mengatasi lampu mobil kusam secara alami untuk langkah yang pertama adalah dengan menggunakan pasta gigi. Anda bisa memanfaatkan pasta gigi sebagai proses penghilangan kusam atau lampu mobil yang menguning itu.

Nah, untuk bisa melakukannya, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mencuci headlamp dahulu. Setelah Anda cuci dan keringkan, kemudian Anda bisa langsung mengoleskan pada gigi pada bagian permukaan lampu yang kusam tadi.

Supaya pasta gigi bisa diaplikasikan secara merata, maka Anda bisa mengoleskannya dengan gerakan memutar secara perlahan-lahan. Kemudian Anda bisa mendiamkannya selama beberapa menit lalu bilas sampai bersih menggunakan air.

Cara membersihkan headlamp dengan memanfaatkan pasta gigi ini lebih cocok untuk Anda lakukan jika kotoran pada lampu belum terlalu parah.

Namun jika sudah sangat parah, maka penggunaan bahan alami seperti itu kurang efektif untuk membersihkannya.

Menggunakan Autan

Cara mengatasi lampu mobil kusam tidak hanya bisa Anda lakukan dengan menggunakan pasta gigi saja. Terkait hal itu, kemungkinan jarang orang mengetahui pula bahwa membersihkan lampu mobil itu sangat mudah dan simpel.

Bagaimana tidak, pasalnya untuk bisa membersihkan lampu mobil atau headlamp sebenarnya tidak harus merogoh kocek sangat banyak. Hal ini karena untuk membersihkan dan menghilangkan noda menguning bisa Anda lakukan menggunakan bahan alami, yakni Autan.

Siapa sangka ternyata Autan sebagai obat pengusir nyamuk ini juga efektif untuk menghilangkan noda kusam pada headlamp.

Selain itu, cara penggunaannya juga tergolong sangat mudah. Sebab cukup mengoleskannya pada bagian mika dan tunggu beberapa menit.

Setelah itu, maka Anda bisa langsung menggosok polesan Autan tadi dengan lap kering dan bersih. Maka nanti hasilnya headlamp mobil kesayangan Anda akan kembali bening dan perjalanan lebih aman kembali.

Baca Juga: Cara Mengatasi Klakson Mobil Mati Termudah dan Pencegahannya!

Meracik Ramuan

Cara mengatasi lampu mobil kusam ternyata juga bisa Anda lakukan dengan racikan dari ramuan ini, misalnya dari bensin.

Mungkin saja Anda masih bingung kenapa ada bensin, padahal ini adalah salah satu rahasia dari ramuan untuk membersihkan kaca lampu mobil.

Anda bisa mencampurkan bensin dengan sabun dan rasio pencampuran itu bisa antara 60:40 saja. Jika sudah tercampur semua, maka Anda bisa langsung mencelupkan amplas.

Langkah selanjutnya tinggal menggosok-gosokan saja ke bagian kaca lampu mobil tersebut. Jika sudah terlihat semakin bersih Anda bisa mengulanginya lagi sampai kondisinya benar-benar kembali bening dan tidak kusam.

Anda bisa menggunakan amplas 1500 untuk menggosok pada bagian lampu yang kusam atau yang ada goresannya. Gosok terus amplas itu sampai tidak ada goresan yang terlihat lagi.

Namun sebelum menggosokkan, ada baiknya jika pada area mobil sekitarnya harus Anda tutupi dengan menggunakan kain. Sebab ini bertujuan supaya amplas tidak mengenai bagian lain yang menyebabkan cat mobil menjadi baret.

Setelah Anda tahu beberapa cara mengatasi lampu mobil kusam dan menguning, kini saatnya untuk langsung mencobanya. Mudah bukan? (R10/HR-Onine)